Perhatikan 3 Hal Ini Untuk Memberi Kesan Pertama Yang Baik Sebelum Melakukan Presentasi

Jasa Presentasi – Dalam keseharian kita tak bisa lepas dari yang namanya presentasi, baik kita pada posisi sebagai presenter maupuan pendengar. Jenis presentasi yang kerap kita jumpai pun beragam, mulai dari presentasi sebuah produk oleh sales, presentasi mahasiswa kepada dosen, presentasi kepada klien, presentasi dosen kepada mahasiswanya atau bahkan seorang trainer yang membawakan materinya di hadapan audience.

Apapun jenisnya kita sepakat jika dalam sebuah presentasi seorang presenter memiliki andil besar demi suksesnya sebuah presentasi. Tak heran ada beragam cara dipersiapkan, mulai dari penguasaan materi, latihan public speaking, serta persiapan slide presentasi yang menarik. Selain ketiga hal yang disebutkan di atas, kita sering melupakan jika suksesnya sebuah presentasi tak luput dari kesan pertama audience terhadap presenter.

Kenapa kesan pertama? Sekarang coba perhatikan dalam sebuah presentasi yang dihadiri oleh puluhan bahkan ratusan audience, apa jadinya jika presenter memberikan kesan pertama yang kurang baik. Tentu ini akan membuat audience merasa enggan untuk menyimak apa yang disampaikan hingga selesai. Jika demikian yang terjadi sebagus apapun materi presentasi yang disajikan akan menjadi sesuatu yang sia-sia.

Dalam tayangan tv kita pernah melihat iklan sebuah produk yang mengatakan “kesan pertama begitu menggoda selanjutnya terserah anda”. Nah untuk itulah sebelum memulai sebuah presentasi ada baiknya memperhatikan beberapa hal-hal berikut guna memberikan kesan pertama yang baik.

  1. Good Looking

Percayalah jika penampilan yang baik akan memberikan kesan pertama yang baik. Demikian halnya dalam presentasi, untuk memberikan kesan pertama yang baik perhatikan benar soal penampilan. Peribahasa jawa mengatakan “ajining raga saka busana” yang artinya jika penampilan seseorang ditentukan dari cara berpakaiannya. Pertama pilihlah pakaian yang sopan dan nyaman. Sopan di sini bukan berarti harus tertutup melainkan menyesuaikan dengan kondisi. Jangan sampai ada cerita salah kostum ya.

  1. Keep Smile

Sebelum memulai sebuah presentasi mulailah dengan memberikan senyuman terbaik kita kepada audience. Faktanya sebuah senyuman yang keluar dari diri seseorang akan memberikan kesan seseorang yang ramah, hal ini secara tidak langsung mampu menarik audience memiliki kesan baik terlebih dulu. Jika sudah demikian lakukan komunikasi yang melibatkan audience disela-sela perkenalan diri sebelum memasuki materi inti seperti menanyakan ‘bagaimana kabar hari ini’. Tujuannya untuk membangun kedekatan dengan audience, hal ini akan memudahkan kita menarik simpati audience terhadap presentasi yang akan kita sajikan nantinya.

  1. Attitude

Attitude is a little thing, but can make big differences (Hellen Keler). Selain memperhatikan penampilan, attitude yang baik akan memberikan kesan yang baik bagi audience. Menciptakan kesan pertama yang baik bisa diawali dengan mencoba datang tepat waktu (on time), usahakan datang sebelum presentasi berlangsung. Selain bisa mempersiapkan diri, audience akan merasa lebih dihargai. Tak berhenti sampai di sini, kesan yang baik juga bisa diciptakan saat presentasi berlangsung. Kita mengenal ada dua tujuan presentasi, pertama untuk memberikan informasi dan kedua mempengaruhi atau membujuk orang lain. Penting diperhatikan untuk selalu bersikap sopan, karena ini adalah kunci menarik simpati dari audience.

 


 

Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 082235330001 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *