Bagaimana Juara Dunia Public Spekaing Mempersiapkan Presentasi ?

Bagaimana Juara Dunia Public Speaking Mempersiapkan Presentasi?

Jasa Presentasi – Dananjaya Hettiarachchi, seorang juara dunia kontes public speaking Toastmaster International memiliki beberapa tips yang dibagikan kepada pembaca melalui video berikut ini.

Sebelum melakukan presentasi, bahkan sebelum membuat PowerPoint, ada tiga pertanyaan penting yang harus kita jawab :

  1. Apa Pesannya ?

Pesan merupakan elemen penting dalam berkomunikasi, tak terkecuali dalam presentasi. Oleh karena itu, dalam mempersiapkan sebuah presentasi, coba tanyakan ke diri sendiri apa pesan yang ingin disampaikan, teknik tersebut bisa dilatih dengan menuliskan pesan tersebut dalam 10 kata.

  1. Apa Judulnya ?

Membuat judul presentasi tidak kalah penting dengan menciptakan pesan. Oleh karenanya, Dananjaya memberikan trik jitu membuat judul yang menarik dan akan diingat. Begini, apabila kita membuat judul tentang apa yang akan kita bicarakan pada saat presentasi, kita memiliki kesempatan kehilangan perhatian lebih besar dari audiens. Berbeda ketika kita membuat judul yang menjadikan audiens penasaran, maka saat itu pula perhatian audiens akan tertuju pada presentasi kita.

  1. Bagaimana kita akan mendapatkan perhatian audiens ?

Perhatian audiens didapatkan pada 45 menit pertama, apabila kita dapat mengambil perhatian mereka dengan cara yang ‘tidak biasa’ pada 45 menit pertama, maka kita akan mendapatkan perhatian sepanjang presentasi kita. Dengan catatan, kita memperhatian dengan baik performa kita selama presentasi.

  1. Apa lima poin inti presentasimu ?

Lima poin inti ini merupakan penjabaran dari inti pesan presentasi kita. Menurut Dananjaya, optimalnya adalah 3 poin. Misal kita ingin memperesentasikan tentang bagaimana olah visual memberikan dampak yang dahsyat terhadap presentasi kita. Poin-poin yang akan kita bahas diantaranya :

  • Dampak visual terhadap presentasi
  • Cara mengkombinasikan visual dalam presentasi
  • Menyampaikan visual yang efektif
  1. Bagaimana kita mengakhiri presentasi ?

Ada beberapa cara mengakhiri presentasi. Cara yang baik menurut Dananjaya adalah menutupnya dengan prinsip “RECENCY” atau kebaruan, yaitu audiens akan mengingat pertama kali dalam sebuah presentasi apa yang mereka dengar terakhir.

Baca juga : Tips Menggunakan Bahasa Tubuh dari Pembicara Hebat

 


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 082235330001 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *