12 Fakta Tentang Presentasi yang Harus Kamu Tahu

12 Fakta Tentang Presentasi yang Harus Kamu Tahu

12 Fakta Tentang Presentasi yang Harus Kamu Tahu

12 Fakta Tentang Presentasi yang Harus Kamu Tahu

Jasa Presentasi – Sukses dalam presentasi adalah keinginan setiap presenter. Kesuksesan presentasi dapat dilihat dari keberhasilan presenter dalam menyampaikan pesan dan informasi kepada audiens, sehingga presentasi yang telah disampaikan dapat diingat oleh audiens dan dapat menjadi inspirasi bagi mereka. Namun, hal ini tidak mudah dilakukan jika presenter tidak mengetahui hal-hal yang dapat menarik perhatian audiens atau trik untuk keberhasilan presentasi. Berikut ini beberapa fakta yang dapat dijadikan acuan untuk keberhasilan presentasi.

  1. Sebagian besar manusia takut pada public speaking. Oleh karena itu, merupakan hal yang wajar ketika seseorang (presenter) mengalami kecemasan sebelum presentasi. Meski begitu, hal ini perlu diatasi demi kelancaran presentasi.
  2. Hal yang dapat menggerakkan manusia adalah cerita. Menyampaikan sebuah cerita atau menggunakan teknik storytelling pada presentasi akan membuat audiens tertarik serta membuat materi lebih mudah dipahami dan diingat dibandingkan menyampaikan fakta dan informasi tanpa cerita, karena fakta 20 kali lebih mudah diingat jika dibungkus dengan cerita.
  3. Pembukaan atau 30 detik pertama dari presentasi akan menentukan keputusan audiens untuk memperhatikan presentasi. Oleh karena itu, lakukanlah pembukaan yang menarik, misalnya dengan memberikan cerita, pertanyaan yang dapat menggugah rasa penasaran audiens, atau dengan humor.
  4. Audiens akan lebih mudah mengingat presentasi yaitu sebesar 95% dari apa yang mereka lihat dan dengar, jika presentasi melibatkan gambar atau animasi atau simbol-simbol.
  5. Melakukan kontak mata dengan audiens akan membuat presenter terlihat lebih kompeten dan terpercaya serta dapat menciptakan hubungan emosional antara audiens dan presenter.
  6. Melakukan gerak tubuh atau body language dapat meningkatkan kepercayaan diri dan mengurangi stres karena gerakan dapat melepaskan hormone endorfin.
  7. Partisipasi audiens mulai menurun secara drastik setelah 30 menit presentasi dimulai. Oleh karena itu, buat atau lakukanlah hal yang menarik pada menit tersebut.
  8. Tingkat ketertarikan audiens akan meningkat jika mereka terlibat, dan tingkat ketertarikan audiens akan semakin turun jika yang dilakukan presenter hanya berbicara tanpa melibatkan audiens. Melibatkan audiens dapat dilakukan dengan memberikan pertanyaan dan berdiskusi.
  9. Presentasi penjualan akan berhasil jika presenter lebih banyak mendengarkan dibandingkan berbicara. Gunakan sebanyak 35% dari waktu yang telah ditentukan untuk berbicara dan sebanyak 65% untuk mendengarkan.
  10. Digital dan gadget seperti ponsel dan internet merupakan gangguan terbesar untuk mempertahankan perhatian audiens. Oleh karena itu, biasanya beberapa presenter akan meminta audiens untuk mematikan ponsel sebelum presentasi dimulai.
  11. Penelitian menunjukkan bahwa level perhatian audiens paling tinggi terjadi ketika presenter menyampaikan presentasi dengan menyertakan humor, mendekati audiens, atau ketika presenter menjelaskan tanpa melihat naskah.
  12. Waktu yang dibutuhkan Steve Jobs untuk berlatih sebelum presentasi adalah 2 hari.

Fakta-fakta di atas dapat dijadikan acuan untuk desainer presentasi dan presenter dalam membuat dan menyampaikan presentasi agar lebih mudah dipahami dan diterima oleh audiens.

 


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 082235330001 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *