6 Tips Ampuh Menyertakan Data Berupa Angka dalam Presentasi

6 Tips Ampuh Menyertakan Data Berupa Angka dalam Presentasi

Jasa Presentasi – Terkadang, melakukan presentasi tidak hanya untuk menjelaskan informasi yang bersifat teori saja, tetapi juga untuk menjelaskan informasi berupa data dan angka. Angka, identik dengan hal yang rumit dan hal ini juga dirasakan ketika mendesain slide presentasi yang berisi angka.

Banyak orang yang kurang tepat dalam mendesain slide presentasi berisi data angka ini, sehingga tidak mudah dipahami atau bahkan tidak diperhatikan sama sekali oleh audiens, padahal biasanya data angka merupakan informasi penting yang harus disampaikan dan dipahami oleh audiens.

Agar hal ini tidak terjadi pada presentasimu, pelajarilah beberapa tips menyertakan data (berupa angka) berikut ini.

  1. Pilih Jenis Chart yang Tepat

Data tidak harus selalu disajikan dalam bentuk tabel. Data berupa angka justru akan lebih mudah dipahami jika diringkas ke dalam bentuk yang simple. Misalnya dengan mengubahnya menjadi chart.

Namun jenis chart yang digunakan harus tepat dan juga tidak membuat data menjadi salah diintepretasikan oleh audiens. Oleh karena itu, berlatihlah dan carilah inspirasi untuk memastikan bahwa data ditampilkan dalam format yang akurat dan optimal.

  1. Hindari Terlalu Banyak Menampilkan Data dalam Satu Slide

Menyertakan data memang dapat menambah kekuatan sebuah presentasi, karena audiens biasanya akan lebih percaya jika terdapat bukti nyata dan salah satunya dapat dilihat dari data. Namun terlalu banyak menampilkan data dalam sebuah slide justru akan membuat audiens bingung. Oleh karena itu, supaya data yang kamu sertakan dalam presentasi tidak sia-sia dan dapat menambah kepercayaan serta pemahaman audiens mengenai presentasi yang kamu sajikan, sertakanlah satu atau dua visualisasi data dalam satu slide.

Pastikan juga bahwa data yang disertakan dapat mendukung pesan. Eliminasi semua data yang tidak berkaitan dengan konten agar tidak membuat bingung audiens dan tidak sia-sia.

  1. Gunakan Bantuan Visual yang Relevan dengan Data

Seperti yang selalu dijelaskan dalam artikel-artikel sebelumnya, bahwa visual, khusunya gambar atau video, dapat menggungah emosi atau perasaan audiens terhadap sebuah informasi.

Visual berupa gambar atau video dapat disertakan berdampingan dengan data angka. Tujuannya adalah untuk memberikan gambaran “nyata”, sehingga audiens lebih mudah memahami bahkan mungkin mengingat informasi yang sedang disampaikan dalam presentasi. Oleh karena itu, cari dan sertakanlah gambar yang relevan dan mendukung informasi dalam sebuah slide.

Misalnya, ketika ingin membandingkan luas dua negara, kita bisa menyajikannya dengan peta kedua negara yang ukurannya dibuat berbeda sesuai dengan skala ukuran sebenarnya. Atau ketika akan menjelaskan mengenai data tentang kerusakan lingkungan, kita bisa menyertakan gambar lingkungan yang rusak bersama data tersebut.

  1. Buat Perbandingan yang Mudah Dipahami

Salah satu cara untuk berhasil memberikan pemahaman pada audiens ketika membandingkan dua atau lebih data adalah dengan mengaktifkan imajinasi audiens. Untuk mengaktifkan imajiasi audiens, kita perlu memberikan penjelasan yang mudah dipahami, dibantu dengan visual yang relevan dan menarik. Misalnya ketika ingin membandingkan luas dua daerah, kita bisa memberikan perbandingan dengan menggunakan analogi. Contohnya, luas daerah A itu sebesar lapangan bola dan luas daerah B adalah 10 kali lapangan bola. Atau ketika ingin membandingkan jumlah penduduk, kita bisa menggunakan analogi ayam dalam sebuah kandang.

  1. Susun dengan Urutan yang Mudah dan Cepat Dipahami

Salah satu kunci keberhasilan penyampaian pesan ketika mempresentasi data (berupa angka serta grafik) adalah kemudahan data tersebut untuk dipahami baik secara visual maupun verbal. Agar data mudah dipahami, sesuaikan susunan visual dengan penjelasan (secara verbal) yang akan dilakukan. Misalnya ketika akan menjelaskan mengenai sebuah peringkat, susunlah data tersebut secara ascending (urut dari atas atau terbesar ke bawah atau terkecil) atau descending (urut dari bawah atau terkecil ke atas atau terbesar). Dengan melakukan hal ini, data akan lebih mudah dan lebih cepat dipahami oleh audiens.

  1. Buatlah dengan Sederhana

Menyajikan data secara menarik memang penting, namun yang lebih penting lagi adalah menyajikan data yang mudah dipahami. Kebanyakan orang membuat data dengan banyak ornamen (yang mungkin tidak penting), sehingga justru membuat data tersebut menjadi sulit dipahami, sehingga tujuan informatif suatu presentasi menjadi tidak terpenuhi.

Solusinya adalah dengan menyajikan data secara sederhana, dengan visual yang clean. Eliminasi hiasan-hiasan atau efek yang mungkin menjadi pengganggu dalam penyajian data, seperti penggunaan shadow, shape effect yang norak, atau ornamen-ornamen lain yang kurang penting.

 


 

Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 085742499660 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *