9 Tips Mengatur Tipografi untuk Presentasi yang Menarik

9 Tips Mengatur Tipografi untuk Presentasi yang Menarik

9 Tips Mengatur Tipografi untuk Presentasi yang Menarik

9 Tips Mengatur Tipografi untuk Presentasi yang Menarik

Jasa Presentasi – Tipografi merupakan unsur yang tidak dapat dipisahkan dari desain presentasi. Tipografi dapat mengubah tampilan dan feel presentasi. Oleh karena itu, tipografi merupakan unsur penting dalam membuat presentasi yang menarik. Bagaimana cara mengatur tipografi untuk membuat presentasi lebih menarik? Berikut disajikan beberapa tipsnya.

  1. Pilih font yang mudah dibaca

Font dapat mengatur suasana presentasi. Gunakan font yang jelas dan mudah dibaca. Tempatkan juga teks pada posisi yang tepat dan mudah dibaca.

  1. Kombinasikan beberapa font

Gunakan beberapa font agar tampilan slide tidak monoton dan presentasi menjadi lebih menarik. Namun pertimbangkan juga tips nomor 1. Kombinasikan jenis font serif dan sans-serif. Hindari menggunakan terlalu banyak jenis font karena akan membuat tampilan kurang menarik dan berantakan. Gunakan font yang berbeda untuk teks yang menjadi kata kunci sebuah slide.

  1. Tambahkan kontras dengan ketebalan

Jika terdapat suatu teks yang ingin ditekankan dalam sebuah slide, bedakanlah tipografinya dengan menebalkannya. Hal ini berguna untuk menarik perhatian audiens.

  1. Tambahkan kontras dengan ukuran teks

Seperti poin nomor 3, ketika terdapat teks yang ingin ditekankan atau terdapat beberapa teks yang saling bersaing, misalnya judul dan subjudul, ubahlah salah satu ukuran teks untuk menunjukkan teks mana yang lebih penting.

  1. Gunakan warna untuk menekankan kata kunci

Menambahkan warna pada teks merupakan salah satu cara yang efektif untuk memberi tekanan pada kata kunci. Gunakan warna yang lebih menonjol dari teks lainnya. Hindari menggunakan terlalu banyak warna karena akan menganggu dan menghilangkan fokus audiens pada kata kunci yang ingin ditekankan.

  1. Atur Spasi

Mengatur spasi antar teks bertujuan untuk membuatnya agar lebih mudah diikuti. Hal ini akan mempermudah audiens dalam memisahkan satu inti dengan inti lainnya. Selain itu, spasi juga dapat mengatur suasana sebuah slide.

  1. Tambahkan teks pada gambar

Menyertakan teks pada gambar akan membuat tampilan menjadi lebih menarik. Sebuah gambar dapat mendukung teks dan penjelasan sehingga lebih mudah diingat dan dipahami.

  1. Gunakan simbol

Berikan simbol yang mendukung konten. Misalnya jika ingin menampilkan bullet list dalam sebuah slide, gunakan simbol atau gambar untuk menggantikan bullet kustom, sehingga slide menjadi lebih menarik.

  1. Berikan ruang agar slide dapat bernapas

Salah satu hal yang membuat slide menarik adalah kerapian. Atur jarak antara teks atau gambar dengan border. Berikan juga beberapa ruang kosong sehingga slide tidak terlihat penuh, karena slide yang terlalu penuh akan membuat audiens bosan dan tidak mudah untuk dipahami.

 


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 082235330001 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *