4 Alasan Mengapa Warna Merah Disebut Sebagai Warna Kemenangan

Jasa Presentasi – Warna begitu berpengaruh terhadap unsur kehidupan. Selain menjadi sarana untuk menyampaikan pesan melalui komunikasi non verbal, kita bahkan bisa menilai kepribadian seorang melalui warna yang disukainya. Tentu hal ini sangat menarik karena setiap orang memiliki pandangan yang berbeda-beda tentang warna. Ada yang memilih warna hitam, ada juga yang lebih suka warna biru, atau warna hijau yang diyakini sebagai warna yang menenangkan. Lantas bagaimana dengan warna merah? Konon warna merah disebut sebagai warna kemenangan, benarkan demikian? Yuk simak alasannya.

 

Warna Merah Artinya Berani

Football Player

Bagi Bangsa Indonesia merah memiliki filosofi sendiri. Bendera negara kita memiliki dua warna merah dan putih. Warna merah jadi lambang keberanian bangsa dalam merebut kemerdekaan. Warna merah sendiri memancarkan daya maskulin yang kuat serta menguasai. Sehingga tidak heran jika warna merah kemudian identik sebagai warna kemenangan.

 

Warna Merah Bisa Memotivasi

Happy Man

Warna merah bisa menggairahkan emosi kita sehingga ada dorongan kuat untuk melakukan sesuatu. Unsur yang didatangkan warna merah dapat bermakna sebagai daya yang mampu memacu denyut jantung serta pelepasan adrenalin yang menggerakan kita melakukan tindakan. Ada banyak contoh, kita sering melihat kostum team sepakbola dengan warna merah, hal ini diyakini bisa memunculkan semangat dalam berlaga. Atau penggunaan unsur merah untuk interior ruangan, pakaian serta berbagai ornamen bisa memacu kembali semangat yang mulai lesu.

 

Warna Merah Menarik Perhatian

Red Umbrella Man in the Rain

Warna merah yang mencolok ternyata memiliki daya untuk menarik perhatian. Prinsip ini dipakai oleh para desainer ketika membuat logo untuk sebuah brand. Dengan memasukkan unsur merah mereka yakin akan lebih bisa menarik perhatian sebab warna merah sendiri lebih mudah untuk ditemukan keberadaannya. Di sekeliling kita juga sudah banyak contohnya, sebut saja untuk rumah makan atau papan reklame yang terletak di pinggir jalan akan lebih banyak memasukkan unsur merah karena terlihat lebih mengundang perhatian daripada yang berwarna pucat.

 

Warna Merah Mendominasi

Telephone Box in the Middle of City

Warna merah juga memiliki sifat negatif yaitu agresif dan mendominasi. Menurut survey, warna merah ini mampu memunculkan berbagai ekspresi negatif berbentuk kemarahan. Berada pada kerumunan warna merah dapat mengakibatkan kita lebih mudah merasa jengkel, resah serta pada akhirnya geram. Tidak heran diberbagai situasi akan mudah menyurut pertengkaran. Meskipun demikian sisi positif dari mendominasi ini ternyata mampu menstimulasi serta menggambarkan keinginan yang kuat.

 

Selain 4 alasan di atas, warna merah juga bisa digunakan untuk presentasimu supaya terkesan kuat dan menarik. Namun, pastikan untuk menggunakan warna merah yang agak redup serta kombinasikan dengan warna yang kontras.

 


 

Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 082235330001 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *