4 Tips Sukseskan Presentasi Wawancaramu

Jasa Presentasi – Ketika kita menginjak jenjang karir yang lebih tinggi, presentasi wawancara merupakan sesuatu yang akan lebih sering dihadapi. Saat kita diminta untuk melakukan presentasi wawancara berarti pewawancara ingin melihat bahwa kita nantinya bisa melakukan pekerjaan, memiliki kemampuan komunikasi yang mumpuni, terorganisir, dan pandai. Setelah mengetahui hal-hal tersebut, berikut beberapa langkah yang bisa ditempuh demi kesuksesan presentasi wawancara.

 

1. Buktikan Bahwa Kita Bisa Melakukan Pekerjaan Tersebut

Woman Writing on The Whiteboard

Salah satu alasan kita diminta untuk memberikan presentasi dalam wawancara adalah agar pewawancara dapat merasa yakin dengan kemampuan kita dalam melakukan pekerjaan yang dilamar. Sebelum melakukan presentasi, pastikan kita memahami tugas atau pekerjaan yang akan diberikan, kemudian lakukan riset mengenai tugas tersebut, dan usahakan untuk mendemonstrasikannya di depan pewawancara. Hal ini akan membuktikan apakah kita pantas untuk mendapatkan pekerjaan tersebut atau tidak.

 

2. Tunjukkan Keahlian Komunikasi Lisan Kita

A Woman Presenting

Mampu berkomunikasi dengan jelas dan dengan cara yang menarik merupakan hal yang penting sebab pewawancara akan menilai keterampilan komunikasi tatap muka kita selama presentasi wawancara berlangsung. Tunjukkan kemampuan komunikasi lisan kita dengan tidak membaca slide atau naskah ketika sedang menyampaikan presentasi. Lakukanlah latihan secara berkala agar kita memiliki rasa percaya diri ketika berhadapan dengan wawancara. Usahakan untuk tidak menunjukkan rasa gugup kita dan tetap bersikap tenang selama melakukan proses presentasi wawancara.

 

3. Tunjukkan Keahlian Komunikasi Tertulis Kita

A Man Presenting with Slide Shown

Meskipun bukan merupakan tugas inti dari pekerjaan yang kita lamar, kemampuan komunikasi tertulis yang baik akan membuktikan bahwa kita mampu untuk melakukan tugas-tugas harian, seperti mengirim email, melakukan presentasi, mengatur agenda rapat, maupun menyusun brief untuk sebuah projek. Untuk menunjukkan kemampuan tersebut, buatlah slide presentasi yang terstruktur, singkat, padat, dan mudah dipahami. Pilihlah bahasa yang mudah dipahami dan sesuaikan dengan siapa kita melakukan wawancara presentasi tersebut. Pastikan konten yang akan kita presentasikan mudah dipahami, informative, dan dapat mencerminkan kemampuan komunikasi tertulis kita.

 

4. Tunjukkan Bahwa Kita Rajin

Man Hand Wearing Watch

Salah satu poin yang akan menjadi nilai tambah dari pewawancara adalah dengan menunjukkan bahwa kita rajin, terorganisir, dan teliti serta memiliki perhatian tinggi terhadap detail. Caranya cukup sederhana yaitu dengan datang tidak terlambat, akan lebih baik jika kita datang beberapa menit sebelum wawancara dimulai. Berikan perhatian pada hal-hal kecil, bawa peralatan yang diperlukan saat proses wawancara seperti pulpen, kertas untuk mencatat informasi penting. Pewawancara akan memberikan nilai plus saat kita memiliki perhatian tinggi dan detail terhadap hal-hal penting sampai sekecil apapun.

 

Kesuksesan sebuah wawancara akan menentukan seperti apa hasil yang kita dapatkan. Untuk mempersiapkan wawancara dengan baik lakukan latihan secara berkala dan terapkan tips-tips di atas.

 


 

Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 082235330001 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *