Pitching Online Dengan Klien, Hindari Kesalahan Ini!

Jasa presentasi – Sebelum pandemi Covid-19 terjadi, hampir semua kegiatan dilakukan tatap muka secara langsung. Jarang sekali kita melakukan kegiatan secara online karena kebiasaan melakukan interaksi secara langsung dan bebas agar lebih akrab satu sama lain. Namun hal ini justru terbalik saat masa pandemi, kita harus menjaga jarak satu sama lain, dan hampir semua kegiatan dilakukan secara online, termasuk bertemu dengan orang lain.

Bertemu orang lain secara online bisa dilakukan dengan berbagai media tergantung dari tujuannya. Salah satu media yang dapat digunakan adalah video call conference. Meskipun sama menghubungkan seseorang melalui video, akan tetapi video call conference berbeda dengan video call yang biasa. Umumnya media ini digunakan untuk keperluan formal. Ada beberapa fitur tambahan dan perlu kita kuasai sebelum menggunakannya. Selain itu, ada beberapa etika yang perlu kita jaga saat menggunakan video call conference.

Sumber: Unsplash

Apalagi ketika akan melakukan pitching secara online dengan klien, banyak hal yang harus dipersiapkan sebelumnya. Sayangnya banyak yang sering mengabaikan dan menganggap hal ini sama saja dengan melakukannya secara tatap muka. Sehingga akhirnya banyak sekali kesalahan yang dilakukan dan bisa berakibat fatal. 

Untuk mengantisipasi hal-hal buruk yang mungkin terjadi, sebaiknya kita menyimak beberapa kesalahan yang sering terjadi saat pitching online menurut analisa kami, antara lain:

1. Tidak menggunakan ruangan khusus

Salah satu kemudahan dari sistem online adalah dapat dikerjakan dari mana saja, termasuk dari rumah ataupun tempat lain. Namun yang perlu diingat adalah kegiatan ini bersifat resmi, membutuhkan fokus dan konsentrasi ketika melakukannya, sehingga seharusnya dilakukan secara profesional. 

Namun yang sering terjadi adalah melakukan pitching pada ruangan umum, sehingga kalian tidak dapat mengkondisikan situasi yang terjadi di sekitar kalian. Contohnya adalah orang yang lalu lalang dan tertangkap kamera, ataupun tampilan ruangan yang tidak rapi. Berbagai hal ini akan memecah konsentrasi klien yang sedang kalian ajak bicara.

Sebaiknya gunakan ruangan khusus yang tidak akan mendapatkan gangguan dari pihak luar. Selain itu usahakan ruangan rapi dan juga memiliki pencahayaan yang cukup untuk menghasilkan tampilkan video yang lebih jelas. Jangan lupa untuk menggunakan pakaian yang rapi dan juga bersih agar proses pitching terlihat lebih profesional meskipun dilakukan didalam rumah. 

2. Tidak mempelajari aplikasi yang digunakan

Kesalahan lain yang sering juga dilakukan adalah tidak mempelajari terlebih dahulu aplikasi yang digunakan. Padahal ada beberapa fitur yang dapat digunakan pada aplikasi yang mempermudah kalian untuk melakukan sesuatu, seperti screen sharing, file transfer, ataupun mute audio. Sehingga ketika pitching online dilakukan, sering kali terjadi salah pencet yang akan mengganggu kegiatan. 

Oleh karena itu sebaiknya mempelajari terlebih dahulu semua fitur yang berada pada aplikasi sebelum digunakan dan juga persiapan lainnya, seperti jaringan internet, ataupun fungsi kamera dan audio pada laptop kalian. Dengan demikian kesalahan yang dilakukan dapat diminimalisir. 

3. Tidak mengaktifkan fitur “mute

Salah satu kesalahan kecil yang sering dilakukan adalah tidak mengaktifkan fungsi “audio mute”. Meskipun kecil tetapi sangat mengganggu kegiatan yang sedang dilakukan. Jika fungsi tersebut tidak diaktifkan, maka mikrofon gadget akan menangkap suara sekecil apapun karena sangat sensitif. Untuk itu segera aktifkan tombol “mute” setelah selesai berbicara, dan nyalakan kembali jika akan menjawab ataupun memberikan penjelasan.  

4. Menyela pembicaraan orang lain

Kesalahan lainnya yang sering dilakukan adalah menyela pembicaraan. Ketika klien sedang berbicara, kalian langsung menyela apa yang sedang disampaikan. Padahal hal tersebut tidak boleh dilakukan karena akan dianggap tidak sopan.  

Jika ingin menyampaikan keberatan atau memberi masukan, tunggu sampai mereka selesai berbicara. Atau kalian dapat mengangkat tangan ke kamera untuk memberi tanda jika kalian ingin bertanya. Setelah mendapatkan respon dan dipersilahkan untuk berbicara, kalian bisa mulai berbicara. 

5. Tidak menghadap kamera

Yang terakhir adalah tidak menghadap kamera secara langsung. Karena dilakukan didalam rumah, seringkali kalian tergoda untuk melakukan kegiatan lain selama proses pitching, seperti membuka Instagram ataupun membuat pekerjaan yang lain. 

Usahakan untuk tetap fokus dan menghadap kamera selama proses online sedang berlangsung. Hal ini akan membuat kalian terlihat lebih profesional. Ternyata banyak kesalahan kecil yang sering dilakukan tanpa sadar namun berakibat fatal. Oleh karena itu kalian harus menghindari semua hal tersebut ketika melakukan kegiatan online. Dengan demikian kalian akan menjadi lebih fokus dan terlihat lebih profesional.


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 081387760005 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

Leave a Comment

Your email address will not be published.