7 Cara Efektif untuk Memaksimalkan Konten Presentasi dengan Gambar

7 Cara Efektif untuk Memaksimalkan Konten Presentasi dengan Gambar

Jasa Presentasi – Terdapat sebuah kalimat yang menyatakan bahwa “sebuah gambar berkata lebih keras dibandingkan ribuan kata”. Dan kalimat tersebut memang benar. Artinya, sebuah gambar memiliki arti yang lebih dalam dibandingkan teks. Misalnya ketika kamu ingin menyatakan sebuah tangisan pilu, gambar akan lebih kuat dalam menjelaskan dibandingkan teks.

Seperti yang sudah diungkapkan sebelumnya bahwa otak manusia lebih peka dan lebih cepat memproses informasi jika disajikan dalam bentuk visual. Dan kebanyakan informasi yang tersimpan di pikiran kita berbentuk visual.

Salah satu bidang yang memanfaatkan kelebihan visual adalah presentasi. Presentasi yang menarik adalah presentasi yang tidak terlalu banyak menyertakan teks. Bagaimana mengurangi teks dalam sebuah presentasi? Salah satu caranya adalah menggunakan gambar.

Berikut beberapa cara meminimalkan teks dan memaksimalkan konten presentasi menggunakan gambar.

  1. Stok foto

Gambar yang berkaitan dengan topik merupakan cara termudah untuk memaksimalkan konten presentasi. Kamu dapat memanfaatkan foto untuk menampilkan emosi yang tepat dan menekankan poin atau pesan yang ingin disampaikan dalam presentasi. Terdapat banyak sekali situs (selain google) penyedia foto gratis dengan kualitas tinggi. Kamu dapat memanfaatkan situs-situs tersebut untuk mendapatkan gambar yang akan disertakan dalam presentasimu.

  1. Screenshot

Jika kamu ingin menjelaskan cara step-by-step dalam presentasi, dibandingkan harus kesulitan menjelaskan dengan teks, yang belum tentu dipahami oleh audiensmu, akan lebih baik jika kamu menggunakan screenshot. Selain mempermudah penjelasan, hal ini juga lebih efektif untuk menunjukkan pesan yang ingin disampaikan dan lebih cepat serta to the point.

  1. Grafik, diagram, dan chart

Ketika kamu akan menjelaskan data kuatitatif dalam presentasi, grafik, diagram, dan chart merupakan alat yang tepat untuk digunakan. Hal ini tidak hanya akan mudah diingat dan dipahami oleh audiens, tetapi juga akan memudahkanmu dalam menjelaskan data-data tersebut.

  1. Foto pribadi

Foto pribadi tidak hanya digunakan untuk sosial media, tetapi juga dapat disertakan dalam presentasi. Namun penggunaannya perlu diperhatikan, misalnya dengan memilih foto yang sesuai dengan topik dan konten.

  1. Infografik

Seperti grafik, chart, dan diagram, infografik juga dapat memudahkanmu dalam menjelaskan konten berupa data kuantitatif serta memudahkan audiens untuk memahaminya. Tidak hanya data berupa angka saja yang dapat dijelaskan menggunakan infografik, konten berupa cara step-by-step, timeline, dan lainnya juga dapat dijelaskan melalui infografik.

  1. Animasi

Humor merupakan salah satu cara yang paling kuat untuk menarik perhatian audiens, selama tidak menyinggung dan dilakukan dengan cara yang baik. Menggunakan kartun atau animasi sederhana merupakan salah satu cara untuk menyertakan humor dalam presentasi.

  1. Ikon

Ikon, selain membuat visual presentasi menjadi lebih profesional, juga dapat menggantikan teks dan gambar. Kamu dapat menggunakan ikon dengan membuatnya sendiri, membelinya, atau mengunduhnya secara gratis. Jika kamu tidak memiliki keahlian untuk membuatnya sendiri atau tidak memiliki banyak waktu untuk membuatnya, kamu dapat memanfaatkan situs-situs penyedia ikon gratis di internet dengan kualitas tinggi.

 

Sumber: https://24slides.com/blog/7-effective-ways-maximize-content-using-pictures/

 


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 082235330001 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *