Apakah Presentasiku Buruk? – Beberapa Hal Yang Menandakan Bahwa Presentasimu Harus Diperbaiki

Apakah Presentasiku Buruk? – Beberapa Hal Yang Menandakan Bahwa Presentasimu Harus Diperbaiki

Jasa Presentasi – Tidak semua orang dapat membuat slide presentasi dengan baik dan menarik. Namun hamper semua orang berkeinginan memiliki slide presentasi yang baik dan menarik. Karena slide yang menarik dapat membuat audiensmu mengalihkan perhatiannya pada presentasimu.

Jika kamu telah membuat slide presentasimu sendiri dan kamu tidak tahu apakah slide tersebut sudah layak untuk menarik perhatian audiens, bacalah beberapa hal berikut ini sehingga kamu dapat memperbaikinya sebelum disajikan di depan audiens.

  1. Jumlah slidemu hingga 100 lebih

Jika kamu memiliki jumlah slide presentasi lebih dari 100, bersiaplah untuk kecewa karena audiens yang tidak fokus, bosan serta pesan yang disampaikan tidak dapat diterima dan diingat oleh audiens. Hal ini dikarenakan otak manusia yang hanya dapat mengingat 3-5 hal yang disampaikan sekaligus serta rentang perhatian manusia memiliki batas. Agar hal ini tidak terjadi padamu, segeralah pangkas jumlah slide presentasi, hapus konten-konten yang kurang penting.

  1. Slidemu berisi terlalu banyak teks

Tujuan adanya slide presentasi adalah sebagai pendukung penjelasan. Agar audiens fokus pada apa yang kamu sampaikan, kamu perlu membuat slide dengan visual yang menarik namun tidak mengganggu. Jika kamu membuat slide presentasi dengan menyertakan terlalu banyak teks, kemungkinan akan mengalihkan fokus audiens dari penyajianmu. Hal ini dikarenakan visual lebih menarik perhatian manusia dibandingkan suara. Oleh karena itu, kamu harus memangkas teks-teks yang kurang penting dan tambahkan pendukung visual yang tidak distracting.

  1. Kamu menyertakan musik dalam slide presentasi

Kamu boleh saja menyertakan musik dalam slide presentasi, namun perlu diperhatikan volumenya. Pastikan volume musik tidak distracting atau tidak lebih besar dari suaramu. Pemilihan musik yang akan disertakan juga perlu diperhatikan. Gunakanlah musik instrumental (tanpa lirik lagu) dengan pengaturan volume yang rendah, sehingga tidak mengganggu fokusmu dan fokus audiens. Namun jika kamu termasuk orang yang memerlukan fokus yang tinggi, sebaiknya tidak usah menyertakan musik background dari pada presentasimu terganggu.

  1. Transisi dan animasi yang berlebihan dan tidak konsisten

Transisi memang merupakan salah satu elemen yang dapat menambah ketertarikan visual slide presentasi. Namun, jika penerapannya terlalu berlebihan dan tidak konsisten, justru akan membuat slide terlihat canggung dan aneh. Agar presentasimu tidak dinilai “kampungan”, terapkanlah transisi dan animasi secara sederhana.

  1. Gambar yang kamu gunakan memiliki resolusi rendah

Menyertakan gambar yang tepat dan sesuai konten, merupakan salah satu kesuksesan visual presentasi. Namun perlu dipastikan bahwa gambar atau visual lainnya (video, ikon, dll) memiliki kualitas atau resolusi yang tinggi, sehingga tidak pecah ketika disertakan dalam presentasi. Kamu dapat memanfaatkan situs-situs penyedia gambar atau foto secara gratis atau berbayar, sehingga kualitas presentasimu pun meningkat.

  1. Menggunakan template yang sudah kuno

Tidak ada alasan menggunakan template kuno di era yang serba canggih saat ini. Jika kamu tidak memiliki bakat dalam bidang desain, kamu dapat mengikuti tutorial di youtube dan jika kamu tidak memiliki banyak waktu untuk mendesain presetasimu sendiri, kamu dapat menyewa desainer yang akan mengubah presentasi “kuno” mu menjadi menarik dan modern.

  1. Menggunakan presentasi lama tanpa mengubahnya

Bukannya tidak boleh jika kamu ingin menggunakan presentasimu yang lama karena memiliki tema yang sama. Namun bukan berarti kamu dapat langsung memakainya untuk presentasi. Kamu perlu mengedit, mengubah beberapa bagian yang mungkin saat ini sudah diperbarui, baik konten maupun desainnya. Pastikan konten sudah up to date (sesuai dengan keadaan saat ini) dan desain presentasinya tidak ketinggalan zaman.

 

Sumber : here


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 082235330001 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *