6 Gerakan Ini Bisa Membantu Kita Lebih Percaya Diri Saat Presentasi

Jasa Presentasi – Bahasa tubuh merupakan hal yang penting, sebab ia dapat mendukung dan memberikan penekanan pada apa yang disampaikan secara lisan oleh para pembicara. Pembicara yang melakukan presentasi tanpa adanya bahasa tubuh akan terlihat kaku dan hambar. Oleh karena itu, kita perlu memperhatikan dan melatih bahasa tubuh yang akan digunakan dalam presentasi. Usahakanlah untuk menggunakan bahasa tubuh yang positif, karena berdasarkan hasil pengamatan (dikutip dari hbr.org), orang yang menunjukkan bahasa tubuh positif mendapatkan respon lebih baik dari pendengarnya. Bagaimana cara memberikan bahasa tubuh yang positif?

1. Membayangkan Sebuah Kotak

Menurut penasehatnya, Bill Clinton sering melakukan gerakan berlebih yang membuatnya terlihat tidak dapat dipercaya ketika berbicara di depan umum. Oleh karena itu, penasehatnya pun meminta Bill untuk membayangkan sebuah kotak di depan dada dan perutnya ketika sedang berbicara di depan umum. Hal ini bertujuan untuk menjadi batas gerakan tangan yang dilakukan oleh Bill.

2. Seperti Memegang Bola

Steve Jobs merupakan tokoh dan pembicara yang tidak bisa terlepas ketika kita sedang membahas tentang public speaking. Kita bisa mempelajari banyak hal darinya, salah satunya adalah tentang bahasa tubuh. Bahasa tubuh yang sering digunakan olehnya adalah gerakan seakan ia sedang memegang bola di antara kedua tangannya. Gerakan ini menunjukkan kepercayaan diri sehingga penyampaiannya mudah dipahami dan diterima oleh audiens.

3. Gestur Piramid

Saat sendang gugup, orang sering kali melakukan banyak gerakan. Hal ini bisa diatasi, salah satunya dengan melakukan gestur piramid, yaitu dengan menghadapkan telapak tangan satu sama lain, namun hanya jari-jari tangan saja yang saling bersentuhan. Inti dari gestur ini adalah untuk membuat kita terlihat rileks.

4. Sikap Kaki yang Terbuka Lebar

Cara orang berdiri menjadi indikator pola pikir mereka. Ketika anda berdiri diposisi yang kuat dan mantap dengan kaki Anda selebar bahu, itu menandakan Anda merasa sedang memegang kendali.

5. Telapak Tangan Terbuka

Sikap ini menunjukan keterbukaan dan kejujuran. Kita dapat memberi kesan bahwa kita adalah sosok yang kuat dan berpengaruh serta terbuka untuk melakukan komunikasi dengan orang-orang yang diajak bicara.

6. Telapak Tangan Menghadap ke Bawah

Gerakan yang terkesan negatif juga bisa dipandang positif, yaitu sebagai tanda kekuatan, otoritas dan ketegasan. Barack Obama sering menggunakannya untuk menenangkan kerumunan tepat setelah momen orasi yang meriah.

Bahasa tubuh merupakan bahasa nonverbal yang dilakukan secara alami dan tanpa kita sadari, namun ketika akan melakukan presentasi, kita bisa melakukan kontrol dengan berlatih dan membiasakan diri. Lakukanlah latihan di depan cermin atau di depan teman-teman dengan menerapkan beberapa bahasa tubuh di atas.


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 082235330001 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *