7 Trik “Sulap” dalam PowerPoint (Part 1)

Jasa Presentasi – Berkaitan dengan PowerPoint, terdapat banyak sekali opsi, tools, dan shortcuts yang kurang dipedulikan oleh banyak orang. Padahal ketika mereka tahu opsi, tools, atau shortcuts tersebut, mendesain presentasi di PowerPoint akan jauh lebih mudah dan cepat.

Apa saja trik-trik tersebut? Berikut beberapa di antaranya.

 

Menavigasi Slide like a Pro

Pernahkah teman-teman Jasa Presentasi, ketika sedang melakukan presentasi, tanpa sengaja memencet salah satu tombol keyboard yang membuat tampilan presentasi berpindah ke slide yang salah? Apa yang akan teman-teman lakukan jika hal tersebut terjadi?

Biasanya, kebanyakan orang akan keluar dari mode presentasi (presentation show) untuk mencari slide yang benar. Hal ini tentu akan mendistrak perhatian dan konsentrasi audiens dari presentasi.

Menghindari hal tersebut, gunakanlah tombol keyboard panah kanan untuk berpindah ke slide selanjutnya, dan gunakan tombol keyboard panah kiri untuk berpindah ke slide sebelumnya. Kemudian ketika ingin berpindah ke halaman slide tertentu, cukup tekan nomor halaman slide, lalu tekan enter.

Selain itu, adakalanya kita menggunakan mouse ketika melakukan presentasi, bahkan bagi beberapa orang, mouse merupakan tools yang wajib ada ketika menggunakan PC atau laptop. Ketika teman-teman menggunakan mouse saat presentasi, cukup klik kiri mouse untuk berpindah ke slide selanjutnya. Cara ini akan lebih efektif lagi jika teman-teman menggunakan mouse wireless atau bisa juga menggunakan pointer mouse. Sehingga penyampaian presentasi tidak harus dilakukan dekat dengan perangkat laptop atau PC yang digunakan.

 

Membuka Hyperlink tanpa Mouse

Kebanyakan orang akan menggunakan mouse ketika akan membuka hyperlink pada presentasi. Cara ini tidaklah salah, namun ada cara lain yang bisa digunakan tanpa perlu menggeser mouse ataupun mouse pad, yakni dengan menekan tombol tab kemudian tekan enter. Cring! Hyperlink terbuka tanpa kita perlu memindahkan mouse maupun mouse pad.

 

Membuat Hyperlink Transparan

Apa yang akan teman-teman Jasa Presentasi lakukan ketika sedang berada di slide tertentu, kemudian ingin menampilkan sesuatu di luar presentasi? Di website misalnya. Apakah teman-teman me-minimize tampilan presentasi kemudian membuka browser secara manual? Atau ketika teman-teman ingin menampilkan slide tertentu. Apakah teman-teman keluar dari mode presentasi, kemudian mencari slide yang dimaksud secara manual?

Cara tersebut memang tidak salah, tapi kita telah mendistraksi perhatian audiens. Lalu bagaimana mangatasinya? Ada cara yang lebih efektif dan efisien, yaitu dengan hyperlink.

Ada dua cara untuk menempatkan hyperlink dalam presentasi. Pertama, menyertakannya secara utuh dalam slide, dan yang kedua, dengan menautkannya ke dalam shape, sehingga ketika menekan shape tersebut, kita akan diarahkan ke link yang sudah ditautkan tersebut secara otomatis.

Kita bisa mengembangkan cara yang kedua untuk membuat presentasi menjadi lebih keren, yaitu dengan membuat shape menjadi transparan (no fill dan no outline). Sehingga seperti pertunjukan sulap, ketika kita menekan area di mana shape transparan itu berada, kita akan diarahkan ke link yang sudah ditautkan secara otomatis.

 

Itu tadi beberapa trik “sulap” yang bisa dilakukan di PowerPoint, yang pasti akan memudahkan dan mempercepat pekerjaan teman-teman ketika mendesain presentasi di PowerPoint.

 

Sumber: presentationpanda.com

Presentation Template by rrgraphdesign

 


 

Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 082235330001 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *