7 Trik “Sulap” dalam PowerPoint (Part 3)

Jasa Presentasi – Fitur copy dan paste dalam dunia teknologi sangat membantu penggunanya untuk bekerja lebih cepat dan efisien. Hanya dengan beberapa kali klik, kita bisa menyalin teks, gambar, video, dan konten lainnya dengan mudah. Tidak terkecuali dalam presentasi

Jika selama ini Anda menggunakan copy dan paste hanya untuk menyalin teks, gambar, dan video, maka Anda perlu tahu fitur copy-paste lain yang akan sangat membantu dalam mendesain presentasi.

 

Menyalin Format

Konsistensi merupakan hal penting yang harus diperhatikan ketika kita ingin membuat presentasi yang menarik dan profesional. Konsistensi dapat dilihat dari format setiap slide, misalnya, memiliki warna, font, dan ukuran font yang sama. Biasanya kita melakukan secara manual untuk membuat slide yang konsisten. Hal ini tentu membutuhkan lebih banyak waktu dan effort, terlebih ketika presentasi yang kita desain memiliki banyak slide.

Lalu bagaimana solusinya?

Solusinya adalah dengan memanfaatkan menu Format Painter. Format Painter adalah salah satu fitur dalam Microsoft yang dapat membantu kita untuk menyalin format (font, warna, ukuran teks, bold, italic, underline teks, dan format lainnya). Bagaimana cara kerjanya?

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk menduplikasi format. Pertama, menggunakan Format Painter tool yang ada di bagian paling kiri menu Home. Cara adalah dengan memilih objek yang akan dicopy formatnya, klik Format Painter, kemudian klik objek lain yang ingin disamakan formatnya.

Cara kedua adalah dengan menggunakan tombol CTRL+SHIFT+C untuk meng-copy format dan CTRL+SHIFT+V untuk paste format ke objek yang diinginkan. Cara melakukan duplikat dengan tombol-tombol tersebut adalah.

  • Pilih objek yang hendak dicopy formatnya
  • Tekan tombol CTRL+SHIFT+C pada objek tersebut
  • Pilih objek lain yang formatnya akan disamakan
  • Tekan tombol CTRL+SHIFT+V pada objek tersebut

Meski fungsinya sama, terdapat perbedaan antara menyalin format dengan tombol Format Painter dan shortcut keyboard. Menyalin format menggunakan Format Painter hanya bisa dilakukan satu kali jika kita mengklik satu kali pada Format Painter. Agar Format Painter tetap aktif dan dapat digunakan lebih dari satu kali, lakukan double click pada Format Painter. Sedangkan menyalin format menggunakan shortcut keyboard bisa dilakukan untuk lebih dari satu objek dengan hanya melakukan copy format (CTRL+SHIFT+C) satu kali.

 

 

Menduplikat Animasi PowerPoint

Pernahkah Anda menyaksikan sebuah presentasi yang kontennya muncul dari sana, muncul dari sini, timbul, tenggelam, terbang, berputar, berombak, dan terkesan menggunakan semua efek animasi dalam PowerPoint?

Sebenarnya tidak terlalu menjadi masalah jika hal tersebut dilakukan, tapi tentu membutuhkan waktu yang lama. Selain itu, presentasi juga menjadi tidak konsisten. Presentasi yang profesional biasanya hanya menggunakan 2-4 animasi, bahkan ada yang hanya menggunakan satu animasi saja, karena satu animasi bisa diatur menjadi beberapa variasi.

Mirip dengan menyalin format, alih-alih melakukan secara manual, kita bisa menggunakan tool Animation Painter.

Terdapat dua cara untuk mengaktifkan fungsi Animation Painter. Pertama dengan tombol Animation Painter di menu Animations, dan kedua dengan menekan tombol ALT+SHIFT+C di keyboard.

Cara yang pertama dapat dilakukan dengan memilih objek yang akan dicopy animasinya, lalu tekan Animation Painter yang ada di menu Animations, setelah itu, pilih objek yang animasinya akan disamakan. Cara ini hanya dapat dilakukan untuk satu kali duplikasi. Jika Anda ingin memberikan animasi yang sama untuk beberapa objek, double click pada Animation Painter.

Cara yang kedua adalah dengan menekan tombol ALT+SHIFT+C di keyboard untuk mengaktifkan fungsi Animation Painter. Setelah aktif, Anda bisa langsung menyalin animasi untuk beberapa objek tanpa perlu mengaktifkan Animation Painter lagi.

 

 

Note: Kedua trik di atas dapat dilakukan antar slide. Kita bisa copy format dari slide 1 ke slide 2, dari slide 2 ke slide 5, dan seterusnya.

 

Untuk tahu trik-trik sebelumnya, bisa dilihat di sini

 

Setelah tahu trik-trik di atas, pastikan Anda menerapkannya. Selain mudah, pekerjaan juga akan lebih cepat selesai. Dan jika punya trik keren lainnya, let us know! Silahkan share di kolom komentar.

 

Sumber: presentationpanda.com

Presentation Template by rrgraphdesign

 


 

Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 082235330001 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *