7 Aturan ini Harus Kamu Patuhi Ketika akan Menggunakan Gambar dalam Presentasi

Jasa Presentasi – Gambar merupakan salah satu unsur visual yang dapat menambah ketertarikan tampilan presentasi. Gambar juga bisa membantu audiens untuk lebih mudah mengingat pesan yang disampaikan dalam presentasi. Meski begitu, menyertakan gambar dalam presentasi tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Terdapat beberapa aturan yang perlu dipatuhi ketika akan menyertakan gambar dalam slide presentasi. Aturan-aturan tersebut antara lain sebagai berikut.

 

1. Gunakan Gambar yang Sesuai dengan Konten

Meditation Slide with Meditation Images

Aturan pertama yang harus dipatuhi adalah gambar yang digunakan harus sesuai dengan konten. Jika konten yang dijelaskan tentang bisnis, tidak lucu jika gambar yang ditampilkan adalah gambar-gambar pemandangan. Begitu juga ketika konten yang dijelaskan tentang science, carilah gambar-gambar yang berkaitan dengan science. Gunakan kata kunci yang berkaitan dengan konten, misalnya jika kontennya bisnis, gunakan kata kunci bisnis, karyawan, kantor, dan rapat untuk mencari gambarnya.

 

2. Hindari Gambar Ber-watermark

Watermarked Image

Google, adalah salah satu tujuan utama ketika kita akan mencari gambar. Google menampilkan banyak hasil dengan kualitas yang beragam. Salah satu hasil yang bisa muncul di google adalah gambar dari microstock yang masih ada label atau watermark-nya. Gambar-gambar ini biasanya memiliki kualitas HD dan mungkin sesuai juga dengan gambar yang sedang kita cari. Sehingga kita terjebak untuk tetap memakainya. Padahal jika dilihat dari segi desain dan tampilan, gambar dengan watermark ini justru membuat tampilan tidak menarik sama sekali dan akan mengganggu fokus audiens.

 

3. Carilah Gambar Berkualitas Tinggi

unsplash.com

Google memang menyediakan banyak sekali gambar, namun kualitasnya tidak terjamin. Banyak sekali gambar beresolusi rendah yang akan muncul dalam pencarian di google. Solusinya adalah dengan memanfaatkan situs-situs penyedia gambar berkualitas tinggi dan GRATIS. Kita bisa mengunduh gambar gratis tersebut di pexels.com, unsplash.com, freepik.com, dan lain-lain.

 

4. Usahakan untuk Menyesuaikan Gambar dengan Tema Warna

Moodboard

Salah satu hal yang membuat tampilan sebuah presentasi menarik adalah konsistensi. Baik konsisten dalam penggunaan font, ukuran teks, warna, dan juga gambar. Usahakan untuk mencari gambar yang memiliki skema warna yang sepadan. Jika dasarnya putih dan hitam, carilah gambar yang memiliki dasar putih dan hitam. Atau jika tidak memungkinkan untuk mencari gambar dengan warna senada, manfaatkan fitur yang edit gambar pada aplikasi desain presentasi (seperti PowerPoint) untuk menyamakan warnanya.

 

5. Percantik Gambar dengan Mengeditnya

Edited Image

Salah satu kelebihan aplikasi presentasi terutama PowerPoint adalah edit gambar. Kita bisa memotong, mengatur kecerahan, blur, juga bisa mengubah warna. Untuk menambah ketertarikan dan keunikan gambar, kita bisa memanfaatkan salah satu fitur edit gambar tersebut, misalnya dengan mengubah warnanya.

 

6. Jangan Ditarik, Tetapi Dipotong

Stretched and Cropped Image Example

Terkadang, ukuran gambar yang kita miliki tidak sesuai dengan ukuran yang kita inginkan. Banyak di antara kita yang menyesuaikannya dengan menarik gambar, sehingga proporsinya menjadi tidak sesuai dan gambar menjadi gepeng. Sebagai gantinya, ketika ingin menyesuaikan ukuran gambar, gunakanlah fitur crop untuk memotong gambar sesuai dengan ukuran yang kita inginkan.

 

7. Atur Posisi Gambar dengan Baik

Image Layouting Slide

Gambar memang akan menambah ketertarikan visual sebuah presentasi, namun bukan berarti kita bisa sembarangan dalam menempatkan gambar dalam slide. Usahakanlah untuk menempatkan gambar pada posisi yang akan membuat slide menjadi lebih menarik. Jika mengalami kesulitan dalam memposisikan gambar, carilah referensi layout presentasi di internet. Variasikan juga gambar-gambar tersebut dengan membuatnya ke dalam berbagai bentuk, misalnya menjadi bulat, segitiga, belah ketupat, dan lain-lain.

 

Gambar merupakan salah satu unsur visual yang akan membuat slide semakin menarik dan mudah untuk dipahami. Pastikan untuk selalu menggunakan gambar yang mendukung konten. Ikuti aturan-aturan di atas ketika akan menyertakan gambar dalam presentasi.

 


 

Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 082235330001 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *