5 Tips Presentasi yang Bisa Kamu Terapkan di Tahun 2019

Jasa Presentasi – Kita sepakat bahwa semua orang ingin sukses ketika berbicara di depan umum. Namun kita sadar public speaking dan presentasi bukanlah skill yang instan. Kita perlu mengasahnya dengan banyak tampil berbicara di depan publik. Berikut 5 tips presentasi yang bisa diterapkan di tahun 2019 ini.

 

1. Bermain dengan Musik

Musik memiliki kekuatan untuk memainkan emosi seseorang. Cara yang ampuh untuk melakukan ini mulailah dengan memainkan sesuatu yang lembut dan santai (seperti musik klasik atau jazz) ketika peserta memasuki ruangan. Lalu, ketika presentasi akan dimulai, ubah musik menjadi sesuatu yang lebih hidup dan naikkan volumenya. Begitu musik berhenti katakan “selamat pagi” atau “selamat sore” dengan tegas dan nyaring. Hal ini akan membangunkan audiens dan membuat mereka menghentikan aktivitasnya dan segera fokus pada presentasi kita.

 

2. Mulai dengan Pertanyaan yang Relevan

Salah satu teknik untuk mendorong rasa ingin tahu audiens adalah dengan memberikan pertanyaan yang relevan ketika memulai presentasi. Selain mendorong rasa ingin tahu, teknik ini juga bisa mendorong partisipasi audiens. Dengan melibatkan audiens, kita tidak hanya menjadikan mereka sebagai penonton dan pendengar saja tetapi juga sebagai peserta yang ikut menghidupkan presentasi.

 

3. Buat Slide yang Sederhana dan Mudah Dipahami

Salah satu kekuatan sebuah presentasi juga ditentukan oleh seberapa menarik slide yang kita tampilkan. Namun, slide yang menarik saja belum cukup jika presentasi kita ingin sukses. Pastikan slide yang kita tampilkan mudah dipahami. Oleh karena itu, sederhanakan slide menggunakan gambar dan kata-kata yang relevan. Slide sederhana yang hanya berisi poin-poin penting akan membuat audiens lebih fokus pada apa yang kita sampaikan karena mereka tidak harus membaca slide yang berisikan rentetan kalimat yang panjang.

 

4. Berikan Kesan Pertama yang Baik

Untuk menarik perhatian audiens berikanlah kesan pertama yang baik. Mulailah presentasi dengan perkenalan yang membuat audiens memberikan perhatiannya penuh dan tertarik untuk mendengarkan presentasi kita. Perkenalan bisa dilakukan dengan menceritakan kisah sukses yang memotivasi atau kisah pribadi yang relevan dengan presentasi. Selain perkenalan, perhatikan juga penampilan kita saat hendak melakukan presentasi.

 

5. Kuasai Panggung Dengan Baik

Untuk bisa sukses melakukan presentasi, seseorang harus bisa menguasai panggung dengan baik. Penguasaan panggung meliputi penguasaan materi dan mengenal siapa audiens kita. Menguasai materi membuat kita lebih percaya diri ketika berada di atas panggung, sedangkan mengenal audiens akan memudahkan kita dalam memilih gaya presentasi yang akan kita pakai.

Untuk bisa sukses berbicara di depan umum perlu sebuah latihan yang berkala. Semakin tinggi jam terbang maka skill yang kita miliki akan semakin baik. Terapkanlah beberapa tips di atas untuk membantumu meraih kesuksesan dalam presentasi atau public speaking.

 


 

Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 082235330001 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *