Gunakan 3 Kalimat Ini Untuk Menutup Presentasi

Jasa Presentasi – Kalimat pembuka merupakan salah satu unsur penting dalam sebuah presentasi, karena bisa membantu presenter untuk memberikan kesan pertama yang baik. Meskipun demikian, kalimat penutup juga tidak kalah penting. Kalimat penutup yang baik akan membuat audiens terkesan dan mudah untuk mengingat presentasi yang kita bawakan. Lantas, kalimat seperti apa yang sebaiknya digunakan untuk menutup sebuah presentasi?

 

1. Ajakan

Untuk membuat audiens melakukan sesuatu seperti yang kita harapkan, gunakan kalimat berisi ajakan yang membuat audiens tertarik dan mengambil langkah terkait apa yang kita sampaikan. Contoh kalimat yang bisa digunakan, “Ayo kita budayakan hidup sehat mulai dari sekarang, no junk food no fast food!”, “Mari cintai bumi dengan menghemat energy!”, “Saya berdiri di sini untuk menunggu keputusan anda, karena apa yang kita lakukan hari ini itulah yang akan kita rasakan di kemudian hari.”

 

2. Apresiasi

Sebagai bentuk apresiasi kepada audiens gunakanlah kalimat penutup berisi ucapan terima kasih. Hal ini, selain meninggalkan kesan yang baik, juga akan membuat audiens merasa kehadirannya dihargai. Contoh kalimatnya seperti, “Terima kasih sebesar-besarnya kepada Bapak/Ibu yang sudah bersedia meluangkan waktu hadir pada acara ini. Sebagai bentuk apresiasi, ada sedikit tanda cinta yang sudah kami siapkan. Bapak/Ibu bisa menukarkannya di stan yang berada di dekat pintu keluar.” atau “Sekali lagi terima kasih kepada seluruh peserta yang sudah ikut berpartisipasi dalam acara ini. Terakhir mari kita tutup acara ini dengan melakukan foto bersama sebagai kenang-kenangan.”

 

3. Meminta Saran

Supaya memberikan kesan low profile, gunakanlah kalimat penutup yang menyatakan permintaan saran atau pendapat dari audiens. Hal ini bisa juga kita jadikan masukan untuk perbaikan ke depannya. Kalimat yang bisa digunakan misalnya, “Kami tunggu kritik dan saran dari Bapak/Ibu sekalian sebagai bahan evaluasi kami ke depannya.” atau “Silahkan hubungi nomor yang tertara di layar jika ada pertanyaan, kritik dan saran yang ingin Bapak/Ibu sampaikan. Sekecil apapun bentuknya sampaikanlah kepada kami sebagai bahan evaluasi kami ke depan.”

 

Mengakhiri presentasi memang terlihat sepele. Kebanyakan dari kita tidak terlalu mempedulikan bagaimana presentasi yang kita lakukan akan ditutup. Padahal, dengan melakukan penutupan yang menarik dan mengesankan, audiens akan mengingat presentasi dan pesan kita.

 


 

Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 082235330001 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *