Membuat Presentasi Non-Linear dengan PowerPoint

Membuat Presentasi Non-Linear dengan PowerPoint

Jasa Presentasi – Seperti yang telah dijelaskan pada artikel 7 tren desain presentasi bahwa salah satu tren desain presentasi saat ini adalah presentasi non-linear. Apa itu presentasi non-linear?

Mungkin sebagian besar orang masih asing dengan istilah presentasi non-linear. Secara sederhana, presentasi non-linear adalah bentuk presentasi yang memiliki transisi atau perpindahan slide tidak berurutan. Contoh dari presentasi non-linear adalah presentasi yang dibuat menggunakan prezi, di mana pergerakannya tidak hanya dari atas ke bawah, tetapi fleksibel.

Jika terdapat presentasi non-linear, tentu ada presentasi linear. Presentasi linear adalah presentasi yang transisi atau perpindahan slidenya berurutan dari slide pertama hingga terakhir. Presentasi ini merupakan bentuk yang paling sering digunakan. Contohnya adalah presentasi yang dibuat menggunakan powerpoint. Namun hanya karena powerpoint digunakan untuk membuat presentasi linear, bukan berarti tidak dapat dimanfaatkan untuk membuat presentasi non-linear. Kamu juga dapat membuat presentasi non-linear dengan menggunakan powerpoint, meskipun transisinya tidak seperti prezi. Membuat presentasi non-linear menggunakan powerpoint dilakukan dengan memberikan hyperlink, sehingga presenter dapat berpindah secara tidak berurutan. Agar lebih jelas, perhatikan langkah-langkah berikut ini.

Pertama, persiapkan konten yang akan disertakan dalam slide presentasi. Buatlah garis besar atau daftar isi dari keseluruhan konten dalam satu slide. Kamu dapat mendesainnya sesuai dengan keinginan, namun perlu diingat untuk membuatnya dengan menarik. Tambahkan elemen visual, seperti gambar, ikon, shape, dan lain-lain.

Kedua, buat slide yang terpisah untuk masing-masing sub judul (isi dari daftar isi). Jika konten daftar isi memiliki 5 sub judul, pisahkan ke dalam 5 slide yang berbeda.

Ketiga, susun konten pendukung untuk masing-masing sub judul. Akan lebih baik jika slide sub judul dan konten pendukung disusun dalam slide yang berbeda.

Keempat, berikan hyperlink untuk setiap slide. Hubungkan konten dalam daftar isi dengan masing-masing slide sub judul. Untuk memberikan hyperlink kamu dapat memilih konten yang akan dihubungkan, kemudian klik kanan, pilih hyperlink. Pada kolom link to, aktifkan place in this document. Kemudian pilih slide yang dituju, klik OK.

Kelima, untuk hasil presentasi non-linear yang lebih maksimal, kamu dapat mengatur hyperlink untuk slide yang lainnya juga. Jika perlu, tambahkan tombol home, next, dan previous.

Penjelasan dan langkah di atas diharapkan dapat membantumu memahami dan memudahkanmu menerapkan presentasi non-linear, sehingga presentasimu lebih menarik. Selain membuat presentasimu lebih menarik, presentasi non-linear ini juga :

  1. Lebih fleksibel ketika kamu memiliki banyak slide yang harus dipresentasikan
  2. Mempercepat aksi ketika seorang audiens memintamu untuk kembali ke slide tertentu
  3. Memberikan efek playful dan unik dalam presentasi

 

Sumber : http://www.presentationxpert.com/how-to-create-a-clickable-choose-your-own-adventure-table-of-contents-slide


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 085742499660 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *