5 Hal yang akan Membuat Audiens Membenci Presentasimu

Jasa Presentasi – Pembicara merupakan sumber informasi dalam sebuah presentasi. Mereka memiliki gaya dan caranya tersendiri ketika menyampaikan informasi dan idenya. Terlepas dari itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar presentasi dapat berjalan lancar dan disukai oleh audiens. Beberapa hal tersebut dijelaskan di bawah ini. Pelajarilah dan buat audiens menyukai presentasi kita.

1. Persiapan yang Kurang Matang

Jika kita tidak memiliki persiapan yang matang, tentunya kelancaran dalam menyampaikan presentasi akan terganggu. Kita akan merasa gugup dan pesan tidak dapat disampaikan dengan baik. Jika sudah begitu, audiens akan menemukan alasan untuk tidak melanjutkan mendengarkan presentasi kita. Oleh karena itu, kita perlu berlatih dan menguasai materi serta bersiap untuk menghadapi masalah teknis yang mungkin terjadi ketika presentasi berlangsung.

2. Tidak Tahu Siapa Audiensnya

Penting sekali untuk mengetahui siapa yang akan menjadi audiens kita nanti, sebab audiens bisa datang dari berbagai latar belakang usia, pekerjaan, daerah tempat tinggal, dan lain-lain. Oleh karena itu, kita perlu mengetahui latar belakang mereka sehingga kita bisa menyesuaikan cara dan teknik yang akan digunakan dalam presentasi. Jika cara dan teknik yang kita gunakan tepat, pesan yang hendak disampai juga akan diterima dengan baik oleh audiens.

3. Bertele-tele

Tidak ada yang menyukai presentasi yang bertele-tele. Presentasi yang bertele-tele hanya akan membuat audiens bosan dan tidak fokus pada pesan yang seharusnya mereka tangkap. Audiens lebih suka presentasi yang disampaikan dengan singkat, padat dan jelas. Oleh karena itu, fokuslah pada pesan dan inti presentasi. Berilah penjelasan secukupnya dan penjelasan yang mudah untuk dicerna audiens.

4. Desain Presentasi yang Membosankan

Asian business coach giving presentation on flip chart explaining new marketing research results training multi-ethnic sales team, chinese businesswoman analyzing project statistics at office meeting

Masih banyak pembicara yang kurang memperhatikan visual ketika presentasi. Padahal visual akan membantu kita untuk mempermudah pesan dipahami oleh audiens. Desain presentasi yang menarik mampu membuat audiens memfokuskan perhatiannya pada apa yang sedang disampaikan. Selain itu, desain presentasi yang menarik juga akan memperkuat pesan yang disampaikan. Sebaliknya desain presentasi yang monoton dan membosankan akan membuat audiens kurang tertarik pada apa yang kita sampaikan.

5. Bahasa Tubuh yang Berlebihan atau Tidak Tepat

Bahasa tubuh merupakan gerakan natural yang dilakukan oleh tubuh kita. Konon, bahasa tubuh bisa menunjukkan apa yang sedang kita rasakan secara jujur. Meskipun demikian, bahasa tubuh bisa dilatih. Oleh karena itu, selain melatih materi yang akan disampaikan, latihlah juga bahasa tubuh yang akan digunakan dalam presentasi. Jangan sampai bahasa tubuh yang kita gunakan justru mendistraksi perhatian audiens. Usahakan juga untuk mengontrol raut wajah. Berikan ekspresi yang hangat dan menyenangkan.

Ketika melakukan presentasi, kita tentu ingin apa yang disampaikan didengar dan diingat oleh audiens. Oleh karena itu, pelajarilah beberapa hal di atas supaya presentasi kita diperhatikan dan disukai oleh audiens.


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 081387760005 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *