4 Tips Membuat Presentasi yang Menarik dengan Video

4 Tips Membuat Presentasi yang Menarik dengan Video

Jasa Presentasi – Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini masyarakat lebih peka dan menyukai informasi yang dibalut dengan visual. Mengapa? Karena visual lebih menarik, mudah dipahami, menghibur, dan mudah diingat. Fakta ini banyak dimanfaatkan oleh berbagai pihak dalam berbagai bidang, tidak terkecuali dalam presentasi.

Saat ini presentasi sangat memanfaatkan visual untuk mendukung penyampaian. Salah satunya adalah dengan menggunakan video sebagai pendukung dan visualisasi dari penjelasan yang disampaikan. Namun tidak semua presenter dapat menggunakan dan memanfaatkan video dengan baik untuk presentasinya. Lalu bagaimana agar video yang digunakan dapat mendukung penjelasan dan membuat presentasi menarik? Berikut beberapa tipsnya.

  1. Gunakan video pada setiap presentasi

Menurut Forbes, hanya 4% orang yang selalu menggunakan video dalam presentasinya. Hal ini berarti bahwa sisanya, sebanyak 96%, tidak memanfaatkan salah satu alat presentasi yang efektif ini. Padahal visual berupa gambar dan video lebih akurat digunakan untuk menyampaikan informasi, karena visual akan lebih lama bertahan dalam pikiran audiens. Oleh karena itu, dukunglah penjelasan menggunakan video.

  1. Lebih singkat, lebih baik

Video digunakan sebagai pendukung penjelasan bukan sebagai pengganti penjelasan. Oleh karena itu, gunakanlah video yang tidak terlalu panjang, yang penting dapat merepresentasikan dan memvisualisasikan penjelasan. Gunakan video yang berdurasi 30 sampai 60 detik. Ini merupakan durasi yang ideal bagi video yang disertakan dalam presentasi, karena orang tidak memiliki rentang perhatian yang panjang.

  1. Berikan video yang otentik dan relevan

Saat ini, masyarakat lebih menyukai video yang kasual, otentik, dan realistik. Misalnya ketika melakukan presentasi penjualan atau pemasaran, ausiens akan lebih menyukai video yang berisi interaksi dengan pelanggan dibandingkan video iklan perusahaan yang isinya terlalu dilebih-lebihkan. Selain itu, ketika memutuskan untuk menyertakan video dalam presentasi, presenter harus memilih dan menggunakan video yang relevan dengan topik. Pertimbangkan pula untuk memilih video yang menghibur atau melibatkan emosional/perasaan audiens, sehingga audiens terhubung dengan presenter serta topik yang disampaikan akan lebih mudah diterima dan dipahami.

  1. Sertakan video dalam slide presentasi

Banyak sekali dijumpai presenter yang ketika ingin menampilkan sebuah video harus keluar dari slide presentasi. Kebanyakan mereka tidak menyertakan video di dalam slide. Padahal ini menjadikan presenter terlihat tidak profesional. Oleh karena itu, sertakan video dalam slide presentasi. Jika belum mengetahui bagaimana menyertakan video dalam PowerPoint, tutorial ini mungkin dapat membantu.

 


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 082235330001 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *