5 Kesalahan Public Speaking Yang Banyak Dilakukan Pemula

5 Kesalahan Public Speaking Yang Banyak Dilakukan Pemula

5 Kesalahan Public Speaking Yang Banyak Dilakukan Pemula

5 Kesalahan Public Speaking Yang Banyak Dilakukan Pemula

Jasa Presentasi – Kurang pengalaman, mungkin menjadi alasan banyak public speaker gagal dalam presentasi. Namun bukan hanya karena hal tersebut. Oleh karena itu, sebelum melakukan presentasi, presenter perlu mengetahui kesalahan-kesalahan apa yang dapat membuat sebuah presentasi gagal, sehingga presenter dapat menghindarinya.

  1. Terlalu fokus untuk tidak membuat kesalahan

Presenter pemula biasanya akan lebih fokus untuk tidak membuat kesalahan dibandingkan fokus pada menyampaikan pesan yang relevan untuk audiens. Akibatnya, audiens tidak mendapatkan manfaat dari presentasi yang didengarnya dan presenter gagal mencapai tujuan melalui presentasi yang dilakukannya. Untuk itu, berfokuslah dalam menyampaikan pesan, maka kesalahanpun dapat terhindari.

  1. Tidak melakukan kontak mata

Kebanyakan orang memiliki ketakutan akan public speaking. Salah satu alasannya adalah karena mereka menghadapi banyak orang dengan berbagai penilaian mereka. Akibatnya, kebanyakan presenter akan menghindari kontak mata dengan audiens. Padahal kontak mata akan menunjukkan kepercayaan diri presenter dan dapat membuat audiens terhubung dengan presentasi yang sedang disampaikan.

Agar pesan dan tujuan presentasi dapat tersampaikan, pastikan untuk melakukan kontak mata dengan audiens.

  1. Kurang persiapan

Persiapan dan latihan merupakan kunci kesuksesan dalam semua bidang. Beberapa presenter pemula mungkin akan merasa cukup ketika melakukan latihan satu atau dua kali. Padahal ini merupakan jumlah yang sedikit untuk dapat menyajikan presentasi dengan lancar dan berhasil. Oleh karena itu, demi keberhasilan presentasi, lakukanlah latihan beberapa kali sampai presenter menghafal alur dan menguasai konten di luar kepala.

Praktekkan presentasi di hadapan beberapa rekan sebelum tampil di hadapan publik. Hal ini bertujuan agar presenter mendapat tanggapan yang membangun agar lebih baik ketika menyampaikannya di hadapan publik. Selain berguna untuk memperlancar presentasi, berlatih juga dapat membantu presenter untuk lebih percaya diri.

  1. Kurang bersemangat

Faktor utama yang membuat sebuah presentasi membosankan adalah kurangnya antusiasme dan semangat presenter dalam menyampaikan presentasi. Oleh karena itu, lakukanlah beberapa hal yang dapat meningkatkan energi sebelum masuk ke ruang presentasi. Misalnya dengan mengkonsumsi makanan sehat dan memiliki tidur yang cukup sebelum hari presentasi. Pastikan untuk berbicara dengan lantang, jelas dan ekspresif, berjalanlah di sekitar panggung, dan nikmati suasana beserta topik yang disampaikan.

  1. Terlalu terburu-buru

Ketika merasa gugup dan grogi, adrenalin dalam diri akan semakin naik. Hal ini menyebabkan jantung berdegub kencang dan akibatnya akan mempercepat napas. Hasilnya, saat berbicara, akan terdengar terburu-buru. Oleh karena itu, sebelum hari presentasi tiba, berlatihlah untuk menyampaikan presentasi dengan santai. Berhentilah sejenak untuk memberikan waktu kepada audiens untuk berpikir dan mengembalikan fokus mereka pada presentasi.

 


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 082235330001 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *