30 Tips Presentasi yang Dapat Kamu Pelajari dari TED Talks (Part 5)

30 Tips Presentasi yang Dapat Kamu Pelajari dari TED Talks (Part 5)

Jasa Presentasi – Setiap public speaking pasti memiliki tujuan atau maksudnya masing-masing. Ada yang bertujuan untuk menyampaikan informasi, meyakinkan, atau membujuk. Presentasi atau public speaking akan dianggap berhasil jika pesan yang disampaikan dapat diterima dan diingat oleh audiens. Namun pada prakteknya, presenter seringkali mengalami hambatan, misalnya kurangnya persiapan dan percaya diri, kendala teknis yang mengganggu jalannya presentasi, atau lainnya.

Agar hal ini tidak terjadi padamu, sehingga presentasimu dapat mendulang kesuksesan, pelajarilah tips-tips dari para pembicara TED berikut ini.

  1. Terapkan prinsip the power of three

The power of three merupakan sebuah prinsip dalam presentasi yang memanfaatkan angka 3 untuk mendesain presentasi, seperti menggunakan 3 ukuran font yang berbeda dalam satu slide, membuat palet warna yang terdiri dari 3 warna, menyertakan 3 poin terpenting dalam sebuah slide (atau dalam presentasi secara keseluruhan), menerapkan the rule of thirds ketika menerapkan gambar pada slide, dan lain-lain. Prinsip the power of three ini muncul karena sebuah fakta yang mengatakan bahwa manusia hanya dapat mengingat 3 hal dari apa yang dilihatnya, sehingga dari pada kamu menggunakan terlalu banyak waktu menjelaskan dan menampilkan hal yang tidak akan diingat oleh audiens, lebih baik kamu menerapkan prinsip ini, sehingga presentasimu lebih efektif dan efisien.

  1. Lakukan eye contact dengan audiens

Agar pesan presentasi dapat tersampaikan dan diterima audiens, kamu perlu membuat mereka tertarik dan terhubung dengan presentasimu. Salah satu cara agar audiens terhubung adalah dengan melakukan eye contact. Selain dapat menghubungkan audiens dengan presentasi, eye contact juga dapat menumbuhkan kepercayaan audiens dan menunjukkan kredibilitasmu sebagai presenter dan sumber informasi.

  1. Hindari menggunakan jargon

Jargon adalah kumpulan istilah yang biasa digunakan oleh orang-orang dalam bidang tertentu dan pada umumnya tidak dipahami oleh orang awam atau orang pada bidang lain. Misalnya istilah dalam dunia medis, istilah dalam design, dan lain-lain. Karena jargon hanya dipahami oleh mereka yang bergerak dalam bidang tertentu, kamu perlu mempertimbangkan penggunaannya dalam presentasi. Karena jika memaksakan untuk menggunakannya, pesan dalam presentasi tidak akan mudah diterima oleh audiens.

  1. Buat headline atau judul yang mudah dipahami audiens

Hal pertama yang akan dibaca audiens ketika sebuah slide ditampilkan adalah judul. Agar audiens tertarik untuk mendengarkan presentasi lebih lanjut dan memahami inti konten dengan lebih mudah, kamu perlu membuat judul yang menarik serta menggambarkan konten sebuah slide. Buat font headline dengan ukuran yang lebih besar dari teks lainnya, sehingga perhatian audiens akan langsung tertuju ke arahnya.

  1. Buat audiens terlibat

Pada umumnya, manusia tidak memiliki rentang perhatian yang panjang, sehingga perhatian mereka akan teralihkan jika tidak terhubung dengan presenter. Oleh karena itu, kamu harus dapat membuat audiens terhubung dan merasa terlibat, misalnya dengan melibatkan body language dan gestur tubuh, atau dapat juga memberikan elemen-elemen atau media yang menarik sebagai pendukung penyampaian lisan.

  1. Naik ke atas panggung dengan percaya diri dan berkesan

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Vanessa Van Edwards mengenai kunci sukses para pembicara TED menyatakan bahwa kamu memilik waktu selama 7 detik untuk membuat kesan pertama yang baik, Kesan pertama audiens terhadap seorang presenter terjadi ketika presenter pertama kali masuk atau naik ke atas panggung. Hal ini berarti kesan pertama ditunjukkan dari cara dan sikap kita ketika naik ke atas panggung, bagaimana kita melihat audiens, dan bagaimana ekspresi wajah yang kita tunjukkan. Agar kamu mendapat kesan pertama yang baik di mata audiens, kamu perlu berjalan dengan percaya diri saat menaiki panggung, kemudian berikan senyuman sembari kamu berjalan, buat postur tubuh yang baik, perhatikan cara berjalanmu, dan buat slide awal presentasimu menarik.

 

Tips-tips di atas hanya sebagian kecil dari tips yang masih dapat kamu gali lebih dalam dari para pembicara TED. Kamu dapat memanfaatkannya untuk membuat presentasimu lebih menarik dan pesan yang disampaikan dapat diterima serta diingat oleh audiens. Namun terdapat hal paling penting yang tidak boleh kamu abaikan, yaitu menjadi diri sendiri atau orisinalitas. Ambillah inspirasi dari tips-tips tersebut untuk membuat kualitas dirimu meningkat dan dapat menjadi presenter yang lebih baik.

 

Sumber : here


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 082235330001 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *