4 Gaya Presentasi dari Para Presenter Terkenal

4 Gaya Presentasi dari Para Presenter Terkenal

Jasa Presentasi – Meraih kesuksesan dalam presentasi merupakan keinginan bagi semua presenter. Namun terkadang, terdapat hambatan yang menyebabkan mereka tidak berhasil dalam menyampaikan pesan presentasi ke audiens, misalnya menggunakan metode yang kurang tepat dalam menyampaikan presentasi atau kurang komunikatif dalam penyampaian. Agar kamu tidak menjadi salah satu presenter yang gagal dalam presentasi, berikut ini disajikan beberapa gaya presentasi yang dilakukan oleh tokoh-tokoh terkenal, yang dapat menjadi contoh dan solusi untuk menentukan gaya apa yang harus diterapkan dalam presentasimu selanjutnya.

Visual Style

Steve Jobs merupakan salah satu tokoh terkenal yang memiliki gaya presentasi dengan visual. Presenter yang memiliki gaya presentasi ini akan menggunakan lebih banyak gambar dibandingkan teks, bahkan bisa jadi ia tidak menggunakan teks sama sekali. Gaya presentasi ini bisa dilakukan juga oleh kamu yang memiliki sedikit waktu untuk melakukan persiapan atau melakukan presentasi itu sendiri.

Free Form Style

Sir Ken Robinson merupakan salah satu presenter TED yang video presentasinya paling banyak dilihat. Ia menyampaikan presentasi tanpa slide atau naskah, akan tetapi ia mengetahui bagaimana menyampaikan presentasi dengan menarik dan mudah dipahami. Ia menggunakan humor dan cerita untuk menjelaskan poin yang ingin disampaikan. Kamu dapat mencontoh cara Sir Ken Robinson ketika kamu diharuskan menyampaikan presentasi tanpa persiapan atau secara mendadak.

Instruktur/Coach Style

Al Gore, mantan wakil presiden Amerika Serikat ini merupakan salah satu contoh tokoh yang sering menggunakan gaya instruktur dalam menyampaikan presentasi. Gaya ini dapat digunakan ketika kamu akan menyampaikan konten yang kompleks. Jika di diterapkan dengan tepat dan dibantu oleh visual yang mendukung, gaya presentasi ini dapat sangat persuasif. Cobalah untuk menyeimbangkan fokus antara materi dan audiens.

Storyteller Style

Salah satu cara untuk meraih kesuksesan presentasi adalah terhubung dengan audiens. Dan salah satu cara agar audiens terhubung dengan presenter adalah dengan menyertakan cerita. Audiens akan tertarik dan lebih mudah memahami apa yang disampaikan dalam presentasi ketika disampaikan dengan menyertakan cerita. Jill Bolte Taylor adalah salah satu tokoh terkenal yang menerapkan gaya presentasi ini. Ia dapat menyampaikan presentasi menggunakan kata-kata yang kuat dan emosional.

 

Empat gaya presentasi di atas merupakan sebagian kecil gaya presentasi yang ada di dunia. Namun, gaya presentasi di atas dapat memberikan inspirasi atau contoh untuk kamu yang masih bingung menentukan gaya presentasi apa yang akan digunakan pada presentasimu selanjutnya.

 

Sumber : https://24slides.com/blog/6-presentation-styles-famous-presenters/


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 082235330001 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *