Begini Cara Membuka Presentasi Supaya Mengesankan (Part 2)

Begini Cara Membuka Presentasi Supaya Mengesankan (Part 2)

Begini Cara Membuka Presentasi Supaya Mengesankan (Part 2)

Begini Cara Membuka Presentasi Supaya Mengesankan (Part 2)

Jasa Presentasi – Membuka presentasi dapat mempengaruhi keputusan audiens, apakah akan melanjutkan untuk memperhatikan presentasi atau tidak. Oleh karena itu, agar audiens tertarik untuk mendengarkan presentasi, bukalah presentasi dengan hal yang menarik. Bagaimana caranya? Berikut ini disajikan beberapa cara yang dapat digunakan untuk membuka presentasi supaya mengesankan.

  1. Pernyataan Provokatif

“Buat apa jadi pengusaha kalau jadi karyawan saja sudah bisa kaya?”

Salah satu hal yang dapat menarik perhatian audiens adalah pernyataan provokatif. Pernyataan provokatif, secara tidak sadar, akan membangunkan emosi audiens dan membuatnya penasaran dengan apa yang akan dikatakan oleh presenter selanjutnya.

  1. Membangkitkan Rasa Penasaran

“Beberapa waktu lalu saya membuat kesalahan besar yang membuat bisnis dan hidup saya hancur.”

Cara lain untuk menarik perhatian audiens adalah dengan membuat audiens penasaran. Berikan pernyataan yang membangun ketegangan, sehingga audiens akan bertanya-tanya dan menunggu pernyataan presenter berikutnya.

  1. Buat Audiens Kaget

“Anda semua akan menjadi pengusaha sukses setelah mendengarkan presentasi ini.”

Cara ini berlawanan dengan dua cara sebelumnya. Berikan pernyataan yang berlawanan dengan nalar atau pola pikir biasa. Hal ini bertentangan dengan anggapan umum dan akan membuat audiens kaget karena pernyataan yang dianggap mustahil. Contoh di atas akan membuat audiens bertanya, “Masa iya?” dan secara tidak sadar, audiens akan tertarik dengan pembahasan yang akan disampaikan.

  1. Tunjukkan hal yang sebenarnya

“Saya sebenarnya adalah orang yang sangat pemalu dan tidak berpendidikan tinggi. Saya menjadi seperti sekarang ini karena …”

Cara lainnya untuk menarik audiens ke dalam dunia presenter adalah dengan menceritakan pengalaman atau kisah pribadi. Hal ini tidak mudah, namun jika dilakukan dengan baik akan membuat audiens tertarik pada topik yang akan dibahas. Selain itu, cerita pribadi juga dapat membangun hubungan emosional antara presenter dan audiens.

  1. Memulai dengan Visual yang Menarik

Memulai presentasi dengan menampilkan video atau gambar akan membuat audiens penasaran dan tertarik dengan apa yang akan disampaikan presenter dalam presentasinya. Sertakan video atau gambar yang sesuai dan relevan dengan topik dalam deck presentasi, sehingga selain membuat audiens tertarik, audiens juga akan lebih memahami apa yang akan disampaikan dalam presentasi.

  1. Gunakan keheningan

Cara efektif lainnya yang dapat digunakan untuk menarik perhatian audiens dalam presentasi adalah dengan memanfaatkan keheningan untuk mengendalikan ruangan (audiens). Cara ini cukup efektif, jika dilakukan dengan benar, untuk mengalihkan semua perhatian audiens pada presenter dan membuat audiens penasaran dan tertarik dengan apa yang selanjutnya akan disampaikan dalam presentasi.

  1. Memulainya dengan bantuan properti

Mengingat pandangan manusia lebih mudah tertarik oleh gerak dan visual, cara lain untuk membuka presentasi dengan menarik adalah dengan menggunakan properti atau perlengkapan yang ada maupun yang sengaja dipersiapkan. Hal ini tidak hanya menambah efek dramatis, tetapi juga akan mengalihkan dan mempertahankan perhatian audiens pada podium presentasi.

  1. Gunakan kata “bayangkan”

“Bayangkan jika Anda sedang dalam pesawat yang mengalami turbulence. Pikirkan bagaimana Anda akan menghadapi situasi ini?”

Terkadang membimbing (mendorong) audiens untuk menggunakan imajinasi mereka adalah cara yang tepat agar presenter mudah dalam menyampaikan pesan kepada audiens dalam presentasi. Gunakan kata “coba bayangkan,” “coba pikirkan jika,” atau “coba gambarkan ini pada pikiran kalian.”

 


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 082235330001 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *