Pastikan 5 Hal ini Kamu Tanyakan Sebelum Mempersiapkan Presentasi

Jasa Presentasi – Ada banyak faktor yang berpengaruh terhadap suksesnya sebuah presentasi. Di lapangan kita sering menjumpai banyak presentasi yang gagal, hal ini tidak hanya karena isi materi yang disampaikan. Kemampuan presenter dalam menyampaikan presentasi pada audiens juga menjadi poin penting. Jadi sebelum mempersiapkan presentasi, tanyakan 5 hal ini agar presentasimu berhasil memukau audiens.

 

1. Siapa Audiens Presentasimu?

Presentation Audiences

Mengenal siapa audiens kita dalam melakukan presentasi adalah poin penting karena hal ini berhubungan dengan cara kita menyampaikan presentasi tersebut melalui gaya bahasa hingga pakaian seperti apa yang akan kita kenakan. Jika audiens kita adalah anak muda, kita bisa menyampaikan presentasi lebih rileks dengan menyelipkan humor yang sesuai dengan isi materi. Lain halnya jika audiens kita adalah pebisnis bahkan calon klien, maka kita akan memilih menggunakan gaya bahasa yang lugas dan tidak bertele-tele.

 

2. Apa Tujuan Presentasi Ini?

A Team Determine Their Target

Sebelum mempersiapkan presentasi penting sekali mengetahui maksud dan tujuan presentasi itu sendiri. Karena hal ini akan lebih memudahkan kita dalam menyampaikan isi materi sehingga audiens bisa dengan mudah menerima inti dari apa yang akan kita sampaikan. Dengan mengetahui tujuan presentasi berarti kita telah menentukan langkah selanjutnya pasca presentasi.

 

3. Apa Saja Materi yang Harus Disampaikan?

A Hand Flipping Book

Setelah tahu siapa audiens dan tujuan presentasi, hal yang harus dipersiapkan dalam presentasi adalah materi. Materi dari presentasi diharapkan menyuguhkan informasi yang bisa diterima dengan mudah oleh audiens. Buatlah materi presentasi semenarik mungkin, tentu kembali lagi harus diingat siapa audiens dan apa tujuan dari presentasi ini.

 

4. Bagaimana Membuat Slide Presentasi yang Menarik?

Designing

Setelah mempersiapkan tiga poin di atas, poin ke empat ini tak kalah penting. Sebagus apapun materi serta presentasi yang sudah kita persiapkan, akan menjadi sia-sia ketika tidak didukung slide presentasi yang menarik. Fakta di lapangan menyebutkan jika audiens akan lebih tertarik dengan slide presentasi yang tak hanya memuat data-data atau tulisan panjang yang akhirnya membuat jenuh. Jika kita masih kesulitan dalam mempersiapkan slide presentasi, ada baiknya kita mempercayakannya pada jasapresentasi.com yang lebih pengalaman dalam bidang ini.

 

5. Apa Saja yang Perlu Dilatih dan Dipersiapkan Sebelum Melakukan Presentasi?

A Man Practices His Speech in front of Mirror

Sebelum benar-benar memulai presentasi di hadapan audiens, ada baiknya kita berlatih untuk memantapkan materi serta poin apa saja yang hendak kita sampaikan. Sebaiknya latihan tidak melulu isi materi maupun cara penyampaian presentasi. Jangan lupakan peralatan pendukung seperti laptop, flash disk serta file presentasi. Hal ini sebagai antisipasi jika terjadi masalah saat melakukan presentasi kita bisa tetap tenang dan tidak terlihat panik di hadapan audiens.

 

Pastikan pertanyaan-pertanyaan tersebut terjawab sebelum kamu memulai mempersiapkan presentasi. Hal ini akan memudahkan persiapanmu serta mempersingkat waktu.

 


 

Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 082235330001 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *