10 Cara Mudah Presentasi di Hadapan Eksekutif

10 Cara Mudah Presentasi di Hadapan Eksekutif

10 Cara Mudah Presentasi di Hadapan Eksekutif

10 Cara Mudah Presentasi di Hadapan Eksekutif

Jasa Presentasi – Eksekutif adalah audiens yang sulit untuk dihadapi. Mereka memiliki waktu yang terbatas, banyak prioritas, informasi yang berlebih, dan harus membuat keputusan dengan cepat. Karena keterbatasan waktu yang mereka miliki dan banyak pioritas lain yang harus dikerjakan, mereka tentu tidak mau membuang waktu mereka untuk mendengarkan psresentasi yang bertele-tele dan tidak menarik. Oleh karena itu, presenter harus dapat menyampaikan presentasi dengan ringkas namun dapat memenuhi tujuan dari presentasi itu sendiri. Agar presentasi yang dilakukan di hadapan eksekutif tidak mengecewakan dan memuaskan, ikutilah beberapa cara berikut ini.

  1. Buat Pembukaan yang Berkesan

Memulai presentasi dengan berkesan akan membuat audiens percaya bahwa presentasi yang disampaikan tidak akan membuang waktu mereka. Jadi, pastikan untuk membuka presentasi dengan hal yang menarik. Buat dan sertakan garis besar dari presentasi yang akan disampaikan sebagai pendahuluan.

  1. Gunakan Waktu Secara Efektif

Persiapkan untuk menyampaikan konten dalam waktu yang telah disediakan dan sisihkan waktu yang cukup untuk sesi tanya-jawab.

  1. Fleksibel

Jadilah fleksibel dalam menyampaikan presentasi. Sesuaikan diri dengan kondisi dan sampaikanlah hal yang paling penting untuk audiens. Misalnya, jika terjadi interupsi, handle hal tersebut agar tidak mengganggu jalannya presentasi.

  1. Ketahui Audiens

Ketahui karakteristik orang-orang yang akan menjadi audiens presentasi beserta latar belakang dan tujuan mereka secara umum. Ketahui juga hal yang mereka sukai dan topik yang mereka minati. Sertakan hal-hal yang disukai audiens dalam presentasi, sehingga mereka akan tertarik.

  1. Miliki Data Pendukung

Miliki data yang mendukung apa yang akan disampaikan. Hal ini untuk berjaga-jaga jika diminta untuk menunjukkan data dan untuk menguatkan penyampaian presentasi. Jangan menunjukkan data sebelum diminta. Hal ini dilakukan untuk menghemat waktu.

  1. Buat Slide yang Menarik

Slide presentasi merupakan pendukung dari penjelasan yang dilakukan, dengan menyajikan gambar, diagram, dan lain-lain yang mudah untuk mencerna informasi. Agar audiens semakin berkesan, buatlah slide presentasi yang menarik dan mampu mendukung penyampaian.

  1. Buat Slide Presentasi dengan Sederhana

Penelitian menunjukan bahwa eksekutif lebih menghargai presentasi yang jelas, ringkas, dan tidak bertele-tele. Oleh karena itu, buatlah slide presentasi yang sederhana namun menarik. Berikan beberapa ruang kosong pada slide presentasi, sehingga slide tidak terlihat penuh dan ramai serta mudah dipahami.

  1. Meminta Tindakan

Setiap presenter pasti menginginkan agar presentasinya berhasil. Ukuran presentasi berhasil adalah adanya tindakan nyata yang dilakukan oleh audiens atau paling tidak audiens dapat memahami apa yang disampaikannya. Nyatakanlah keinginan atau tujuan presentasi secara jelas sehingga tidak terjadi kesalahpahaman dan audiens dapat melakukan tindakan yang diharapkan presenter.

  1. Kesimpulan

Berikan kesimpulan pada setiap presentasi yang dilakukan. Kesimpulan dapat dilakukan di akhir presentasi namun dapat juga disertakan pada awal presentasi. Kesimpulan yang disampaikan pada awal presentasi akan membantu audiens untuk memahami garis besar dari presentasi yang akan disampaikan. Buat gambaran yang jelas dan singkat untuk membuat kesimpulan.

  1. Practice makes perfect

Berlatihlah secara terus menerus untuk membiasakan diri. Berlatih dapat dilakukan sendirian dan dapat juga dengan mempraktekkannya di depan rekan yang berfungsi menjadi pelatih.

Seperti hal pada umumnya, semakin banyak pengalaman yang dilakukan, maka selanjutnya akan semakin mudah dilakukan. Begitu juga dalam presentasi. Semakin sering melakukan presentasi di depan eksekutif, maka akan terasa semakin mudah di kemudian hari.

 


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 082235330001 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *