8 Hal Yang Dilakukan Presenter Hebat dalam Presentasi

8 Hal Yang Dilakukan Presenter Hebat dalam Presentasi

8 Hal Yang Dilakukan Presenter Hebat dalam Presentasi

8 Hal Yang Dilakukan Presenter Hebat dalam Presentasi

Jasa Presentasi – Presenter yang keren adalah presenter yang melakukan hal-hal berikut ini :

  1. Datang lebih awal

Datang lebih awal ke tempat presentasi bertujuan untuk mengenal ruang presentasi dan menyiapkan serta mengatur alat-alat (tools) yang akan digunakan dalam presentasi, seperti LCD, mic dan laptop atau komputer agar lebih tertata dan siap digunakan saat presentasi dimulai.

  1. Membuka presentasi dengan mengesankan

Kesan pertama sangatlah penting, begitu juga dalam menyampaikan presentasi. Jalannya presentasi berikutnya ditentukan oleh kesan pertama yang ditunjukkan. Oleh karena itu, bukalah presentasi dengan mengesankan misalnya dengan pertanyaan yang menjadi inti presentasi, cerita inspiratif, data/fakta yang mengejutkan, quote dari tokoh-tokoh terkenal, atau humor yang cerdas.

  1. Hafal alur presentasi

Menyiapkan bahan presentasi merupakan hal terpenting yang harus dilakukan sebelum presentasi. Usahakan menyiapkan bahan presentasi tanpa terburu-buru, maksimal 1 hari sebelum presentasi dilaksanakan. Bahan presentasi yang disiapkan secara matang akan menambah kepercayaan diri presenter dalam menyampaikan materi karena alur presentasinya jelas. Namun jika menyiapkan secara terburu-buru akan membuat presenter tidak menguasai materi

  1. Manfaatkan Media Presentasi secara Optimal

Gunakan slide pointer atau laser pointer, kertas, flipchart, atau media lainnya yang dapat mendemontrasikan paparan secara lebih baik.

  1. Kenal dengan Audiens

Mengenal audiens dapat membantu untuk mengatur bahasa dan cara penyampaian presentasi. Sesuaikan bahasa dan cara penyampaian dengan audiens yang menjadi target presentasi. Misalnya, jika audiens adalah mahasiswa yang mayoritas berusia 20an, gunakan bahasa yang tidak terlalu formal dan bawakan presentasi dengan tren yang sedang mereka sukai. Namun jika presentasi dibawakan dalam urusan bisnis yang serius, presenter tidak disarankan untuk menyertakan banyak humor.

  1. Berinteraksi dengan Audiens

Meja, kursi, mimbar, atau podium yang digunakan dalam presentasi merupakan “barrier” antara presenter dengan audiens. Jika presentasi yang disampaikan ingin berdampak dan diingat, menjauhlah dari barrier tersebut dan berinteraksilah dengan audiens melalui gerak tangan, kaki, dan ekspresi wajah.

  1. Gunakan waktu secara efisien

Menyampaikan presentasi harus dilakukan secara efisien, karena presentasi yang telalu panjang akan membuat audiens jenuh, apalagi jika materi presentasi belum selesai disampaikan. Perhitungkan waktu presentasi dengan menyeimbangkan jumlah slide dan materi yang akan disampaikan.

  1. Penutupan yang Amazing

Seringkali presenter hanya melakukan closing dengan kata “terima kasih atas perhatiannya”. Tidak salah memang, namun akan lebih baik jika closing presentasi dilakukan dengan kalimat yang berkesan. Misalnya dengan memberikan kata-kata mutiara atau kalimat penyemangat agar audiens tetap menjaga konsistensi setelah presentasi berakhir.

 


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 082235330001 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *