Lima Aturan Desain Presentasi oleh Nancy Duarte

Lima Aturan Desain Presentasi oleh Nancy Duarte

Jasa Presentasi – Presentasi merupakan salah satu media komunikasi yang biasanya dilakukan oleh satu orang, sebagai sumber informasi dan lebih dari satu orang, sebagai audiens. Presentasi dilakukan untuk memberikan informasi, membujuk, serta meyakinkan audiens presentasi.

Terdapat banyak sekali tokoh yang dapat dijadikan inspirasi bagi kita untuk dapat menyampaikan presentasi dengan cara yang menarik. Salah satunya adalah Nancy Duarte, seorang penulis, pembicara, dan CEO asal Amerika. Ia mengemukakan bahwa terdapat lima rules dalam desain presentasi.

 

  1. Perlakukan Audiens sebagai Raja

Peribahasa pembeli adalah raja sepertinya tidak hanya berlaku pada kegiatan jual-beli, tetapi juga berlaku pada presentasi atau public speaking. Presenter, sebagai sumber informasi memiliki tugas untuk membuat presentasi yang sesuai dengan kebutuhan audiens. Tujuan audiens datang ke tempat presentasi adalah untuk mendengarkan penjelasan mengenai topik yang akan disampaikan. Oleh karena itu, buatlah visual dan sampaikan presentasi dengan cara yang mudah dipahami dan diingat oleh audiens.

 

  1. Sebarkan Ide dan “Gerakkan” Orang

Audiens datang ke tempat presentasi untuk mendengarkan penjelasanmu mengenai suatu topik, bukan untuk membaca 50 halaman karya tulis. Tugas seorang presenter adalah menyampaikan sebuah pesan atau informasi penting yang mungkin berguna untuk audiens. Untuk itu, agar audiens tidak merasa seperti membaca sebuah karya tulis dalam sebuah slide, pertimbangkanlah untuk menyertakan elemen visual dalam presentasimu, seperti gambar, video, ikon, dan lain-lain.

 

  1. Bantu Mereka Melihat Apa yang Sedang Dijelaskan

Sebagian audiens merupakan verbal thinker dan lainnya adalah visual thinker. Verbal thinker dapat diartikan sebagai orang yang lebih mudah mencerna sebuah pesan dalam bentuk penjelasan secara verbal, sedangkan visual thinker adalah mereka yang lebih mudah mencerna sebuah informasi atau pesan dalam bentuk visual. Agar presentasimu dapat menjangkau dan dipahami oleh keduanya, kombinasikanlah teks dengan visual ketika menyampaikan presentasi. Meski teks tetap disertakan di dalamnya, usahakan untuk meminimalisirnya dengan hanya menyertakan poin atau inti. Jika memang terdapat teks yang harus tetap disertakan dalam sebuah slide, kamu bisa menyiasatinya dengan mengubahnya menjadi gambar, chart atau diagram. Selain mengurangi penggunaan teks, hal ini juga akan meningkatkan visual presentasi. Namun perlu diingat untuk selalu menggunakan visual berkualitas tinggi.

 

  1. Terapkan Desain bukan Dekorasi

Banyak presenter yang ingin membuat slidenya terlihat menarik dengan memberikan banyak hiasan tanpa memperhatikan kemudahannya untuk dipahami audiens.. Slide yang baik adalah yang menarik dan mudah dipahami. Membuat slide yang menarik memang penting, namun tidak berarti harus berlebihan. Pertimbangkan juga apakah slide mudah dipahami atau justru membuat bingung audiens. Sertakan sedikit saja teks yang menjadi kata kunci. Jika memang terpaksa harus menyertakan banyak teks dalam satu slide, animasikan agar teks tidak muncul sekaligus. Buat teks-teks tersebut muncul satu per satu, mengikuti penjelasan verbal yang sedang kamu lakukan.

 

  1. Membina Hubungan dengan Visual dan Audiens Presentasi

Bangunlah hubungan yang sehat antara presenter dengan slide yang akan digunakan dan dengan audiens presentasi. Salah satu cara agar presenter terhubung dengan keduanya adalah dengan tidak terpaku pada slide. Untuk itu, presenter perlu membuat slide dengan sedikit teks, sehingga presenter tidak tergoda untuk membaca slide. Sertakan poin utama dalam sebuah slide, kemudian letakkan teks lainnya pada catatan untuk berlatih, berlatih, dan berlatih.

Dari kelima aturan Duarte di atas, dapat disimpulkan bahwa sebuah presentasi akan berhasil jika dapat memenuhi kebutuhan audiens akan informasi. Salah satu caranya adalah dengan menjalin hubungan dengan meraka. Hubungan tidak akan terjalin jika presenter terpaku pada slide presentasi. Oleh karena itu, presenter perlu membuat slide dengan sedikit teks, namun mudah dipahami. Untuk mengakalinya, presenter dapat membantu audiens untuk memahaminya dengan membuat gambaran terhadap apa yang dijelaskannya. Membuat gambaran dalam presentasi dapat dilakukan dengan mengubah konten berupa teks menjadi gambar yang relevan. Atau bisa juga mengubah konten berupa penjelasan sebuah data dengan chart dan diagram.

 


 

Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 085742499660 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *