Mengapa Menggunakan Properti dalam Presentasi?

Mengapa Menggunakan Properti dalam Presentasi?

Mengapa Menggunakan Properti dalam Presentasi?

Mengapa Menggunakan Properti dalam Presentasi?

Jasa Presentasi – Selain visual berupa gambar dan video, terdapat visual lainnya yang dapat membuat presentasi lebih menarik dan berkesan, yaitu properti. Properti yang paling umum digunakan oleh presenter adalah berupa peralatan yang digunakan untuk memperagakan penjelasan. Namun saat ini properti tidak hanya berfungsi sebagai alat peraga, tetapi juga sebagai pelengkap penjelasan. Seperti yang dilakukan oleh Bill Gates dan Amy Tan dalam presentasinya. Audiens terlihat terkejut dan hal ini malah akan membuat sebuah presentasi berkesan dan diingat. Mengapa hal ini terjadi? Mengapa properti dapat menarik audiens?

  • Mudah dipahami

Sebuah ide atau pesan akan lebih mudah diterima dan diingat ketika presenter menjelaskan dengan alat peraga dibandingkan dengan penyampaian teoritis. Kehadiran alat peraga atau properti dalam presentasi memberikan gambaran yang konkret dari sebuah penjelasan. Jika presentasi yang disampaikan mengenai sebuah cara, maka akan lebih efektif jika menggunakan alat peraga. Pastikan untuk menggunakan properti yang relevan dengan topik atau konten, sehingga akan menambah pemahaman audiens terdapat topik atau konten yang dijelaskan dalam presentasi.

  • Mudah diingat dan berkesan

Selain menarik dan mudah dipahami, menggunakan properti untuk memperagakan suatu cara juga akan membuat konten lebih mudah diingat oleh audiens.

Selain untuk memperagakan suatu cara, properti juga dapat menjadi alat untuk menarik perhatian audiens terhadap presentasi. Seperti yang dilakukan oleh Jill Bolte Taylor yang menampilkan otak manusia sungguhan dalam presentasinya. Hal ini membuat audiensnya terkejut serta tertarik untuk memperhatikan presentasi Taylor. Audiens juga akan lebih mudah mengingat presentasi Jill karena apa yang dilakukannya sangat berkesan bagi sebagian besar audiens terutama masyarakat awam.

  • Mendorong percakapan

Properti merupakan pendukung penjelasan dalam presentasi, seperti gambar dan video. Oleh karena itu, presenter perlu menggunakan properti yang relevan dengan topik, sehingga properti dapat menjadi visualisasi dan memudahkan audiens untuk memahami. Selain itu, presenter juga harus cerdas ketika memilih properti yang akan digunakan. Pilih properti yang menarik dan dapat berkesan di benak audiens serta dapat mengundang rasa penasaran audiens, sehingga audiens memiliki pertanyaan atau tanggapan terhadap penjelasan yang dilakukan presenter.

 

Saat ini banyak presenter yang telah menyadari betapa pentingnya menggunakan properti. Selain menambah pemahaman, properti juga merupakan objek yang menarik dan mudah diingat oleh audiens. Namun diperlukan beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum presenter memutuskan untuk menggunakan properti. Apapun jenis properti yang digunakan, selalu pertimbangkan ketepatan dan relevansinya terhadap topik presentasi.

 


 

Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 082235330001 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *