Perhatikan 5 Hal Ini Untuk Mencegah Audiensmu Mengantuk

Jasa Presentasi – Konten yang menarik tidak bisa menjamin ketertarikan audiens terhadap presentasi yang kita sampaikan. Hal ini disebabkan oleh karakter audiens yang berbeda-beda. Ada yang tertarik dan bersemangat ketika mendengarkan presentasi dengan materi yang berat, namun banyak juga yang merasa bosan dan mengantuk. Audiens yang merasa bosan dan mengantuk bisa mengubah suasana presentasi. Untuk itu, kita perlu tahu beberapa hal berikut ini untuk mencegahnya.

 

1. Penampilan

Man in Suit

Penampilan menjadi salah satu unsur yang akan mengantarkan presenter menuju kesuksesan dalam presentasi. Penampilan bisa menggambarkan sifat seseorang, juga bisa membangun kredibilitas presenter. Ketika presenter dianggap kredibel, audiens akan mudah untuk percaya, kemudian tertarik dengan konten dan penyampaian presenter.

 

2. Suara

A Man Presenting

Suara merupakan unsur utama dan paling penting dalam sebuah presentasi. Oleh karena itu, sebelum melakukan presentasi, cek terlebih dahulu kondisi suara kita. Pastikan suara kita bisa bekerja secara optimal ketika hari presentasi tiba. Lakukan pengecekan juga terhadap media yang akan kita gunakan dalam presentasi.

Ketika presentasi, gunakan suara yang lantang untuk memberi kesan tegas dan percaya diri. Pastikan suara kita bisa terdengar hingga audiens yang paling belakang, sebab jika suara kita tidak terdengar dengan jelas, maka bersiaplah untuk ditinggalkan oleh audiens, entah karena jenuh, mengatuk, atau asik bermain dengan gadget.

 

3. Interaksi

A Presenter Interacted with His Audiences

Presentasi adalah bentuk komunikasi dua arah. Sebuah presentasi dianggap kurang menarik karena tidak adanya interaksi antara presenter dengan audiens. Hal inilah yang menyebabkan audiens menjadi jenuh bahkan mengantuk saat sesi presentasi berlangsung. Oleh karena itu, libatkanlah audiens, misalnya dengan meminta mereka untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan singkat. Dengan begitu, kita bisa menarik simpati audiens untuk lebih memperhatikan materi yang kita sampaikan.

 

4. Coffee Break

Coffee Break

Presentasi memang sebaiknya dilakukan dengan waktu yang tidak terlalu lama. Meski demikian, banyak presentasi yang dilakukan dalam waktu yang cukup panjang. Hal ini tentu akan membuat audiens bosan dan jenuh jika presentasinya tidak dikemas dengan menarik. Mengatasi hal tersebut, kita bisa memberikan waktu kepada audiens untuk rileks dan meregangkan otot-otot dengan melakukan coffee break di sela-sela presentasi. Selain bertujuan untuk membuat audiens lebih fresh, hal ini juga bisa mencegah audiens dari rasa kantuk karena bosan.

 

5. Slide Presentasi Menarik

Awesome Presentation Slide by Jasa Presentasi

Buatlah slide presentasi semenarik mungkin supaya audiens fokus pada presentasi. Slide presentasi yang menarik juga akan membuat audiens tidak mudah bosan dan tertarik untuk memperhatikan. Selaian itu, desain presentasi yang menarik secara visual akan memproses otak untuk menciptakan makna sehingga audiens bisa dengan mudah menangkap yang kita sampaikan.

 

Tantangan terbesar bagi seorang presenter atau public speaker adalah bagaimana mereka mempertahankan perhatian audiens pada saat presentasi berlangsung. Untuk itu, perhatikanlah 5 hal di atas supaya audiensmu tetap fokus dan tidak bosan dengan presentasimu.

 


 

Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 082235330001 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *