10 Tips Mengkombinasikan Font

7 Tips Mengkombinasikan Font

Jasa Presentasi – Seperti yang telah dijelaskan pada artikel sebelumnya, bahwa salah satu tren desain presentasi saat ini adalah penggunaan font yang menarik. Untuk mendapatkan font yang menarik, kamu dapat memilihnya dari font template yang sudah ada di software presentasi, atau dapat memperolehnya dengan mengunduhnya dari berbagai situs penyedia font baik secara gratis maupun berbayar.

Sebagai saran, untuk membuat teks presentasi atau visual presentasimu semakin menarik, kombinasikan beberapa font untuk sebuah presentasi. Hal ini tidak hanya akan membuat slide presentasimu menarik, tetapi juga berfungsi untuk membedakan antara highlight dengan teks pendukung. Namun perlu diingat bahwa tidak semua font dapat dikombinasikan satu sama lain, terdapat beberapa font yang jika dikombinasikan justru akan membuat visual presentasimu menjadi kurang menarik dan canggung. Oleh karena itu, agar kombinasi font yang kamu lakukan tidak merugikan visual presentasimu, ikutilah beberapa tips berikut ini.

#1 Pilih font yang saling melengkapi

Hal pertama yang harus dilakukan ketika akan mengkombinasikan font adalah memilih font yang saling melengkapi. Font yang menarik tidak akan menarik jika dikombinasikan jenis font yang kurang tepat. Untuk itu, kamu harus dapat memilih jenis font yang tidak hanya menarik, tetapi juga saling melengkapi. Hal ini dilakukan untuk menciptakan kontras sehingga audiens dapat memebedakan teks mana yang merupakan kata kunci dan mana yang merupakan teks pelengkap.

#2 Gunakan 2 hingga 3 jenis font

Kamu mungkin bertanya-tanya, berapa jumlah font yang dapat digunakan untuk dikombinasi? Kamu dapat menggunakan 2-3 jenis font yang berbeda. Meskipun tidak ada aturan tertulis mengenai jumlah font yang boleh disertakan untuk dikombinasi, namun jumlah dianggap wajar dan cukup serta tidak berlebihan. Mengapa tidak lebih? Menggunakan terlalu banyak jenis font yang berbeda dapat membuat audiens bingung dan slide akan terlihat kekanak-kanakan. Namun jika kamu ingin menggunakan lebih dari 3 jenis font yang berbeda, pastikan agar teks terlihat harmonis dan saling berkaitan.

#3 Kombinasikan jenis font serif dan san serif

Salah satu cara yang paling terkenal untuk mengkombinasikan font secara efektif adalah dengan memasangkan font serif dan san serif. Bagi orang yang bergerak di bidang desain, istilah font serif dan san serif mungkin sudah tidak asing lagi. Font serif adalah font yang memiliki ‘garis kecil’ di ujung huruf, sedangkan font san serif tidak memiliki ‘garis kecil’. Contoh font serif adalah Times New Roman, sedangkan contoh font san serif adalah Arial. Kamu dapat menerapkan tips ini jika merasa bingung dalam memilih font yang akan digunakan dalam presentasi.

#4 Berikan kontras dengan elemen lain

Kontras dari sebuah teks tidak hanya ditunjukkan dengan jenis font yang berbeda, tetapi dapat juga dengan memberikan ukuran, ketebalan, warna, dan spasi font yang berbeda-beda. Untuk teks yang menjadi kata kunci, buat ukurannya menjadi lebih besar dan lebih tebal dibandingkan dengan teks lainnya atau dapat berikan warna yang berbeda yang lebih cerah dan menonjol.

#5 Hindari konflik

Pada tips pertama disebutkan bahwa font yang dipilih harus saling melengkapi, bukan font yang saling berebut perhatian. Penggunaan font yang sama-sama menonjol dapat membuat audiens bingung membedakan teks kunci dan teks pendukung, sehingga pesan dalam presentasi tidak tersampaikan. Hindari juga memilih jenis font yang terlalu mirip. Agar presentasimu berhasil dan audiens dapat memahami konten sesuai dengan apa yang dijelaskan dan apa yang dimaksud oleh presenter, kamu perlu memilih jenis font yang memiliki suasana yang berbeda namun tetap menggambarkan konten atau tema presentasi.

#6 Lakukan percobaan

Terdapat banyak sekali jenis font yang dapat dikombinasikan satu sama lain, namun banyak juga font yang saling bertentangan atau terlihat kurang bagus jika dikombinasikan satu sama lain. Untuk itu, kamu perlu melakukan percobaan dengan mengkombinasikan satu font utama dengan berbagai macam font pendukung lainnya. Setelah itu, lihatlah apakah kombinasi font tersebut sudah menarik atau justru terlihat canggung.

#7 Mencari inspirasi

Kamu mungkin tidak memiliki banyak waktu untuk mencoba mengkombinasikan beberapa font, karena hal ini bisa memakan lebih banyak waktu. Sebagai gantinya, kamu dapat mencari inspirasi di internet untuk melihat font pairing yang menarik dan sesuai satu sama lain. Selain itu, kamu juga dapat memanfaatkan beberapa situs font pairing di internet untuk menentukan jenis font apa yang sesuai jika dikombinasikan.

 

Daftar situs penyedia font disini


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 082235330001 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *