3 Aturan Penting Memberikan Animasi pada Presentasi PowerPoint

Jasa Presentasi – Beberapa dari kita pasti pernah ada di satu presentasi yang mana sang presenter menampilkan slide yang diberi animasi, namun kemunculannya sangat lambat sampai kita harus menunggu kemunculan huruf per huruf. Hal ini tentu sangat berlebihan dan membosankan. Padahal tujuan adanya animasi dalam presentasi adalah untuk menambah daya tarik slide presentasi. Oleh karena itu, kita perlu mempelajari beberapa hal berikut supaya slide presentasi kita semakin menarik ketika ditambahkan animasi.

1. Pilih Dua Sampai Empat Efek Animasi

Terdapat banyak efek yang disediakan oleh PowerPoint, namun akan sangat berlebihan jika kita menggunakan semua efek untuk satu presentasi. Oleh karena itu, gunakanlah dua sampai empat efek animasi yang sederhana dan modern, misalnya (untuk Entrance Effects) Fly in, Wipe, Split, Fade, dan Float in. Hal ini akan membuat slide presentasi kita terlihat lebih konsisten dan profesional.

2. Atur Timing-nya dengan Baik

Timing merupakan hal penting yang harus diperhatikan ketika memberikan animasi. Kita perlu mengatur urutan entrance atau exit isi slide, durasi, hingga delay-nya.

  • Urutan Kemunculan atau Keluarnya Isi Slide

Kemunculan atau keluarnya isi slide perlu diatur sesuai hierarkinya, misalnya, judul terlebih dahulu, kemudian diikuti teks penjelas, gambar dan ornamen lain atau bisa juga sebaliknya.

  • Durasi

Atur juga durasi teks secara tepat, tidak terlalu cepat atau terlalu lambat. Durasi yang pas biasanya antara 0.5 sampai 1 detik, tergantung efek yang kita gunakan.

  • Start

Hindari mengatur semua animasi dengan Start On Click, sebab ketika kita memiliki banyak konten salam satu slide, maka kita perlu melakukan klik sebanyak konten yang diberi animasi tersebut. Akibatnya kita akan terlihat tidak profesional. Solusinya adalah dengan mengaturnya menjadi Start After Previous atau Start With Previous. Gunakan Start On Click hanya ketika kita ingin menampilkan dan menjelaskan poin per poin.

  • Delay

Delay merupakan fitur animasi yang memungkinkan kita untuk menunda waktu kemunculan atau keluarnya isi slide. Meskipun secara harfiah berarti menunda, delay bisa digunakan untuk mempercepat kemunculan atau keluarnya konten dalam slide jika kita mengatur animasi dengan Start With Previous.

3. Atur Juga Effect Options-nya

Masing-masing efek animasi memiliki effect options yang berbeda-beda. Pada beberapa efek, kita bisa mengatur arah kemunculan isi slide, dan pada beberapa lainnya, kita bisa mengatur kemunculan teks apakah akan dimunculkan per huruf, per kata, atau seluruh teks sekaligus.

Memberikan animasi memang terlihat mudah dan sepele, namun bukan berarti dapat dilakukan secara sembarangan. Kita perlu memperhatikan beberapa hal di atas supaya presentasi kita semakin menarik dan profesional ketika ditambahkan animasi.


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 082235330001 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *