Jangan Lakukan Ini Jika Tidak Ingin Hasil Desain Slide Powerpointmu Kacau

Jasa Presentasi – Powerpoint merupakan sebuah software engineering atau yang biasa disebut dengan perangkat lunak, powerpoint ini marak dipergunakan sebagai key yang menjadikan presentasi lebih menarik. Jika dipadankan dengan Microsoft Excel atau Word, Powerpoint inilah yang sering dipergunakan karenanya mudah diaplikasikan oleh penggunanya. Walau begitu, kekeliruan – kekeliruan awam saat mendesain sebuah karya pun masih kerap dijumpai. Disini powerpoint sebagai salah satu aplikasi standart yang laku di pasaran hingga saat ini.

Sebagai contoh tampilan memikat yang dimiliki oleh Powerpoint ini seperti membebaskan pemakainya pula, yang mana pada aplikasi tersebut pemakai ini diberikan kebebasan dalam mengedit atau merubah-ubah desainnya tanpa harus meminta hak akses ataupun hak untuk mengedit.

Di bawah ini akan dijelaskan secara lebih lengkapnya mengenai kekeliruan awam yang mana sering dilakukan oleh penggunanya.

1. Terlalu mencolokkan tipografi yang ada

Kekeliruan yang hampir ada pada sebuah desain presentasi ini seperti memberikan terlalu kompleks tipografi. Mengapa seperti itu? Terlalu mencolokkan tipografi saja, data – data penting yang seharusnya tersampaikan dengan baik pun tentunya akan dirasa sulit oleh pembacanya yang hanya melihat terlalu banyak tipografi yang ditampilkan.

Agar pembaca lebih mudah mencerna data tersebut, bisa diakali dengan memberikan sebuah visualisasi data yang memang betul – betul realistis misalnya dengan memberi grafik, chart, gambar ataupun ilustrasi yang sesuai pada tema yang telah ditentukan. 

2. Sajian yang terlalu kosong

Sering kali dijumpai slide Powerpoint yang terlihat tidak eye – catching sebab tampilannya yang terlalu clean, dengan menyajikan slide yang begitu kosong akan menjadikan audiens yang melihatnya pun tidak tertarik sama sekali atau bahkan merasa jenuh pada tampilan slide anda. Apabila anda ingin menyajikan slide yang menarik pembacanya, setidaknya anda jangan membuat slide terlalu kosong namun cobalah untuk mendesain serta membagi tata letaknya dengan simple namun tidak terlalu kosong. Pada sajian yang simple saja bisa membuat slide Powerpoint anda terpandang menarik dan lebih rapi sehingga mudah dimengerti pembacanya.

3. Penggunaan warna yang tidak senada

Sering juga ditemui slide presentasi yang menggunakan warna terlalu kompleks namun warna yang diaplikasikan tersebut tidak senada sama sekali dan bisa dibilang jika slide tersebut didesain dengan asal – asalan karena benar – benar tidak menarik jika dipandang, menentukan warna yang cocok saja sulit apalagi harus mengkombinasikan warna tersebut dengan warna lain agar terlihat lebih eye – catching, namun jika anda terus mencobanya dan mendapat masukan dari orang lain anda juga bisa menambah wawasan terbaru sehingga lama – kelamaan menjadi terbiasa dan merasa penentuan warna yang cocok adalah hal yang mudah.

4. Memberikan seluruh materi pada slide powerpoint

Masalah satu ini sebetulnya tidak begitu menjadi masalah besar dalam mendesain powerpoint namun akan lebih bagusnya jika tidak memberikan keseluruhan materi yang ada dalam powerpoint tersebut, ini akan menjadikan pembacanya lebih lama mencerna data apa yang disampaikan. Alangkah baiknya jika anda menyajikan data – data terpentingnya saja dengan bahasa yang singkat namun tetap jelas.

5. Mengaplikasikan baground yang terlalu kompleks

Banyak desainer yang menggunakan baground sebagai cara untuk memperindah tampilan slide powerpoint, namun tidak semua desainer yang melakukannya dengan benar. Justru masih banyak yang keliru saat menggunakan baground, seperti baground yang beragam warnanya pun menjadi sulit dimengerti data – data apa saja yang ditampilkan, sehingga akan menyulitkan pembaca untuk mengerti apa maksud dari data tersebut. hal tesebut sebaiknya diatasi dengan mengganti pewarnaan pada tipografinya sehingga lebih mencolok dan dapat dibaca dengan baik.

6. Memakai animasi yang berlebihan

              Kekeliruan awam yang biasa dilakukan ini berkaitan pada animasi serta transisi pada video yang ditampilkan pada slide powerpoint. Cara paling aman yang sebaiknya dilakukan adalah tidak menggunakannya atau jika merasa diperlukan pilih animasi yang standart saja seperti animasi Entrance.

7. Pemakaian font, gambar, serta video yang kurang baik

Ini juga merupakan kekeliruan yang kerap dijumpai pada materi presentasi. Font disini biasanya digunakan untuk headline, subheadline ataupun isi ini merupakan kunci paling utama dalam powerpoint. Apabila anda keliru dalam penggunaan font, presentasi yang anda lakukan tentunya tidak bisa berhasil dengan sempurna.

Agar lebih aman, pakailah font yang tergolong standar untuk presentasi yang resmi. Misalnya arial atau poppins. Apabila presentasi yang anda berikan tergolong semiformal, anda bisa menggunakan font yang tegolong San Serif. 

Review pula jika ukurannya telah dominan. Janganlah menggunakan gambar atau bahkan video yang memiliki kualitas kurang baik. Pakailah gambar atau video yang memiliki kualitas HD.


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 081387760005 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *