7 Tren Desain Presentasi yang Harus Kamu Tahu

7 Tren Desain Presentasi yang Harus Kamu Tahu

Jasa Presentasi – Seperti halnya fashion, desain juga mengalami perubahan tren dari waktu ke waktu. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor, seperti semakin berkembangnya zaman, pikiran manusia yang semakin maju, serta teknologi yang semakin canggih. Perubahan tren ini perlu diikuti agar kamu tidak ketinggalan zaman, sehingga desain presentasi up to date dan menarik. Apa saja tren presentasi yang sedang berkembang saat ini?

  1. Flat design

Salah satu tren desain presentasi yang sedang terkenal saat ini adalah flat design. Flat design memiliki tampilan yang sederhana namun menarik, sehingga lebih mudah dalam membuat dan menerapkannya. Tren ini mulai popular ketika Apple meluncurkan software iOS7 dan diprediksi akan berlangsung cukup lama.

  1. Font yang menarik

Dahulu, orang hanya menggunakan apa yang sudah ada di PowerPoint, seperti font, template, gambar, ikon, dan lain-lain. Namun saat ini, banyak sekali situs di internet yang menyediakan font, gambar berkualitas tinggi, ikon, dan lainnya yang dapat diunduh secara gratis. Untuk membuat presentasi yang menarik dan mudah dipahami, kamu perlu keluar dari zona nyaman dan mencoba mencari inspirasi di luar apa yang sudah tersedia di PowerPoint.

  1. Menggunakan video untuk menjelaskan

Mengapa harus menjelaskan menggunakan ratusan kata ketika kamu dapat menjelaskannya dengan gambar? Mengapa harus menuliskan banyak teks jika kamu dapat menggunakan video untuk menjelaskan? Pertanyaan ini muncul di era digital dan visual saat ini, di mana manusia lebih peka terhadap gambar dan video, dibandingkan teks yang panjang. Teks memang penting, namun tidak akan menarik jika berdiri sendiri tanpa adanya pendukung berupa visual lainnya seperti gambar atau video (kecuali teks novel atau cerita).

  1. Non-Linear Presentations

Saat ini masyarakat tidak hanya menggunakan PowerPoint untuk membuat presentasi, karena di luar sana terdapat banyak aplikasi atau software lain yang membuat visual presentasi menarik. Contohnya Prezi. Beberapa tahun belakangan, Prezi sangat terkenal karena keunikan transisinya. Kamu dapat berpindah dari poin yang satu ke poin selanjutnya dengan transisi sesuai keinginan. Dan hal ini tidak hanya disukai oleh sedikit orang tetapi oleh banyak orang saat ini, sehingga presentasi model ini menjadi tren.

  1. Skema warna yang simple

Warna merupakan salah satu elemen yang tidak dapat ditinggalkan ketika sedang berbicara mengenai desain. Banyak orang yang berfikir bahwa semakin banyak warna maka akan menambah ketertarikan sebuah visual. Hal ini tidak sepenuhnya salah jika warna yang digunakan memiliki pola yang saling terhubung dan tidak saling bertabrakan. Agar presentasimu tidak terlihat norak, kamu perlu menggunakan skema warna yang sederhana. Jika perlu, gunakan warna yang menggambarkan atau merepresentasikan sebuah brand/merek serta dapat menghidupkan suasana slide presentasi.

  1. Konten yang sederhana

Rentang perhatian manusia semakin hari semakin pendek. Mereka hanya dapat fokus dalam waktu yang singkat, sehingga konten dengan teks panjang tidak lagi efektif untuk digunakan. Inilah yang membuat sebuah pesan yang dipresentasikan dengan teks yang panjang lebar tidak dapat diterima oleh audiens. Agar hal ini tidak terjadi pada presentasimu, kamu perlu mengikuti tren ini, yaitu dengan menyertakan sedikit teks pada slide presentasi. Sebagai gantinya, kamu dapat memanfaatkan alat visual lainnya, seperti gambar, ikon, maupun video.

  1. Penggunaan gambar yang kreatif

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa manusia lebih mudah tertarik dan lebih mudah paham jika konten dibalut dengan visual. Visual dapat berupa gambar/foto, video, GIF, dan lain-lain. Inilah mengapa saat ini sosial media yang paling terkenal adalah sosial media yang berbasis gambar. Presentasi saat ini lebih banyak menyertakan gambar yang digunakan sebagai pendukung atau visualisasi konten dan penjelasan lisan. Menggunakan gambar untuk menjelaskan presentasi dinilai lebih mudah dipahami dan diingat ketimbang menyampaikan presentasi dengan bantuan teks. Namun perlu diingat bahwa gambar yang disertakan harus sesuai, tepat, dan berkualitas tinggi.

 

Sumber : http://presentationpanda.com/uncategorized/7-presentation-design-trends-you-need-to-know-about/


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 085742499660 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

1 reply

Trackbacks & Pingbacks

  1. […] Presentasi – Seperti yang telah dijelaskan pada artikel 7 tren desain presentasi bahwa salah satu tren desain presentasi saat ini adalah presentasi non-linear. Apa itu presentasi […]

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *