5 Tips Memberikan Brief Kepada Desainer

Jasa Presentasi – Presentasi merupakan salah satu bentuk komunikasi yang sering kita temui dalam berbagai bidang dan profesi. Hari ini kita melihat tren desain presentasi yang beragam dengan aneka ornamen visual yang menarik. Sayang, tidak semua orang bisa membuat slide presentasi yang menarik karena berbagai alasan. Salah satu solusinya adalah dengan bekerja sama dengan desainer presentasi. Berikut 5 tips ketika memberikan brief kepada desainer.

 

1. Sampaikan Berapa Budget Kita

Hands Counting Money

Sebelum memberikan brief pada desainer, sampaikan berapa budget yang kita miliki. Hal ini akan membantu desainer memahami kebutuhan kita. Begitupun dengan kita agar bisa mengetahui tingkat layanan yang diberikan oleh desainer namun tetap realistis. Sampaikan dan diskusikanlah hal ini di awal, minta penjelasan kepada desainer, desain seperti apa yang akan kita dapatkan dengan budget yang kita miliki. Ingat, budget akan menentukan bagaimana hasil akhir desain yang dibuat. Seperti pepatah jawa “ono rega ono rupa”.

2. Berikan Sampel

Laptop with Graphic

Ketika kita mengalami kesulitan untuk menyampaikan brief pada desainer, berikan sampel atau contoh desain yang kita inginkan. Dari sampel yang kita berikan, hal ini akan memudahkan desainer dalam menafsirkan apa yang kita inginkan. Berikan juga keterangan tambahan, misalnya mengenai warna yang kita inginkan, font yang digunakan, atau detail lain yang berkaitan dengan projek kita.

3. Berikan Semua yang Dibutuhkan Desainer

Colors Pick

Berikan semua yang dibutuhkan oleh desainer untuk memulai pekerjaannya. Kirimkan seluruh konten, gambar, logo, atau brand guidelines kepada desainer. Pastikan desainer memiliki semua yang dibutuhkan untuk mengerjakan projek presentasi kita. Hal ini bertujuan untuk mempercepat pekerjaan dan menghemat waktu dalam proses pembuatan, sehingga kita juga akan lebih cepat menerima hasilnya.

4. Sampaikan Kapan Deadline-nya

A Calendar

Hal penting lainnya yang perlu disampaikan kepada desainer adalah mengenai tenggang waktu atau deadline. Sebelum projek dimulai sampaikan pada desainer deadline yang harus mereka patuhi. Ingat, pekerjaan yang berkualitas membutuhkan waktu yang lebih lama. Jika kita sedang terburu-buru dan memiliki waktu yang pendek, komunikasikanlah dengan desainer di awal. Kita juga bisa meminta mereka untuk bekerja di luar jam kantor, namun kita juga perlu mempertimbangkan biayanya, karena tentu akan jauh lebih mahal.

5. Sampaikan Siapa Audiens Kita dan Tujuan Dari Presentasi

Presentation Audiences

Penting bagi kita untuk menyampaikan pada desainer siapa yang menjadi audiens. Hal ini akan membantu desainer menyesuaikan desain sesuai dengan usia, pekerjaan, dan jabatan audiens. Jika audiens kita adalah para investor atau eksekutif perusahaan berusia matang, maka desainer akan membuatkan desain yang lebih formal. Sedangkan jika audiens kita adalah mahasiswa, desainer akan membuatnya lebih berwarna dan santai. Begitu juga dengan tujuan presentasi, sampaikanlah apa yang ingin kita capai melalui presentasi tersebut.  Hal ini dapat membantu desainer dalam membuat desain yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Agar mendapatkan slide presentasi sesuai apa yang kita inginkan tentu kita harus bisa menyampaikan brief dengan baik pada desainer. Sampaikanlah secara detail apa yang kita inginkan sehingga tidak terjadi miss komunikasi.

 


 

Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 082235330001 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *