Jangan Sembarang Memberi Icon Pada Desain Slide, Pahami Dulu Ini

Jasa Presentasi – Icon merupakan sebuah gambar atau simbol  yang melambangkan fungsi dari gambar atau objek itu sendiri. Adanya icon membuat pengguna dapat lebih mudah memahami sebuah arti atau maksud tertentu. Karena hal itu setiap icon akan memiliki bentuk dan arti yang berbeda. 

Sumber: Unsplash

Meskipun memiliki fungsi untuk mempermudah pemahaman, icon tidak dapat digunakan dengan sembarangan. Karena jika menggunakan icon yang salah, akan memiliki arti yang tidak sesuai dengan maksud di awal. Apalagi jika akan menggunakan ikon pada hal yang sangat penting, seperti pembuatan slide presentasi. Penggunaan ikon harus benar-benar dipastikan kebenarannya. 

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum kalian menggunakan ikon pada slide presentasi untuk lebih memahami arti dari ikon yang akan digunakan. Hal tersebut adalah:

1. Arti icon

Tidak hanya berupa gambar, icon juga dapat dijadikan sebagai alat komunikasi. Karena dengan menggunakan ikon-ikon tertentu,  proses penyampaian informasi atau perintah akan lebih cepat dan mudah dipahami. Salah satu contohnya adalah icon “rokok  yang dicoret”. Orang-orang akan lebih mudah untuk memahami bahwa ada larangan untuk merokok di lingkungan itu. Hal ini akan lebih mudah dipahami jika dibandingkan dengan tulisan “dilarang merokok di sini”.  

2. Kejelasan

Penggunaan icon dibagi menjadi dua jenis, yaitu penggambaran langsung (pictogram) dan penggambaran tidak langsung (ideogram). Penggambaran langsung berupa icon yang digambarkan dengan mengikuti bentuk yang sebenarnya. Contohnya adalah kamera. Icon kamera memiliki bentuk mengikuti bentuk asli dari kamera yang sebenarnya. 

Sedangkan penggambaran tidak langsung merupakan icon yang digambarkan karena identik dengan sesuatu yang tidak berbentuk. Contohnya adalah tombol play yang digambarkan dengan segitiga dengan ujung di sebelah kanan. Meskipun bukan berdasarkan bentuk aslinya tetapi icon ini sudah dipahami oleh audiens sebagai bentuk simbol dari play (memainkan musik, video, atau tampilan lainnya). 

3. Gaya

Setiap icon juga memiliki gaya masing-masing tergantung pada pembuatnya. Saat ini audiens diberi kebebasan berkreasi untuk membuat dan memberi nama sebuah simbol. Ada icon yang memiliki gaya sederhana berbentuk garis, atau ada juga yang menggunakan berbagai macam warna. 

Semua gaya pada icon harus disesuaikan dengan karakteristik dan persona yang ingin ditampilkan pada icon yang dibuat. Jika gaya yang dipilih tidak sesuai dengan karakteristiknya akan membuat proses penyampaian pesan tidak terlalu optimal. 

4. Bentuk

Kumpulan dari puluhan bahkan ratusan icon disebut dengan icon set. Icon set ini akan berkaitan dengan ukuran, ilusi optik yang digunakan, dan guides & grid. Ikon memiliki ukuran standar tertentu dengan rasio 1:1. Icon berukuran kecil lebih sederhana dan mudah dimengerti orang lain, tetapi tidak bisa diberikan ornamen tambahan karena keterbatasan ruang. Sedangkan icon yang berukuran besar membuat kita semakin bebas untuk menambahkan ornamen dan juga dekorasi. Tetapi harus lebih berhati-hati, jangan sampai terlalu banyak menggunakan dekorasi sehingga pesan tidak tersampaikan dengan baik. Sedangkan panduan guides & grid akan membuat icon memiliki ukuran dan bentuk yang seimbang, senada, dan konsisten. 

5. Garis 

Pastikan untuk menggunakan icon dengan ketebalan yang sama. Selain itu pastikan juga jenis garis yang digunakan, jangan sampai saling menumpuk dan terlihat tidak bersih. Hal ini akan membuat tampilan icon menjadi berantakan. 

6. Warna

Icon juga memiliki berbagai macam pilihan warna. Dengan begitu kalian dapat menyesuaikan jenis icon yang akan digunakan dengan tema presentasi yang akan dibawakan. Warna-warna pada icon dapat disesuaikan dengan brand, materi, atau isi dari materi yang dibuat. Penggunaan warna yang sesuai akan membuat tampilan slide presentasi menjadi semakin menarik. 

Dengan menggunakan berbagai macam icon yang sesuai, akan membuat materi yang disampaikan mudah untuk dimengerti audiens. Pastikan icon yang dipilih dapat menyampaikan pesan dengan baik dengan menggunakan bentuk icon yang sesuai.


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 081387760005 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

Leave a Comment

Your email address will not be published.