5 Karakteristik Yang Dimiliki Presenter Hebat

5 Karakteristik Yang Dimiliki Presenter Hebat

5 Karakteristik Yang Dimiliki Presenter Hebat

5 Karakteristik Yang Dimiliki Presenter Hebat

Jasa Presentasi – Keahlian dalam komunikasi merupakan hal terpenting yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin, namun banyak orang yang takut ketika diminta untuk melakukan public speaking. Mengapa? Karena berdiri di hadapan banyak orang merupakan pengalaman yang mendebarkan. Akan tetapi, cara terbaik untuk menangani ketakutan pad public speaking justru dengan tidak menghindarinya dan menghadapinya, karena semakin banyak seseorang melakukan public speaking, maka akan menambah pengalaman dan hal ini akan membuatnya semakin terbiasa dengan kondisi yang dihadapi ketika melakukan public speaking.

Memang tidak mudah melakukan public speaking, apalagi jika belum terbiasa. Namun tidak ada salahnya jika belajar terlebih dahulu. Berikut ini 5 karakteristik yang dimiliki presenter hebat dan dapat dijadikan contoh.

  1. Pengetahuan

Presentasi merupakan salah satu cara untuk membagikan pengetahuan. Presenter dituntut untuk menguasai topik lebih dari audiens. Selain itu, presenter juga harus mengetahui cara atau teknik yang sesuai dengan audiens dalam menyampaikan presentasi, sehingga pesan dan materi lebih mudah dipahami dan dapat tersampaikan pada audiens.

Pelajari lebih dalam materi yang akan disampaikan untuk mengantisipasi pertanyaan yang mungkin muncul dari audiens, sehingga selain lebih siap dalam menyampaikan presentasi, presenter juga akan lebih siap dalam menghadapi pertanyaan dari audiens.

  1. Kepercayaan Diri

Beberapa orang takut melakukan public speaking karena mereka tidak percaya diri. Ketika seseorang memiliki kepercayaan diri, dia tidak akan takut melakukan presentasi. Oleh karena itu, hal paling utama yang harus dilakukan seseorang sebelum melakukan presentasi adalah membangun kepercayaan diri.

Presenter yang percaya diri akan membuat presentasi lebih hidup dan penjelasan yang disampaikannya akan lebih mudah dipahami oleh audiens. Jika presenter tidak memiliki kepercayaan diri, cobalah untuk berpenampilan seakan-akan memiliki kepercayaan diri, karena audiens tidak akan mengetahui apa yang dirasakan presenter kecuali ia menunjukkannya.

Terdapat beberapa trik yang dapat digunakan untuk memunculkan kepercayaan diri, yaitu dengan berjalan di sekitar podium, berdiri dengan tegak, dan tersenyum. Hindari berbicara terlalu cepat, karena presenter akan terlihat gugup. Menyampaikan presentasi dengan santai namun serius dapat menumbuhkan kepercayaan diri. Selain itu, audiens juga akan lebih mudah memahami apa yang disampaikan.

  1. Kenali Diri

Audiens berharap bahwa presenter akan menyampaikan materi dengan menyenangkan. Beberapa dari mereka juga berharap bahwa presenter akan menyampaikan presentasi dengan lucu, menarik, dan bersemangat, serta mirip dengan beberapa presenter hebat yang pernah ditemuinya. Hal-hal yang diharapkan audiens ini memang kualitas yang harus dimiliki oleh presenter hebat, namun poin terakhir adalah pengecualian. Presenter yang hebat adalah presenter yang memiliki karakteristik dan keunikannya sendiri. Oleh karena itu, jadilah diri sendiri dan manfaatkan kelebihan diri untuk menyampaikan presentasi yang menarik.

  1. Passion dan Semangat

Jika topik presentasi adalah hal yang menarik dan sesuai dengan keahlian presenter, jadikan hal ini menjadi semangat dan gunakan juga untuk membuat audiens bersemangat. Menyampaikan presentasi dengan bersemangat akan menunjukkan bahwa presenter telah menguasai topik dan hal ini akan membantu presenter untuk terhubung dengan audiens. Namun jika topik presentasi adalah hal yang kurang diminati, maka presenter harus menemukan hal yang dapat membuatnya menarik bagi diri presenter sendiri maupun bagi audiens.

  1. Diingat oleh Audiens

Seseorang mungkin telah menyimak banyak presentasi, namun tidak semua presentasi yang disimaknya dapat diingat. Audiens dapat mengingat sebuah presentasi jika presenter dapat terhubung dengan audiens. Menjalin hubungan dengan audiens dapat dilakukan dengan menyertakan cerita yang menyentuh dan menarik serta dapat menjadi inspirasi bagi audiens. Selain itu, agar presentasi dapat diingat, presenter dapat menyertakan hal unik yang mungkin belum pernah dilihat oleh audiens.

Lima karakteristik di atas dapat dijadikan contoh untuk menjadi presenter hebat atau paling tidak, presentasi yang dilakukan dapat diingat oleh audiens. Teruslah berlatih agar terbiasa sehingga dapat menjadi presenter yang lebih baik.

 


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 082235330001 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *