Perhatikan 4 Hal ini Sebelum Menyertakan Video dalam Presentasi

Jasa Presentasi – Kekuatan sebuah presentasi dipengaruhi oleh beberapa elemen, salah satunya adalah slide presentasi yang menarik. Untuk membuat slide presentasi yang menarik, kita bisa memasukkan unsur visual, salah satunya adalah video. Meskipun demikian, menyertakan video tidak bisa dilakukan secara sembarangan, karena alih-alih menjadikan slide lebih menarik, hal ini justru bisa menjadi distraksi bagi audiens. Untuk mencegah hal tersebut, simaklah beberapa tips menyertakan video pada slide presentasi berikut.

1. Relevan

Sebelum menyertakan video pada slide presentasi pastikan untuk memilih video yang relevan dengan tema. Ada beberapa orang yang sengaja menggunakan video sebagai hiburan, tapi ada juga yang memakainya untuk membantu memperkuat pesan yang ingin disampaikan. Apapun tujuannya, kesesuaian video dengan tema akan membantu audiens lebih mudah menangkap apa yang kita sampaikan.

2. Durasi

Selalu ingat, tujuan penggunaan video dalam presentasi bukan untuk menggantikan peran presenter atau pembicara, oleh karena itu sertakanlah video dengan durasi yang tidak terlalu panjang. Aturlah durasi video menjadi 1-2 menit untuk presentasi pendek, dan 5-10 menit untuk presentasi yang panjang.

3. Kualitas

Sebelum menampilkan video pada slide presentasi periksa kembali kualitas video yang meliputi resolusi gambar dan audio. Jangan sampai kita menampilkan slide presentasi dengan kualitas gambar yang pecah ataupun kualitas audio yang rendah sehingga tidak bisa didengar dengan baik oleh audiens.

4. Peralatan

Sebelum memutuskan menggunakan video pada slide presentasi, pastikan semua peralatan berfungsi dengan baik. Terutama peralatan seperti laptop, microphone, pointer, dan software yang digunakan untuk presentasi. Periksa juga kondisi speaker dan LCD, pastikan kedua alat ini tidak mempengaruhi kualitas video.

 

Menyertakan video dalam presentasi dapat membantu presenter untuk memperkuat pesan yang ingin disampaikan kepada audies. Selain itu, video juga dapat menjadi selingan dan hiburan bagi audiens untuk mengatasi kejenuhan saat mendengarkan presenter. Meskipun demikian, tidak semua presentasi harus menampilkan video, untuk itu, terapkanlah tips-tips di atas sebagai pertimbangan saat hendak menyertakan video dalam presentasi.

 


 

Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 082235330001 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *