Elemen-Elemen yang Harus ada dalam Pitch deck

Elemen-Elemen yang Harus ada dalam Pitch deck

Elemen-Elemen yang Harus ada dalam Pitch deck

Elemen-Elemen yang Harus ada dalam Pitch deck

Jasa Presentasi – Setiap bisnis pasti membutuhkan modal atau dana, apalagi jika bisnis itu adalah bisnis baru atau start up. Untuk itu, mereka harus mengumpulkan dana. Salah satu caranya yaitu melalui investor. Para investor potensial biasanya akan meminta perusahaan untuk menjelaskan tentang bisnis yang dijalankan dan kondisinya saat ini. Penjelasan untuk menarik investor ini biasanya dilakukan melalui pitch deck. Agar mendapat kesan yang baik di mata investor, selain kondisi bisnis yang baik atau ide bisnis yang menarik, membuat pitch deck yang memukau juga diperlukan.

Sebelumnya, tahukah Anda apa itu pitch deck? Mungkin sebagian orang sudah tidak asing dengan istilah pitch deck. Namun bagi mereka yang baru berkecimpung dalam dunia bisnis, istilah pitch deck akan terasa asing. Berdasarkan pitchdeck.improvepresentation.com, Pitch deck adalah presentasi singkat, seringkali dibuat menggunakan PowerPoint, Keynote atau Prezi, yang digunakan untuk menyampaikan gambar umum rencana bisnis kepada audiens. Pitch deck biasanya digunakan dalam rapat online atau face-to-face dengan investor potensial, pelanggan, rekan, dan pendiri bisnis.

Seperti yang telah disampaikan di bagian atas, bahwa untuk menarik investor untuk menanamkan dananya, perusahaan perlu membuat pitch deck yang menarik. Namun sebelum membuat pitch deck yang menarik, perlu diketahui elemen apa saja yang harus ada dalam pitch deck? Berikut elemen-elemen dasar yang harus ada dalam sebuah pitch deck.

  1. Elevator Pitch

Elemen yang paling pertama harus ada adalah elevator pitch. Elevator pitch berisi tentang nama dan jenis bisnis, penjelasan singkat mengenai kegiatan yang dilakukan bisnis, serta daya tarik bisnis saat ini.

  1. Permasalahan

Suatu bisnis muncul karena suatu alasan. Bagian permasalahan berisi tentang alasan-alasan yang menjadi dasar berdirinya bisnis. Pada bagian ini secara tidak langsung juga akan menjelaskan mengenai pelanggan yang akan menjadi target pasar.

  1. Solusi

Bagian solusi berisi tentang penyelesaian masalah yang telah dipaparkan sebelumnya, Solusi yang dijelaskan berisi tentang bagaimana bisnis dapat menjadi solusi akan permasalahan yang ada. Bagian ini juga berisi tentang gambaran umum produk atau jasa yang dijual, nilai yang ditawarkan dan manfaat yang akan diperoleh, serta penjelasan mengenai kelebihan dari produk atau jasa yang dijual.

  1. Model Bisnis

Pada bagian ini berisi tentang penjelasan bagaimana perusahaan menghasilkan uang atau bagaimana perusahaan menjual produk atau jasanya. Berisi juga tentang model harga dan pendapatan, struktur biaya, kinerja keuangan dalam 3-5 tahun (bagi usaha yang sudah lama berjalan), dan exit strategy atau rencana cadangan yang akan digunakan jika rencana awal tidak berjalan sesuai target.

  1. Pasar

Bagian ini menjelaskan tentang target pasar dan gambarannya secara keseluruhan. Alasan mengapa memilih pasar tersebut dengan menunjukkan bukti-bukti bahwa pemilihan pasar sudah tepat, misalnya dengan menunjukkan penelitian pasar yang dapat dipercaya. Bagian pasar juga berisi tentang kondisi pasar saat ini serta tentang kesempatan bisnis untuk ekspansi.

  1. Strategi

Strategi menjelaskan tentang cara bisnis untuk masuk ke pasar potensial, bagaimana perusahaan akan menghadapi pelanggan yang memiliki sifat dan sikap yang berbeda-beda, penjelasan mengenai saluran pemasaran yang akan digunakan, risiko pasar yang mungkin dihadapi, dan penjelasan mengenai cara menarik pelanggan.

  1. Kompetisi

Dunia bisnis tidak akan lepas dari adanya persaingan. Keberhasilan suatu bisnis menghadapi persaingan dinilai dari cara mereka membedakan produk atau jasa mereka dengan produk atau jasa pesaing. Bagian ini juga berisi mengenai kesamaan dan perbedaan produk atau jasa perusahaan dengan produk atau jasa dari perusahaan lain serta keuntungan yang akan diperoleh pelanggan jika membeli produk atau jasa perusahaan ini dibandingkan perusahaan pesaing. Menggunakan grafik dan gambar akan mempermudah penjelasan.

  1. Tim

Bagian ini merupakan bagian yang penting dalam sebuah pitch deck karena banyak investor potensial yang ingin mengetahui informasi tentang siapa yang menjalankan bisnis, termasuk pimpinan perusahaan, pendiri perusahaan, serta advisor atau dewan penasehat perusahaan. Selain itu, berisi pula tentang keahlian, pengalaman, dan kesuksesan yang pernah diraih untuk menonjolkan tim.

  1. Permintaan

Bagian permintaan berisi tentang jenis dana (modal atau lainnya) yang sedang dicari. Berisi penjelasan mengenai strategi untuk mengalokasikan dana tersebut dan detail kontak yang dapat dihubungi agar investor dapat langsung menghubungi pihak perusahaan jika ingin ingin bertanya atau menyampaikan sesuatu.

  1. Penjelasan Terakhir (Tips)

Visual yang menarik akan meninggalkan kesan yang mendalam pada benak audiens. Jadi gunakan tema, font, dan warna yang konsisten, hindari menggunakan template dan animasi yang tersedia (buat template dan animasi sendiri), dan sertakan info tentang logo, website, dan media sosial perusahaan.

 


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 082235330001 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *