Bagaimana Presentasi Yang Mudah Diingat ?

Bagaimana Presentasi Yang Mudah Diingat ?

Bagaimana Presentasi Yang Mudah Diingat ?

Bagaimana Presentasi Yang Mudah Diingat ?

Jasa Presentasi – Keinginan setiap presenter adalah dapat menyampaikan presentasi yang mudah dipahami dan mudah diingat. Mungkin beberapa audiens dapat memahami apa yang disampaikan presenter dalam presentasinya, namun tidak banyak orang yang mengingat apa yang disampaikan dalam presentasi setelah mereka meninggalkan tempat presentasi. Oleh karena itu, presenter perlu melakukan beberapa hal berikut agar presentasinya tidak sia-sia dan dapat diingat oleh audiens.

  1. Buat konten yang terorganisir

Presentasi dengan konten yang tersusun dan terorganisir akan lebih mudah dipahami oleh audiens dan mempermudah presenter dalam menyampaikannya. Konten yang terorganisir dapat dilihat dari keterkaitan satu slide dengan slide selanjutnya begitu juga dengan penyampaiannya. Selain itu, konten yang terorganisir adalah konten yang memiliki alur yang jelas. Misalnya dengan menyusun konten dari identifikasi masalah, pertanyaan yang muncul dari permasalahan tadi, kemudian jawaban atas pertanyaan (kesimpulan).

  1. Dukung dengan visual

Selain lebih menarik, orang lebih mudah mengingat sebuah informasi yang disajikan atau didukung dengan visual. Namun visual yang digunakan harus mendukung dan sesuai dengan konten yang dijelaskan dalam presentasi. Karena gambar yang tidak sesuai atau tidak relevan dapat mengurangi arti dan menjadikan pesan tidak tersampaikan.

  1. Jelaskan tanpa membaca slide

Slide presentasi berfungsi sebagai pendukung penjelasan. Oleh karena itu, slide harus dibuat secara simple, misalnya dengan menghindari menyertakan terlalu banyak informasi dalam satu slide. Karena informasi yang berlebihan akan menguras kemampuan audiens dalam memproses informasi tersebut, dan hal ini malah membuat audiens tidak mudah mencerna dan menerima pesan dan informasi yang disampaikan. Slide yang simple juga akan membuat penjelasan lebih maksimal, karena presenter tidak terpaku pada slide.

  1. Libatkan kreativitas

Kreativitas sangat diperlukan dalam setiap kegiatan sehari-hari, termasuk dalam presentasi. Contohnya adalah dengan mengubah data dan statistik menjadi bentuk visual yang lebih menarik. Hindari menggunakan grafik batang dan pie chart standar dalam presentasi. Sebagai gantinya, gunakan visualisasi yang lebih menarik namun mudah dipahami.

 


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 082235330001 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *