Perlukah Menginvestasikan Uang Kita kepada Desainer?

Tidak bisa dipungkiri bahwa desain merupakan salah satu unsur penting dalam setiap bisnis. Mulai dari perusahaan manufaktur sampai jasa, semuanya membutuhkan desain. Perusahaan-perusahaan ini membutuhkan desain sebagai alat branding, promosi, maupun keperluan internal.

Tidak hanya dalam bisnis atau perusahaan, desain juga bisa dianggap penting bagi perorangan, terutama bagi mereka yang ingin membranding diri.

Bagi mereka yang memiliki keahlian di bidang desain, hal ini mungkin mudah untuk dilakukan. Mereka bisa memenuhi kebutuhan desain mereka sendiri dengan mudah dan sesuai keinginan. Namun, bagaimana jika kita adalah orang yang tidak memiliki keahlian dalam bidang desain?

Salah satu kisah dari klien Jasa Presentasi ini mungkin bisa menjadi jawabannya.

 

WAWANCARA PRESENTASI PAK WAWAN SEBAGAI CALON MANAJER

Presentation Interview

Namanya Pak Wawan. Ia adalah salah satu klien personal Jasa Presentasi. Suatu ketika, ia diminta untuk melakukan wawancara presentasi sebagai tahapan akhir sebelum diterima sebagai manager di sebuah perusahaan alas kaki di Jakarta.

Wawancara presentasi ini merupakan wawancara yang sangat penting bagi kelanjutan karir Pak Wawan. Ia ingin memberikan kesan yang baik di hadapan pihak perusahaan. Salah satu usaha Pak Wawan untuk memberikan kesan baik dalam wawancaranya nanti adalah dengan membuat presentasi yang menarik, namun karena keterbatasan waktu dan kemampuan, Pak Wawan memutuskan untuk bekerja sama dengan Jasa Presentasi.

Singkat cerita, Pak Wawan datang ke kantor Jasa Presentasi untuk diskusi harga dan memberikan brief. Ia menjelaskan materi yang akan disampaikan dalam wawancaranya nanti. Setelahnya, ia memasrahkan keputusan desain kepada tim Jasa Presentasi dengan beberapa ketentuan yaitu font yang harus digunakan adalah Times New Roman dengan spasi 1,5.

 

FONT MERUPAKAN SALAH SATU UNSUR AESTETIK DALAM DESAIN PRESENTASI

Fonts choice can affect your visual presentation

Seperti yang selalu kami sebutkan dalam artikel-artikel sebelumnya, font adalah salah satu unsur aestetik dalam desain presentasi. Penggunaan font yang kurang tepat bisa mengurangi ketertarikan sebuah desain presentasi, namun bukan berarti hal ini tidak dapat diatasi. Meskipun Times New Roman merupakan font standar yang kurang menarik dan tidak disarankan untuk dipakai dalam desain, hal ini bisa diatasi dengan menonjolkan elemen lain, seperti warna, ikon, layout, gambar, dan lain-lain. Oleh karena itu, ketentuan mengenai font ini tidak menjadi masalah bagi kami.

Singkat cerita, desain presentasi selesai dikerjakan. Keesokan harinya, Pak Wawan melakukan wawancara presentasi dengan desain tersebut. Seminggu kemudian, Pak Wawan menghubungi kami dan memberikan kabar bahwa ia lolos ke tahap terakhir. Tidak lama setelahnya, ia kembali memberikan kabar bahwa ia telah selesai melakukan rangakaian seleksi pekerjaan dan berhasil diterima di perusahaan tersebut.

 

PELUANG DAN KESEMPATAN

Opportunity Cost

Dalam ekonomi, ada ilmu yang dinamakan opportunity cost atau biaya peluang. Ketika dihadapkan pada dua opsi, kita pasti akan membuat pertimbangan-pertimbangan sebelum memilih salah satu dari dua opsi tersebut. Ketika akhirnya memutuskan memilih, tentu ada hal yang harus dikorbankan. Misalnya seperti kisah Pak Wawan di atas, ia memilih untuk mengeluarkan uang demi membantunya memberikan kesan yang baik dan sukses dalam wawancara presentasi yang akan dilakukannya.

Uang yang dikeluarkan Pak Wawan ini disebut dengan “biaya peluang” atau biaya yang harus dikeluarkan dan direlakan untuk mengambil sebuah kesempatan (dalam kasus Pak Wawan adalah kesempatan untuk mendapat pekerjaan dengan posisi manajer).

 

Bagaimana pendapatmu setelah membaca artikel di atas? Apakah perlu menginvestasikan atau mengeluarkan uang kita untuk desainer?

 


 

Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 082235330001 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *