Belajar Public Speaking dari Stand Up Comedy

Belajar Public Speaking dari Stand Up Comedy

Belajar Public Speaking dari Stand Up Comedy

Belajar Public Speaking dari Stand Up Comedy

Jasa Presentasi – Ketika menjalani karir dalam public speaking, public speaker atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan pembicara pasti pernah mengalami kegagalan. Namun pembicara yang baik akan belajar dari kegagalan. Mereka akan menemukan kelebihan diri, mengetahui hal-hal yang disukai dan tidak disukai oleh audiens, dan belajar bagaimana menarik perhatian audiens.

Komedian adalah orang-orang yang dipaksa untuk mempelajari hal-hal tadi secara cepat. Tidak seperti public speaker, para komedian berisiko untuk disoraki di atas panggung. Namun banyak hal yang dapat dipelajari dari stand up comedian. Berikut ini empat pelajaran yang dapat dipelajari dari stand up comedian.

  1. Make a story that will be loved

Ketika komedian membuat humor, ia harus mengetahui hal-hal yang akan disukai dan dapat menarik perhatian penonton serta mengangkat topik yang sedang booming saat ini. Hal ini yang dapat dipelajari dari seorang komedian. Seorang public speaker perlu memahami audiens, kemudian berusaha menyampaiakn presentasi yang berkesan di benak audiens sehingga mereka akan merasa telah belajar dari presentasi yang disampaikan.

Jad dapat disimpulkan bahwa, baik komedian maupun public speaker, perlu memperhatikan audiens yang ditarget ketika membuat materi, sehingga materi yang akan disampaikannya dapat sesuai dengan karakteristik dan minat audiens.

  1. Learning

Sebelum seorang komedian menjadi terkenal dan dikagumi banyak orang, ia telah memanfaatkan waktunya untuk belajar dari komedian terbaik sebelumnya serta berlatih untuk mengasah keahlian yang dimilikinya. Para komedian menyadari pentingnya belajar dari yang terbaik untuk memahami dinamika humor dan mempelajari reaksi audiens.

Menjadi public speaker yang baik diperlukan latihan. Latihan berbicara tidak hanya dilakukan sendirian di depan cermin, tetapi memberanikan diri untuk tampil di depan publik juga merupakan latihan yang akan mengasah kemampuan menjadi lebih baik. Dan dari penampilannya tadi, pembicara yang baik akan mengevaluasi diri untuk kemudian memperbaiki kekurangan. Selain berlatih dengan praktik langsung, seorang pembicara juga dapat mempelajari teknik atau cara berpresentasi dari para public speaker terkenal misalnya dengan menghadiri seminarnya atau dapat menontonnya melalui video.

  1. Work the room before hitting the stage

Kebanyakan komedian memulai menampilkan humornya di hadapan beberapa orang. Hal ini merupakan cara yang mudah untuk menangani heckler (tukang ejek), karena orang-orang yang mengenalnya akan membantu menangani para heckler yang ada di antara beberapa penonton. Selain untuk menangani heckler, taktik simpel ini juga dapat membantu meyakinkan komedian bahwa humornya sudah sesuai dengan penonton dan disukai serta mendapat reaksi yang baik.

Sedangkan bagi public speaker, work the room dapat diartikan dengan mengenal audiens terlebih dahulu. Public speaker sebaiknya menghindari naik ke atas panggung sebelum mencoba berbicara dengan satu atau dua orang audiens. Public speaker harus berusaha membangun hubungan dengan audiens, sehingga mereka akan merasa percaya diri karena sudah mengenal beberapa audiens yang nantinya diharapkan akan menolong jika terjadi sesuatu yang salah.

Perlu diketahui bahwa heckler dalam bisnis berbeda dengan heckler dalam dunia komedi. Mereka tidak berteriak, “payah” secara langsung, tetapi akan mengangkat tangan dan mengajukan pertanyaan

  1. Work hard

Seinfield dikenal sebagai salah satu komedian terbaik sepanjang masa. Di luar kegiatan stand up nya, dia juga dikenal sebagai pekerja keras lebih dari siapaun dalam bisnis. Orang-orang mengatakan bahwa Jerry Seinfield mempelajari komedi lebih banyak dari siapapun, tampil di atas panggung lebih sering dari siapapun dan menghabiskan lebih banyak waktu untuk menulis lebih dari siapapun. Hal yang dapat dicontoh dari komedian Jerry Sienfield adalah kerja keras dan hustle.

Para public speaker yang hebat tidak akan mengatakan bahwa kehebatannya dalam public speaking merupakan ”bakat alami”. Mereka akan mengatakan bahwa kerja keras yang membuatnya menjadi hebat. Mereka harus bekerja keras mengembangkan keahlian dan selalu belajar dari yang terbaik.

 


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 082235330001 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

1 reply
  1. LastHollie
    LastHollie says:

    I have noticed you don’t monetize your page, don’t waste your traffic, you
    can earn extra cash every month because you’ve got high quality content.
    If you want to know how to make extra bucks, search for:
    Mertiso’s tips best adsense alternative

    Reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *