Mempresentasikan Data. Apa Saja yang Harus Dipersiapkan?

Mempresentasikan Data. Apa Saja yang Harus Dipersiapkan?

Jasa Presentasi – Terdapat istilah yang mengatakan bahwa angka tidak dapat berbohong. Karena istilah inilah banyak orang yang bingung ketika harus mempresentasikan data berupa angka. Kebingungan ini dikarenakan banyaknya data yang harus dijelaskan, namun waktu yang dimiliki terbatas.

Untuk membantu mempresentasikan data secara efektif, berikut 5 pertanyaan yang harus dijawab sebelum menyusun data yang akan disertakan dalam presentasi.

  1. Seleksi Data

Beberapa orang menyertakan banyak data karena ingin terlihat kredibel dan profesional, namun beberapa orang lainnya menyertakan banyak data karena merasa bahwa semua data yang dimilikinya penting untuk disampaikan dalam presentasi. Padahal, terlalu banyak menyertakan data akan menyita banyak waktu untuk menjelaskan dan audiens belum tentu memahami dan mengingatnya. Untuk itu, pilihlah beberapa data yang paling penting dan yang mencakup inti presentasi. Jika merasa bahwa semua data penting, simpan data yang tidak disertakan dalam presentasi untuk menjawab pertanyaan atau untuk dijelaskan ketika kamu memiliki sisa waktu.

  1. Alat untuk Menyajikan Data

Ini merupakan yang penting namun sering diabaikan. Padahal ini merupakan kunci keberhasilan untuk membuat audiens memahami konten presentasi. Mempresentasikan data tidak harus selalu melalui tabel, kamu dapat mengubahnya menjadi bentuk yang lebih menarik dan lebih mudah dipahami, misalnya dengan mengubahnya menjadi list, grafik, chart, diagram, atau yang lainnya. Dengan mengubahnya menjadi bentuk lain, kamu secara tidak langsung menyeleksi data yang penting dan yang tidak terlalu penting.

  1. Desain atau Visual

Setelah mengubahnya menjadi bentuk yang lebih mudah dipahami, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana untuk membuatnya lebih menarik? Jawaban pertanyaan ini berkaitan dengan visual dan aestetik. Desain visual biasanya berkaitan dengan preferensi secara personal, namun perlu diperhatikan bahwa pemilihan warna dan bentuk desain (2D atau 3D) harus sesuai dan konsisten dengan tema. Perhatikan juga agar desain yang diterapkan tidak menganggu atau tidak mengurangi pemahaman audiens mengenai konten tersebut.

  1. Penyampaian Data

Meski data telah memiliki bentuk yang lebih menarik, beberapa audiens mungkin belum tentu memahaminya. Oleh karena itu, kamu perlu mempersiapkan diri dengan melakukan latihan untuk menjelaskan data dengan efektif dan mudah dipahami. Hindari penjelasan yang terlalu terpaku pada slide. Berlatihlah untuk menjelaskan data dengan singkat namun mudah dipahami.

  1. Kesimpulan Data

Presentasi, data dan keputusanmu menjadi tidak berguna ketika audiens meninggalkan ruangan presentasi dengan kebingungan mengenai poin dari seluruh data yang kamu sajikan. Untuk itu, kamu perlu menjelaskannya secara tersurat kepada audiens, misalnya dengan memberikan kesimpulan. Jelaskan keterkaitan antara data yang satu dengan data lainnya, antara data angka dan informasi berupa teks.

 


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 082235330001 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *