10 Cara Mengubah Bullet Point Yang Membosankan

10 Cara Mengubah Bullet Point Menjadi Menarik

10 Cara Mengubah Bullet Point Yang Membosankan

10 Cara Mengubah Bullet Point Menjadi Menarik

Jasa Presentasi – Semua presenter pasti menginginkan presentasinya sukses. Kesuksesan presentasi dapat dilihat dari reaksi audiens, apakah audiens antusias dan memahami penjelasan dalam presentasi? Untuk itu, presenter perlu menarik perhatian audiens dengan menyampaikan presentasi yang memukau didukung oleh slide presentasi yang menarik.

Salah satu ciri slide presentasi yang menarik adalah slide presentasi yang tidak memiliki bullet point. Bullet point dimaksudkan untuk membantu presenter dalam menyampaikan presentasi agar alurnya jelas dan tersusun rapi. Namun kebanyakan presenter menyertakannya ke dalam slide, padahal menyajikan presentasi dengan bullet point akan membuat audiens bosan.

Tapi, bagaimana jika teks tidak dapat lebih diringkas karena alasan legal atau karena alasan lain yang mengharuskannya untuk tidak diringkas? Bagaimana cara membuat presentasi dengan bullet point agar menarik dan tidak membosankan? Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan.

  1. Berikan highlight pada kata kunci

Cara termudah yang dapat dilakukan untuk membuat slide presentasi yang menarik jika terpaksa harus menggunakan bullet point adalah dengan menyoroti kata kunci. Gunakan tipe font yang berbeda dengan teks pendukung lainnya yang lebih tebal. Atau dapat menggunakan jenis dan tipe font yang sama namun buat kata kunci menjadi lebih tebal dengan bold. Atau dapat juga dengan memberikan warna yang berbeda pada kata kunci dengan teks pendukung.

Berikan spasi yang cukup antara satu poin dengan poin lainnya agar audiens dapat dengan mudah memisahkan inti bullet point yang satu dengan lainnya. Buat ukuran point menjadi lebih besar, kemudian redupkan warnanya atau dapat juga dengan menghilangkannya.

  1. Pisahkan ke dalam beberapa slide

Jika teks dalam satu bullet point terlalu banyak dan akan membuat slide penuh dengan teks, pisahkan bullet point menjadi beberapa slide. Hal ini memang akan membuat jumlah slide semakin banyak, namun tidak perlu khawatir selama slidenya menarik. Berikan highlight pada kata kunci dan spasi yang cukup agar audiens dapat memahami dan mengikuti alurnya dengan mudah.

  1. Beri shape dan garis

Buat elemen bullet sendiri dengan menambahkan shape atau garis dan spasi untuk memisahkan satu bullet point dengan yang lainnya. Hal ini dilakukan untuk menarik perhatian audiens meskipun slide memiliki banyak teks. Selain itu juga dapat memudahkan audiens untuk mengikuti alur presentasi. Bullet point dapat dipisahkan dengan shape secara vertikal maupun horizontal, tergantung pada jumlah konten yang disertakan. Tambahkan nomor, judul atau ikon/simbol pada setiap shape, tergantung konten dalam slide. Jika bullet point merupakan penjelasan sebuah tahap atau proses, dapat ditambahkan nomor, selain itu dapat menggunakan ikon atau simbol untuk mendukung teks.

  1. Tambahkan ikon

Menambahkan ikon atau simbol pada slide yang banyak berisi teks merupakan cara yang tepat untuk dilakukan karena akan menambah ketertarikan secara visual pada slide tersebut. Tidak seperti gambar, ikon atau simbol tidak memerlukan banyak ruang. Namun tidak semua ikon atau simbol dapat dipahami secara individu karena mereka hanya pendukung teks. Oleh karena itu, pilih dan gunakan ikon atau simbol yang tepat dan relevan agar audiens mudah mengingatnya.

  1. Gunakan tabel

Cara termudah dan tercepat untuk memisahkan teks ke dalam bentuk yang lebih jelas adalah dengan menggunakna tabel sederhana. Tambahkan garis antar sel tabel untuk memberikan efek visual. Berikan kata kunci atau ikon/simbol dengan memisahkannya pada tabel yang berbeda. Berikan pula spasi yang cukup agar bullet point yang satu dan lainnya dapat dibedakan. Selain itu, spasi juga dapat menambah efek visual sehingga meskipun terdapat banyak teks pada slide, audiens tetap dapat mengikuti alurnya dengan mudah.

  1. Gunakan SmartArt

SmartArt merupakan cara yang cepat dalam menciptakan visual dalam PowerPoint. Namun perlu kehati-hatian dalam menggunakannya agar visual tidak berantakan. Tambahkan highlight dan ikon yang relevan untuk membuatnya semakin menarik dan mudah dipahami.

 


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 082235330001 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *