Meminimalisir Kata “Ummm” dalam Presentasi

Meminimalisir Kata “Ummm” dalam Presentasi

Meminimalisir Kata “Ummm” dalam Presentasi

Meminimalisir Kata “Ummm” dalam Presentasi

Jasa Presentasi – Banyak orang yang terkadang tanpa sadar mengeluarkan kata “ummm” ketika sedang berbicara, terutama ketika melakukan presentasi. Ada yang mengatakan bahwa hal ini merupakan sesuatu yang natural dan wajar, namun jika seorang presenter terlalu banyak menggunakan kata ini dapat mengganggu penyampaian. Oleh karena itu, penggunaan kata ini perlu dikurangi atau bahkan harus dihindari. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meminimalisir kata ini.

  1. Sadari seberapa sering menggunakan kata ini

Sadari seberapa sering seorang presenter menggunakan kata ini. Rekam presentasi dalam bentuk audio maupun video, agar dapat mengetahui seberapa sering presenter menggunakan kata ini. Atau dapat juga dengan meminta teman atau anggota keluarga untuk mendengarkan presentasi dan minta mereka untuk mencatat seberapa sering presenter mengucapkan kata ini dan dampaknya terhadap pesan yang disampaikan.

  1. Ketahui penyebabnya

Setelah mengetahui seberapa sering seorang presenter menggunakan kata ini dalam presentasi, ketahuilah penyebabnya. Mengapa presenter menggunakan kata ini? Apakah karena presenter merasa gugup? Atau karena presenter kurang memahami dan menguasai topik? Atau karena presenter kurang persiapan?

  1. Lakukan persiapan yang matang

Kebanyakan presenter menggunakan kata ini dikarenakan kurang persiapan dan kurang memahami topik yang disampaikan dalam presentasi. Oleh karena itu, salah satu cara untuk mengurangi penggunakan kata ini adalah dengan melakukan persiapan yang matang, misalnya dengan mencari materi yang berkaitan dengan topik secara luas, kemudian pelajari materi tersebut. Jika belum paham, carilah seseorang yang lebih menguasai topik untuk diminta penjelasannya. Setelah itu, berlatihlah hingga presenter merasa lancar dan nyaman dengan apa yang dijelaskannya.

  1. Jelaskan dengan santai

Ketika presenter merasa gugup, adrenalin dalam dirinya akan meningkat dan ini menyebabkan jantung berdegub lebih kencang, sehingga presenter menjadi terkesan terburu-buru dalam menyampaikan. Hal inilah yang menyebabkan seseorang menggunakan kata “ummm” ketika melakukan presentasi. Oleh karena itu, tenangkanlah diri sebelum naik ke panggung presentasi, karena menjelaskan dengan santai dapat mengurangi penggunaan kata “ummm” dalam presentasi.

  1. Berhenti sejenak

Orang akan merasa canggung dan kurang nyaman ketika mengalami kesunyian. Oleh karena itu, mereka lebih memilih menggunakan kata “ummm” untuk mengisi kesunyian ketika sedang mengingat. Padahal tidak mengapa jika presenter berhenti sejenak sebelum melanjutkan penyampaiannya ketimbang mengucapkan kata yang tidak memiliki arti. Dan hal ini secara otomatis dapat mengurangi penggunaan kata “ummm” dalam presentasi.

 

Kata “ummm” mungkin tidak selamanya salah untuk digunakan, karena terkadang beberapa orang merasa terbantu oleh kata ini ketika ingin mengingat sesuatu yang dilupakannya. Namun ingatlah untuk tidak terlalu banyak menggunakan kata ini dalam public speaking, karena dapat menganggu penyampaian dan bahkan menyulitkan audiens untuk memahami apa yang disampaikan serta membuat presenter terlihat kurang percaya diri, kurang persiapan, dan kurang menguasai topik.

 


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 082235330001 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *