Ini Yang Harus Kamu Lakukan Jika Mendadak Terjadi Situasi Darurat

Jasa Presentasi – Bencana alam seperti banjir atau gempa bumi, kericuhan serta berbagai macam contoh ketidaktenangan bisa berlangsung kapanpun pada tahap presentasi kamu yang tak diduga sebelumnya. Penyelenggara atau cara seperti apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi saat terjadinya hal tersebut termasuk untuk menenteramkan audiens serta keadaan.

1. Memahami Situasi Darurat

Situasi durat merupakan sebuah situasi yang tidak baik – baik saja, ini bisa berlangsung dengan tiba – tiba dan pada situasi ini menjadikan kita dihantui oleh situasi tidak tenang atau bahkan panik yang perlu penanganan lebih lanjut. Situasi darurat umumnya dapat berlangsung disebabkan oleh perihal di luar nalar atau di luar dugaan kita, misalnya pada saat terjadi banjir seperti contoh diatas, terjadinya gempa bumi ataupun kericuhan massal. Perihal tersebut sangat memungkinkan bisa terjadi secara tiba – tiba pada tahap presentasi dan tentunya akan memunculkan kekhawatiran semua audiens.

2. Tenang, Dan Tetap Bersikap Santai Walau Sedang Memikirkan Solusi 

Kamu yang dipilih untuk menjadi narasumber ataupun juru bicara tentunya menjadi satu – satunya orang yang paling sering diperhatikan selama tahap prresentasi itu berjalan. Ini sangat berarti untuk kamu, dengan tetap berperilaku santai dan mengedepankan rasa tenang ini akan bisa membuat nyaman kembali seluruh audiens. Yang mana audiens ini tidak terlihat panik yang bisa mempengaruhi para audiens juga untuk tidak panik ataupun takut karna situasi akan cepat kembali seperti semula. Dan kebalikannya, jika kamu lebih bersikap tidak tenang maka audiens kamu pun lebih merasa tidak nyaman lagi dan hal tersebut pastinya dapat memburukkan situasi. 

3. Memohon Kecekatan Rekan Atau Panitia Kerja Yang Lain

Kamu juga harus segera meminta pertolongan  pada anggota atau rekan kerja yang bisa menolong untuk menindak lanjuti hal yang sama, yaitu membuat tenang keadaan serta tidak membuat panik audiens dengan memberikan petunjuk yang valid dan searah. Contohnya seperti saat terjadinya bencana banjir maka akan ditujukan keseluruhan audiens untuk segera meninggalkan tempat tersebut dan berlari ke posisi yang lebih tinggi serta telah dipastikan jika tidak akan ada yang salah jalan. Pihak pengevakuasian ini pun dilakukan supaya bisa menjamin seluruh audiens tetap dalam kondisi seperti semula.

4. Pengarahan Mengenai Situasi Darurat ( Mendesak )

Pastikan jika pada sesi pengarahan ataupun gladi bersih/latihan terakhir sebelum acara dimulai, dan sebaiknya kamu memberi arahan kepada seluruh anggota yang ikut serta untuk bisa memendam keemosian yang akan berakibat negatif. Hal utama yang harus diperhatikan saat situasi darurat ini yaitu keselamatan dari seluruh audiens. Serta pastikan terlebih dahulu mengenai jalan keluar tercepat dan paling aman serta bentuk – bentuk awal pada P3K dalam situasi darurat.

5. Memilih Solusi Yang Jelas

Jika ada sebagian orang yang telah merebut peluang dengan maksud mempertegang situasi, jangan pernah merasa tidak enak untuk memilih atau mengajukan solusi maupun pendapat yang jelas. Dengan kamu mendekati orang tersebut serta membuat celotehan yang mana orang itu bisa pergi dari ruangan tertentu. Dan harus diketahui seluruh perihal tersebut wajib dilakukan dengan sikap yang sopan dan santun. Serta carilah info seperti apa latar belakang orang tersebut. hal ini harus diimbangkan dahulu baru mengungkapkan sebuah pendapat yang jelas.

6. Pemimpin Utama

Sumber : unsplash

Kamu dapat membuat kesepakatan bersama yang mana untuk hal yang memang benar-benar darurat atau mendesak sehingga perlu satu atau dua orang panitia untuk menjadi pemimpin utamanya. Ini juga bisa dilemparkan kepada seksi keamanan dalam sebuah organisasinya dan memiliki kewajiban sebagai pemimpin utama dan seluruh seksi pun bisa mengajukan tindakan apa yang bisa dilakukan supaya tidak terjadi kebingungan. 


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 081387760005 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *