Mengapa Infografik?

Mengapa Infografik?

Mengapa Infografik?

Mengapa Infografik?

Jasa Presentasi – Saat ini dunia telah dibanjiri dengan informasi yang tidak terbatas. Hal ini akan mempermudah sebuah konten untuk tersesat di hutan informasi dan juga mempersulit untuk sampai pada target audiens. Oleh karena itu, bisnis perlu membuat strategi agar konten yang telah di buat tidak tersesat dan sampai pada target audiens. Bagaimana caranya? Salah satunya adalah dengan membuat infografik.

Infografik merupakan bentuk visual dari informasi. Mengapa perlu menggunakan infografik untuk menyampaikan informasi?

  1. Lebih menarik perhatian

Teks dan grafik yang berdiri sendiri mungkin mengandung banyak informasi di dalamnya. Namun informasi berupa teks tidak terlalu menarik perhatian audiens dan informasi berupa grafik mungkin menarik namun tidak mudah dipahami. Oleh karena itu, untuk menciptakan konten yang menarik dan mudah dipahami, sajikan informasi dengan menggabungkan teks dan gambar. Hal ini dikarenakan manusia merupakan makhluk visual, oleh karena itu manusia lebih mudah tertarik dengan hal-hal visual.

  1. Meningkatkan kesadaran merek

Infografik merupakan salah satu media komunikasi yang menjelaskan merek, produk atau jasa kepada orang lain dengan bantuan visual. Oleh karena itu, infografik merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan kesadaran merek dan dapat meningkatkan trafik dalam promosi jika digunakan dengan baik dan tepat.

  1. Membuat konten menjadi viral

Saat ini merupakan era di mana semuanya serba digital. Pada era ini, menjadi viral dan terkenal bukanlah hal yang sulit. Mengapa? Karena teknologi memudahkan orang untuk membagikan segala sesuatu melalui internet. Di mana saat ini pengguna internet semakin meningkat dan rasa ingin tahu dan inisiatif mereka semakin besar. Karakteristik utama infografik adalah konten visualnya yang menarik, dan hal ini menjadikan banyak orang yang sependapat dan tertarik dengan informasi yang ada dalam infografik untuk membagikannya di media sosial atau media lain miliknya. Karena hal inilah sebuah konten atau sebuah merek dan produk lebih mudah menjadi viral.

  1. Meningkatkan hasil pencarian

Ketika sebuah infografik disukai banyak orang dan menjadi viral, orang tentu akan semakin banyak yang mencarinya. Hal ini akan berdampak pada meningkatnya ranking pencarian.

  1. Meningkatkan subscriber dan follower

Ketika infografik dapat menarik perhatian, disukai dan menjadi viral, orang-orang pasti akan mencari sumber dari mana infografik tersebut berasal. Oleh karena itu, penting untuk menyertakan alamat website, alamat email, media sosial, atau kontak lainnya, sehingga audiens yang tertarik, dapat langsung mengambil keputusan untuk mengikuti website atau media sosial dari pihak yang mempublikasikan infografik.

  1. Lebih mudah dipahami

Infografik didesain untuk menarik perhatian audiens dengan menyertakan sedikit teks dan banyak gambar agar agar mudah dipahami. Hal ini yang menjadikan infografik sebagai alat komunikasi universal yang dapat dikonsumsi siapapun dan dari mana pun. Karena tujuan dibuatnya infografik adalah untuk membantu audiens untuk tertarik dengan sebuah informasi dan memudahkan mereka memahaminya.

  1. Memperluas pemasaran digital

Dikarenakan infografik memiliki bentuk gambar, oleh karena itu, infografik lebih sering dipublikasikan dalam dunia digital. Oleh karena itu, menggunakan infografik untuk menjelaskan sebuah merek, produk atau jasa akan lebih mudah dan lebih efektif dilakukan. Selain itu, target pelanggannya juga lebih luas dibandingkan dipublikasikan secara offline. Namun hal ini bukan berarti infografik tidak dapat dipublikasikan secara offline. Infografik dapat juga dipublikasikan secara offline, misalnya untuk membantu dan mendukung penjelasan dalam presentasi.

  1. Memposisikan diri sebagai seorang ahli

Infografik dibuat untuk menyajikan konten yang mudah dipahami dengan memanfaatkan tabel, grafik, chart, dan informasi relevan lainnya. Informasi yang disertakan dalam infografik dapat menunjukkan penguasaan dan keahlian creator pada sebuah topik atau bidang. Jika creator dapat menyajikan banyak informasi dalam bentuk infografik, berarti bahwa creator menguasai dan ahli pada topik tersebut. Hal ini akan meningkatkan kredibilitas serta reputasi yang baik.

 

Di era informasi tak terbatas dan kompetisi yang tinggi saat ini, kunci kesuksesan suatu merek dan produk atau jasa adalah kesesuaian dengan minat dari target pelanggan dan dapat menarik perhatian mereka. Dan infografik merupakan salah satu cara yang efektif untuk menghadapi era ini dengan bijaksana. Infografik dibuat menggunakan elemen visual yang relevan, menarik, dan edukatif, sehingga akan lebih mudah dipahami dan diingat oleh audiens. Berdasarkan penjelasan ini menunjukkan bahwa infografik merupakan alat vital dan efektif bagi pemilik usaha dan pemasar digital untuk mempertahankan fokus pelanggan pada konten (merek dan produk atau jasa).

 


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 082235330001 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *