6 Tips Mengubah Ketakutan Menjadi Kepercayaan Diri

Bagaimana Mengubah Ketakutan Menjadi Kepercayaan Diri ?

6 Tips Mengubah Ketakutan Menjadi Kepercayaan Diri

6 Tips Mengubah Ketakutan Menjadi Kepercayaan Diri

Jasa Presentasi – Kebanyakan orang merasa takut ketika akan melakukan public speaking. Dan terkadang ketakutan ini dapat membuat presentasi gagal jika tidak diatasi. Bagaimana menangani ketakutan ketika akan melakukan public speaking? Berikut beberapa tips yang dapat diikuti.

  1. Positive Thinking

Banyak speaker yang mengalami kekhawatiran sebelum melakukan public speaking. Kekhawatiran mereka tergambarkan dari pertanyaan-pertanyaan yang muncul dalam pikiran mereka, seperti “Bagaimana jika aku lupa apa yang akan aku katakan?” “Bagaimana jika audiens tidak menyukai penyampaianku?” dan lain-lain. Semua kekhawatiran dan pertanyaan ini justru akan membuat speaker menjadi lebih panik dan gugup. Untuk mengatasinya, gantikan kekhawatiran dan segala pikiran negatif dengan pemikiran positif. Gantikan pertanyaan-pertanyaan tadi dengan pernyataan seperti “Presentasi ini akan meningkatkan kemampuanku dalam public speaking atau “Aku sudah berlatih dan aku yakin presentasiku nanti lancar.”

  1. Hafal urutan slide

Slide merupakan media pendukung presentasi, namun banyak orang yang menyalahgunakan slide dalam praktek presentasi. Banyak orang yang menyampaikan presentasi dengna melihat dan membaca slide secara terus menerus. Dan hal ini membuat presentasi menjadi tidak menarik dan membosankan. Untuk mengatasinya, pahami materi secara mendalam dan hafalkan urutan slide, sehingga presenter tidak perlu melihat slide untuk menjelaskan materi selanjutnya. Hal ini tidak hanya menunjukkan bahwa presenter menguasai materi, tetapi juga membuat presenter terlihat percaya diri.

  1. Buat daftar pertanyaan yang mungkin muncul

Speaker atau presenter merupakan sumber informasi dalam presentasi atau public speaking. Oleh karena itu, speaker merupakan sumber jawaban atas pertanyaan yang muncul dari audiens. Untuk mengantisipasi pertanyaan yang mungkin muncul dan membuat speaker lebih siap untuk menjawab pertanyaan, buatlah daftar pertanyaan yang mungkin muncul sebelum melakukan public speaking atau presentasi, kemudian temukan jawaban dan berlatihlah untuk menyampaikan jawaban dengan baik.

  1. Berlatihlah dengan bersuara

Presenter yang berlatih menyampaikan presentasi dalam pikiran sama saja dengan pemain basket yang berlatih dribble di pikiran mereka. Pemain basket tersebut belum tentu dapat mempraktekkan dribble secara langsung, begitu juga dengan presenter, ia belum tentu dapat menyampaikan presentasi dengan baik. Untuk itu, berlatihlah dengan bersuara. Lakukan dalam posisi berdiri, kemudian berjalan dan latih juga body language. Berlatihlah secukupnya agar presentasi dapat disampaikan secara natural.

  1. Anggap presentasi sebagai percakapan dengan audiens

Ketika speaker menganggap bahwa presentasi merupakan sebuah penampilan, hal ini akan membuatnya lebih mudah gugup. Untuk mengatasinya, ubah anggapan tersebut dengan menganggap presentasi sebagai percakapan dengan audiens. Audiens tidak menuntut speaker untuk menjadi sempurna. Yang terpenting adalah audiens mampu memahami dan menyerap penjelasan speaker dengan mudah. Oleh karena itu, sampaikanlah presentasi seperti sedang melakukan percakapan dengan audiens.

  1. Tarik napas yang dalam secara perlahan

Ketika merasa gugup, adrenalin meningkat dan menyebabkan jantung juga berpacu dengan cepat. Hal ini menyebabkan pernapasan menjadi tidak teratur dan cenderung cepat serta pendek. Dalam kondisi ini, orang menjadi sulit untuk berpikir dan berbicara. Akibatnya apa yang dijelaskan tidak dapat dipahami oleh audiens. Untuk mengatasinya, aturlah pernapasan dengan mengambil napas yang dalam secara perlahan sebanyak 3 sampai 5 kali sebelum melakukan preentasi agar lebih tenang. Lakukan juga hal ini ketika merasa gugup saat melakukan penyampaian.

 

Ketakutan berasal dari pikiran, dan solusi untuk mengatasi ketakutan adalah dengan mengatur pikiran menjadi lebih positif. Ikuti 6 tips di atas agar ketakutan pada public speaking dapat tergantikan dengan kepercayaan diri, sehingga penyampaian presentasi menjadi lebih lancar dan presentasi mencapai kesuksesan.

 


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 082235330001 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *