3 Langkah Simpel Menyampaikan Presentasi Persuasif

3 Langkah Simpel Menyampaikan Presentasi Persuasif

3 Langkah Simpel Menyampaikan Presentasi Persuasif

3 Langkah Simpel Menyampaikan Presentasi Persuasif

Jasa Presentasi – Presentasi persuasif biasanya berkaitan dengan presentasi pemasaran atau presentasi penjualan. Ketika melakukan presentasi ini, presenter harus membujuk dan meyakinkan audiens mengenai apa yang sedang disampaikannya. Hal ini tidaklah mudah untuk dilakukan. Namun terdapat beberapa cara/langkah yang dapat diambil oleh presenter ketika sedang melakukan presentasi persuasif yang dikemukakan oleh B.J. Fogg.

  1. Buat audiens tertarik untuk melakukannya

Hal pertama yang perlu dilakukan presenter ketika melakukan presentasi persuasif adalah dengan membuat penjelasan yang dapat menarik minat audiens. Misalnya dengan mengarahkan audiens untuk mengubah sudut pandang mereka menjadi sudut pandang yang diingingkan presenter. Untuk melakukan hal ini, presenter perlu mengetahui kelemahan dari cara pandang audiens saat ini, kemudian jelaskan dampak negatif jika audiens tidak melakukan perubahan. Setelah itu, berikan solusi sesuai dengan hal yang menjadi tujuan presenter melakukan presentasi. Sampaikan dengan jelas dan yakin, sehingga audiens tertarik dan mau untuk melakukannya.

  1. Buat permintaan yang dapat dilakukan

Untuk melakukan langkah ini, presenter perlu memahami audiens. Ketahui kemampuan dan kapasitas audiens. Hindari meminta audiens melakukan hal yang sulit untuk dilakukan. Yakinkan audiens bahwa apa yang disampaikan presenter merupakan hal yang menarik dan mudah untuk dilakukan.

  1. Dorong audiens untuk bertindak

Tutuplah presentasi dengan membuat pernyataan yang dapat mendorong audiens untuk segera bertindak (call to action). Hal ini penting dilakukan untuk meraih kesuksesan dalam presentasi. Kebanyakan presenter gagal karena tidak memiliki call to action yang jelas. Oleh karena itu, fokuskan juga latihan presentasi untuk menyampaikan call to action yang baik, jelas, simpel, dan dapat dipahami oleh seluruh audiens. Hal ini dilakukan agar persepsi dan pemahaman seluruh audiens dapat sesuai dengan apa yang ingin disampaikan presenter.

 

Presentasi persuasif akan berhasil jika presenter dapat meyakinkan audiens dengan baik dan memiliki call to action yang jelas. Ikuti langkah-langkah tersebut dan sesuaikan dengan konten yang akan disampaikan.

 


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 082235330001 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *