4 Kesalahan Ini Membuat Calon Investormu Lari

4 Kesalahan Ini Membuat Calon Investormu Lari

Jasa Presentasi – Menjabarkan ide bisnis yang ditujukan pada calon investor merupakan salah satu jenis presentasi yang paling menegangkan, karena dapat menentukan masa depan sebuah bisnis. Oleh karenanya, banyak presenter yang merasa grogi dan gugup ketika harus melakukan presentasi di depan investor. Rasa grogi dan gugup yang meliputi presenter justru akan membuatnya semakin banyak membuat kesalahan dalam penyampaiannya.

Tidak peduli seberapa hebat ide sebuah bisnis, jika dijelaskan dengan presentasi yang buruk, maka dapat berakibat buruk pada ide bisnis tersebut. Bagaimana mencegahnya? Berikut beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh banyak presenter ketika menyampaikan ide bisnisnya kepada investor.

  1. Perencanaan yang buruk

Perencanaan merupakan langkah awal yang harus ditempuh sebelum seseorang melakukan suatu kegiatan, tidak terkecuali dengan presentasi. Agar presentasi dapat berjalan lancar dan tersusun rapi, seorang presenter harus melakukan perencanaan yang matang, mulai dari outline materi yang akan disampaikan hingga perencanaan slide presentasi dan penyampaian. Perencanaan yang baik dan matang berguna agar presenter dapat menyampaikan presentasi dengan baik, terstruktur, serta menarik, sehingga calon investor akan mudah memahami dan tertarik untuk melakukan investasi. Selain itu, jika perencanaannya saja sudah buruk, tidak menutup kemungkinan bahwa pelaksanaannya pun akan buruk.

  1. Membuat presentasi satu arah

Beberapa orang yang baru berpengalaman dalam melakukan pitch deck cenderung menyampaikan presentasi seperti melakukan monolog dibandingkan diskusi. Hal inilah yang akan membuat audiens atau calon investor bingung dan akhirnya ragu apakah akan melakukan investasi atau tidak. Solusinya, cobalah untuk membuat presentasi seperti sedang melakukan meeting atau diskusi, misalnya dengan mengambil inisiatif untuk bertanya pada investor mengenai pendanaan.

  1. Berusaha terlalu keras untuk memberi kesan yang baik

Kebanyakan orang yang pertama kali melakukan presentasi pitch deck akan berusaha terlihat baik di mata calon investornya. Oleh karenanya, ia akan berusaha keras untuk menonjolkan kelebihan ide bisnisnya dan mengabaikan kelemahan yang mungkin sudah diketahui oleh calon investor. Hal ini justru akan menimbulkan keraguan pada investor, karena penjelasan yang berlebihan tersebut. Untuk itu, tidak menjadi masalah untuk menjelaskan kelemahan bisnismu, asalkan kamu memiliki solusi untuk mencegah atau menanganinya.

  1. Melebih-lebihkan data

Masih berhubungan dengan kesalahan nomer 3 yaitu tentang melebih-lebihkan kebaikan ide bisnismu. Ketika presenter menyajikan data yang tidak realistik atau berlebihan dan mungkin calon investormu mengetahui hal tersebut, akan membuat calon investormu ragu atau bahkan memutuskan untuk tidak melakukan investasi pada bisnismu. Untuk itu, sajikanlah data yang realistik, karena selain terlihat nyata, juga dapat membuat investor lebih mudah memahami bagaimana mereka akan membantu jika mereka memutuskan untuk melakukan investasi.

 

Kesalahan-kesalahan di atas merupakan contoh buruk dari penyampaian ide bisnis kepada investor dan perlu dihindari demi kesuksesan presentasi. Manfaatkan kesalahan-kesalahan tersebut untuk membuat pitch deck yang lebih baik, sehingga dapat menarik investor.

 

Sumber : https://24slides.com/blog/top-4-mistakes-when-pitching-a-business-idea-to-investors/


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 082235330001 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *