10 Dosa Yang Harus Dihindari Dalam Presentasi

10 Dosa Yang Harus Dihindari Dalam Presentasi

10 Dosa Yang Harus Dihindari Dalam Presentasi

10 Dosa Yang Harus Dihindari Dalam Presentasi

Jasa Presentasi – Keinginan setiap presenter atau public speaker adalah berhasil dalam menyampaikan pesan dan presentasinya diingat serta menjadi inspirasi bagi audiens. Namun, hal ini tidak akan terwujud jika presenter menyampaiakan presentasi dengan cara yang buruk. Berikut beberapa kesalahan yang harus dihindari demi keberhasilan presentasimu.

  1. Perkenalan yang terlalu panjang

Menit-menit awal dalam presentasi adalah waktu yang paling penting dan krusial, karena alam bawah sadar audiens akan menentukan apakah presentasi yang akan disampaikan layak untuk diikuti atau tidak. Oleh karena itu, hindari membuka presentasi dengan melakukan perkenalan yang terlalu panjang. Lakukanlah perkenalan secara singkat kemudian lakukan pembukaan yang akan menarik alam bawah sadar mereka untuk memperhatikan presentasi.

  1. Terlalu fokus pada fakta

Kunci kesuksesan sebuah presentasi ada pada cara presenter dalam menangkap perasaan audiens. Presenter mungkin ingin memukau audiens dengan memberikan fakta dan data mengenai kelebihan dan pencapaian yang telah diraih perusahaan, namun ketika selesai presentasi, audiens hanya akan mengingat hal yang mereka rasakan selama mendengarkan presentasi. Oleh karena itu, gunakan cara storytelling dalam menyampaikan presentasi atau sertakan cerita yang relevan dengan topik presentasi sehingga ketika mereka mengingat cerita yang disampaikan , mereka juga akan mengingat topik presentasi yang telah disampaikan.

  1. Konten yang berantakan

Alur presentasi yang buruk akan membuat audiens hilang perhatian dan membuat presentasi sulit untuk dipahami. Oleh karena itu, susunlah presentasi dengan alur yang jelas dan teratur. Buatlah outline untuk konten yang akan digunakan sebelum membuat presentasi. Outline ini akan membantu audiens untuk mengikuti alur presentasi.

  1. Transisi dan animasi yang berlebihan

Transisi dan animasi dapat membuat presentasi lebih menarik, tetapi jika menggunakannya dengan berlebihan akan mengganggu presentasi. Jadi, buatlah dengan sederhana. Pilihlahlah satu atau dua animasi atau transisi yang tidak berlebihan dan aplikasikan pada seluruh slide (samakan untuk semua slide).

  1. Terlalu banyak teks

Banyak presenter yang melakukan kesalahan ini dalam membuat presentasi. Menyertakan banyak teks memang dapat membantu jika presenter kurang persiapan, tetapi hal ini akan membuat audiens merasa bosan dan tidak fokus pada pesan yang disampaikan. Oleh karena itu, hindari menyertakan terlalu banyak teks. Pilih kata kunci yang dapat mewakili penjelasan sebuah slide untuk disertakan dalam presentasi. Karena slide presentasi merupakan visual yang melengkapi penjelasan.

  1. Terlalu banyak chart dan grafik

Menyertakan chart dan grafik akan membuat presentasi semakin menarik. Namun menyertakan terlalu banyak chart dan grafik akan membuat audiens bosan dan presenter memerlukan banyak waktu untuk menjelaskan semua chart dan grafik yang ada. Padahal tidak semua penjelasan dapat dipahami audiens dan hal ini akan membuang waktu. Oleh karena itu, hilangkan chart yang tidak terlalu penting dan hanya sertakan inti dari chart yang akan disampaikan.

  1. Tidak ada humor

Jangan membuat presentasi terlalu kaku dan serius apapun topik yang disampaikannya, karena akan membuat audiens merasa bosan dan tidak tertarik untuk memperhatikan presentasi lebih lanjut. Humor adalah alat yang ampuh untuk mencairkan suasana. Sertakanlah humor atau anekdot untuk membuat presentasi lebih menarik. Ketahui karakteristik audiens, kemudian pilih humor yang sesuai, dan berlatihlah untuk menyampaikannya.

  1. Kurang bersemangat

Presenter adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengatur suasana ruangan presentasi. Jika presenter tidak tertarik dengan materi yang akan disampaikan, mengapa audiens harus peduli? Temukanlah hal yang dapat membuat sebuah topik yang membosankan menjadi menarik.

  1. Terlalu banyak informasi

Menyampaikan banyak informasi memang terlihat baik, namun tidak demikian jika mengingat bahwa manusia hanya dapat mengingat 3 hal sebelum daya ingat mereka turun. Oleh karena itu, batasilah jumlah informasi yang akan disampaikan. Pilih informasi yang paling penting dan hilangkan hal-hal yang membuat presentasi menjadi berantakan. Setiap slide harus memiliki titik fokus yang jelas serta grafik dan teks yang disertakan harus dapat menjadi pendukung penjelasan dan membuat pengaruh yang kuat.

  1. Tidak ada interaksi

Presentasi adalah salah satu komunikasi dua arah. Dalam presentasi pada umumnya, presenter adalah pihak yang akan lebih banyak berbicara. Namun presentasi yang baik adalah presentasi yang melibatkan audiens. Oleh karena itu, tugas lain presenter adalah untuk membuat audiens terlibat. Membuat audiens terlibat dalam presentasi dapat dilakukan dengan melakukan gerakan-gerakan, seperti kontak mata, berjalan di sekitar panggung, atau dengan melakukan diskusi bersama audiens.

 

Hindarilah kesalahan-kesalahan di atas untuk membuat presentasimu berkesan dan menarik, sehingga audiens dapat mengingat informasi dan pesan yang disampaikan dalam presentasi.

 


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 082235330001 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *